Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PAMUNGKAS PUJO SAPUTRO, 6350402005 HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN PANJANG LENGAN TERHADAP HASIL SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA PUTRI SMP NEGERI 6 PEKALONGAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PAMUNGKAS PUJO SAPUTRO, 6350402005 HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN PANJANG LENGAN TERHADAP HASIL SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA PUTRI SMP NEGERI 6 PEKALONGAN."— Transcript presentasi:

1 PAMUNGKAS PUJO SAPUTRO, HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN PANJANG LENGAN TERHADAP HASIL SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA PUTRI SMP NEGERI 6 PEKALONGAN TAHUN 2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : PAMUNGKAS PUJO SAPUTRO - NIM : PRODI : Pendidikan Kepelatihan Olahraga - JURUSAN : Ilmu Kepelatihan Olah Raga - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - joviana pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : DRS. NASUKA M.Kes - PEMBIMBING 2 : DRS. RUBIYANTO HADI M.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN PANJANG LENGAN TERHADAP HASIL SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA PUTRI SMP NEGERI 6 PEKALONGAN TAHUN 2009

4 Abstrak Pamungkas Pujo ( 2009 ). Hubungan kekuatan otot lengan, panjang lengan, terhadap hasil servis bawah bola voli dengan tangan tertutup pada siswa putri SMP Negeri 6 Pekalongan Tahun Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan hasil servis, (2) Apakah ada hubungan antara panjang lengan dengan hasil servis, (3) Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dan panjang lengan dengan hasil servis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan dengan hasil servis, hubungan antara panjang lengan dengan hasil servis dan hubungan antara kekuatan otot lengan dan panjang lengan dengan hasil servis. Populasi pada penelitian ini siswa putri SMP Negeri 6 Pekalongan yang berjumlah 41 orang, dan teknik pengambilan sample dengan total sampling variabel bebas dalam penelitian ini adalah kekuatan otot lengan dan panjang lengan dan variabel terikat adalah servis bawah. Data di ambil melalui pendekatan yang menggunakan satu kali pengumpulan data pada suatu saat atau survey tes analisis data menggunakan komputerisasi SPSS versi 14. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan terhadap servis bawah, nilai t sebesar 2,558 dan signifikansinya t ( p ) sebesar 0,016 kurang dari taraf signifikan α = 0,05. Ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan terhadap hasil servis bawah, nilai t sebesar 2,178 dan signifikansinya t ( p ) sebesar 0,038 kurang dari taraf signifikan α = 0,05. Ada hubungan yang signifikan secara simultan kekuatan otot lengan dan panjang lengan terhadap hasil servis bawah, signifikansi ( p ) sebesar 0,003 kurang dari taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis bawah, ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan terhadap kemampuan servis bawah dan ada hubungan yang signifikan secara simultan kekuatan otot lengan dan panjang lengan terhadap hasil servis bawah. Saran untuk meningkatkan kemampuan bermain bola voli siswa putri SMP Negeri 6 Pekalongan, dalam hal ini teknik dasar servis bawah diperlukan latihan kekuatan otot lengan secara rutin dan intensif serta dalam pemilihan bibit – bibit atlet bola voli atlet yang memiliki lengan panjang perlu perhatikan.

5 Kata Kunci

6 Referensi Arikunto, Suharsini Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. _________________, Metodelogi Research. Yogyakarta: Andi Offset. Beuteltahl Dieter Belajar Bermain Bola Voli. Jakarta: Terjemahan Pioner Jaya. Depdikbud Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Hadi, Sutrisno Metode Research I, II, dan IV. Yogyakarta: Andi Offset. Harsono Coaching dan Aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: Tambak Kusuma. Johnson, Baryy, L Practical Measurements for Evaluation in Physical Education. New York: Macimillan Publishing Company. M. Mariyanto Teknik Dasar Permainan Bola Volley. Jakarta: M. Sajoto Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga.semarang: Dhara Prise. M. Yunus Olahraga Pilihan Bola Volley. Depdikbud. Poerwodarminta, WJS Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: P.N. Balai Pustaka. Sudjana Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Suharno HP Dasar-Dasar Permainan Bola Voli. Semarang: FPOK. Surahmad, Winarno Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito. Rusli Lutan Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud. Theng Koh Volley Ball Modern. Yayasan Kanisius.

7 Terima Kasih


Download ppt "PAMUNGKAS PUJO SAPUTRO, 6350402005 HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN PANJANG LENGAN TERHADAP HASIL SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA PUTRI SMP NEGERI 6 PEKALONGAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google