Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AURORA Aurora adalah sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan yang hanya terjadi pada kutub Utara dan Selatan bumi ini. Aurora berasal dari interaksi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AURORA Aurora adalah sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan yang hanya terjadi pada kutub Utara dan Selatan bumi ini. Aurora berasal dari interaksi."— Transcript presentasi:

1 AURORA Aurora adalah sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan yang hanya terjadi pada kutub Utara dan Selatan bumi ini. Aurora berasal dari interaksi antara medan magnetik yang dimiliki sebuah planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Pancaran cahayanya menyala-nyala pada lapisan Ionosfer bumi.

2 Aurora Borealis di Alaska

3 Aurora Australis Aurora australis new zealand Aurora Australis Antartika

4 Fase- Fase Bulan

5 Gerhana Bulan dan Matahari Gerhana bulan yaitu peristiwa terhalangnya cahaya matahari yang menuju ke bulan oleh bumi. Peristiwa ini mengakibatkan bulan menjadi gelap karena tidak ada cahaya matahari yang dipantulkan. Gerhana bulan terjadi jika posisi matahari, bumi, dan bulan dalam satu garis lurus. Posisi bumi terletak diantara bulan dan matahari. Ada tiga jenis gerhana bulan yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.

6 Gerhana bulan total terjadi jika bulan berada tepat di daerah umbra (bayangan inti) bumi. Gerhana bulan sebagian terjadi jika sebagian bulan terletak di bagian umbra bumi dan sebagian terletak di daerah penumbra bumi. Gerhana bulan penumbra terjadi jika bulan seluruh bagian bulan berada di daerah penumbra bumi. Pada saat gerhana penumbra bulan masih kelihatan meskipun tidak terang

7 Gerhana matahari yaitu peristiwa tertutupnya matahari oleh bulan yang mengakibatkan terhalangnya cahaya matahari untuk sampai ke bumi. Gerhana matahari akan terjadi jika matahari, bumi, dan bulan terletak pada satu garis lurus. Pada saat gerhana matahari, bulan terletak di antara matahari dan bumi. Ada tiga jenis gerhana matahari, gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.

8 Gerhana matahari total (gerhana matahari sempurna): terjadi jika permukaan bumi tertutupi oleh bayang-bayang umbra bulan. Gerhana ini terjadi hanya di daerah yang terkena umbra (bayangan inti) bulan. Gerhana matahari sebagian : terjadi jika permukaan bumi tertutupi penumbra bulan. Jadi, matahari tidak tertutup sempurna oleh bulan. Pada gerhana matahari sebagian, masih ada bagian matahari yang yang terlihat terang.

9 Gerhana matahari cincin terjadi pada saat bulan berada pada titik terjauhnya dari bumi. Pada kedudukan ini panjang kerucut umbra tidak cukup menutupi bumi tetapi perpanjangan umbra bulan yang menutupi bumi. Daerah di permukaan bumi yang terletak di perpanjangan umbra bulan mengalami gerhana cincin. Di daerah yang mengalami gerhana ini, matahari tampak bercahaya yang bentuknya seperti cincin. Sedangkan di bagian tengahnya tampak kabur.

10 Pasang Surut Air Laut Pasang surut laut merupakan suatu fenomena pergerakan naik turunnya permukaan air laut secara berkala yang diakibatkan oleh kombinasi gaya gravitasi dan gaya tarik menarik dari benda-benda astronomi terutama oleh matahari, bumi dan bulan. Pengaruh benda angkasa lainnya dapat diabaikan karena jaraknya lebih jauh atau ukurannya lebih kecil. Ada 2 macam pasang surut: 1.Pasang Purnama (spring tide) 2.Pasang Perbani (neap tide)

11 Pasang Purnama (spring tide) dan Pasang Perbani (neap tide) Pasang Purnama (spring tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari berada dalam suatu garis lurus. Pasang Perbani (neap tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari membentuk sudut tegak lurus.

12 Pembentukan Benua dan Samudra Teori Pergeseran Benua, Alferd Wagener

13

14 Pada saat ini dipermukaan bumi terdapat enam lempeng utama, yaitu : 1. Lempeng Eurasia 2. Lempeng Indo-Australia 3. Lempeng Pasifik 4. Lempeng Amerika 5. Lempeng Afrika 6. Lempeng Antartika Lempeng-Lempeng di Bumi

15

16 Fenomena-Fenomena Batas Lempeng Batas Transform terjadi bila dua lempeng saling bergesekan ketika lempeng itu bergerak sejajar namun berlawanan arah. Batas transform ini disebut juga dengan sesar ubahan-bentuk. pada umumnya terjadi di samudra.

17 Batas konvergen terjadi tumbukan/tabrakan antara dua atau lempeng, salah satu lempeng ada yang menumjam/menyusup di bawah lempeng lainnya.

18 Batas divergen terjadi ketika dua lempeng bergerak menjauh/memberai satu sama lain. Ketika sebuah lempeng pecah, lapisan litosfer menipis dan terbelah membentuk batas divergen


Download ppt "AURORA Aurora adalah sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan yang hanya terjadi pada kutub Utara dan Selatan bumi ini. Aurora berasal dari interaksi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google