Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 GILANG RAMADAN  MUHAMMAD ARIQ ATHLLAH AKBAR  PUTRI NUVAISIYAH  SAGUNG RANI ARIPUSPITA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " GILANG RAMADAN  MUHAMMAD ARIQ ATHLLAH AKBAR  PUTRI NUVAISIYAH  SAGUNG RANI ARIPUSPITA."— Transcript presentasi:

1

2  GILANG RAMADAN  MUHAMMAD ARIQ ATHLLAH AKBAR  PUTRI NUVAISIYAH  SAGUNG RANI ARIPUSPITA

3  Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

4  Era perang dunia kedua menjadi titik awal sejarah perkembangan computer di mulai. System operasi computer pada generasi pertama ini hanya terbatas pada perintah atau program tertentu atau spesifik, jadi computer hanya mampu melakukan satu fungsi yang spesifik saja. Sebagai contoh computer yang dihasilkan oleh jerman yaitu Colossus, komputer ini hanya di desain untuk memecahkan kode rahasia saja sehingga bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer). Setiap perangkat komputer mempunyai program berupa kode biner yang berbeda-beda. Penggunaan komponen tube vakum menjadikan ukuran computer pada masa ini sangat tidak lazim, sebagai contoh mesin kalkulator yang dihasilkan oleh perusahaan IBM mempunyai ukuran lebih kurang setengah luas lapangan bola kaki dan mempunyai rentang kabel sepanjang 500mil. Adapun komputer yang masuk dalam computer generasi pertama antara lain : Mark I – Mark III, IBM 104, IBM 702, IBM 709, ENIAC, EDVAC, UNIVAC, dan beberapa jenis serta tipe yang lain.

5

6  Komputer generasi ini dimulai dengan ditandai penggunaan komponen transistor sebagai pengganti tube vakum yang merubah secara drastis ukuran komputer keseluruhan. Pengembangan memori inti magnetik turut merevolusi perubahan computer secara ukuran dan fisik dan fungsi computer disamping perkembangan bahasa program yang mulai kompleks yaitu bahsa assembly. Secara fisik komponen computer dapat diasosiasikan dengan computer yang saat ini kita gunakan sperti disket, printer, memori, program, system operasi. Bahasa pemrograman juga berkembang menggantikan kode mesin yang rumitdengan kata-kata dan singkatan-singkatan yang mudah dipahami manusia seperti : COBOL (Common Business Oriented Language), FORTRAN (Formula Translator), dll. Pada masa ini indutri piranti lunak berkembang dengan pesat sehingga memunculkan jenis pekerjaan atau profesi baru seperti programmer, analis system, dan ahli system komputer. Fungsi komplek computer pada masa tersebut diterima secara luas oleh dunia industry bahkan informasi keuangan hampir di semua perusahaan-perusahaan besar. Yang termasuk computer generasi kedua antara lain : LARC, IBM1401, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, Burrouhgs 200, IBM 7070, IBM 1400, dst.

7

8  Penemuan komponen IC (Integrated Circuit) menandai perubahan computer dari sebelumnya secara drastis. Perubahan ini didukung pula dengan berkembangnya sebuah system operasi (operating system) yang memungkinkan melakukan operasi multi tasking atau menjalankan beberapa operasi secara bersamaan. Kekurang transistor yang menimbulkan efek panas yang berkelebihan menyebabkan komponen dalam perangkat computer terganggu maka dari itu dikembangkanlah penggantinya berupa IC. IC sendiri mengkombinasikan tiga jenis komponen elektronik ke dalam sebuah piringan silikon yang terbuat dari pasir kuarsa, sehingga ilmuwan dapat memasukkan lebih banyak komponen dalam dalam satu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Dengan demikian perubahan ukuran komputerpun menjadi berkurang dengan signifikan karena semakin efisiennya komponen yang dimasukkan dalam computer. Beberapa computer yang termasuk generasi ketiga antara lain : : UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700, GE 235, GE 600, CDC 3000, dsb.

9

10  Pengembangan IC terus berkembang kearah efisiensi dengan dikembangkannya Large Scale Integration yang dapat menampung ratusan komponen, dilanjutkan dengan Very Large Scale Integration hingga Utra High Scale Integration yang mampu hingga jutaan komponen dalam satu chip. Keandalah chip terbukti membawa perubahan yang sangat berarti dimana sebuah chip mampu menampung seluruh komponen komputer dimana ini tidak terjadi pada jenis IC. Penggunaan computer tidak hanya pada skala bisnis saja namun mencakup pada rumah tangga individu. Era tahun 1981 era PC desktop mulai diperkenalkan menjadi awal tonggak awal menjamurnya personal komputer, dan evolusinya berlanjut ke dalam bentuk yang lebih ringkas yaitu berupa laptop atau notebook. Generasi keempat komputer ini didukung dengan pengembangan piranti lunak (software) yang sangat pesat sekali memenuhi berbagai kebutuhan individu maupun perusahaan. Selanjutnya banyaknya komputer yang beredar memerlukan system yang terintegrasi antar komputer maka dikenalnya teknik jaringan computer LAN. Penggunaan CPU (central Processing Unit) seperti Pentium I, PentiumII, Pentium III, Pentium IV, Athlon K6 dst masuk dalam golongan computer generasi keempat ini. Yang termasuk dalam computer generasi ke empat antara lain : IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PS/2, IBM PC/386, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD k6 dan anthlon.

11

12  b4618#post53f091b10f8b b b4618#post53f091b10f8b b46 18  r r  8/15/sejarah-komputer-dari-generasi- pertama-hingga-sekarang/ 8/15/sejarah-komputer-dari-generasi- pertama-hingga-sekarang/

13  TERIMA KASIH


Download ppt " GILANG RAMADAN  MUHAMMAD ARIQ ATHLLAH AKBAR  PUTRI NUVAISIYAH  SAGUNG RANI ARIPUSPITA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google