Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAKSANAAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM RANGKA MENGGALI POTENSI PAJAK HENNY NORMALA SARI E1/08620238 TUGAS AKHIR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAKSANAAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM RANGKA MENGGALI POTENSI PAJAK HENNY NORMALA SARI E1/08620238 TUGAS AKHIR."— Transcript presentasi:

1 PELAKSANAAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM RANGKA MENGGALI POTENSI PAJAK HENNY NORMALA SARI E1/ TUGAS AKHIR

2 PAJAK…..???? Pajak merupakan sumber penerimaan negara terbesar yang digunakan untuk membiayai pengeluaran negara, baik pengeluaran rutin maupun pembangunan. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang makin pesat, proporsi pajak dalam menyokong pendapatan negara yang semakin besar. Pajak merupakan sumber penerimaan negara terbesar yang digunakan untuk membiayai pengeluaran negara, baik pengeluaran rutin maupun pembangunan. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang makin pesat, proporsi pajak dalam menyokong pendapatan negara yang semakin besar.

3 ANALISA LAPORAN KEUANGAN??? Analisa laporan keuangan adalah menguraikan pos- pos laporan keuangan menjadi unit informasi yang lebih kecil dan melihat hubungannya yang bersifat signifikan atau yang mempunyai makna antara satu dengan yang lain baik antara data kuantitatif maupun non kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui kondisi keuangan lebih dalam yang sangat penting dalam proses menghasilkan keputusan yang tepat (Harahap, 1998). Analisa laporan keuangan adalah menguraikan pos- pos laporan keuangan menjadi unit informasi yang lebih kecil dan melihat hubungannya yang bersifat signifikan atau yang mempunyai makna antara satu dengan yang lain baik antara data kuantitatif maupun non kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui kondisi keuangan lebih dalam yang sangat penting dalam proses menghasilkan keputusan yang tepat (Harahap, 1998).

4 SISTEM PERPAJAKAN YANG DIANUT INDONESIA……… Self Assesment System dimana wajib pajak menghitung, memperhitungkan, menyetor, dan melaporkan kewajiban perpajakannya sendiri. Self Assesment System dimana wajib pajak menghitung, memperhitungkan, menyetor, dan melaporkan kewajiban perpajakannya sendiri.

5 PEDOMAN DALAM MELAKUKAN PEMERIKSAAN PAJAK……… Dalam pemeriksaan pajak, analisis laporan keuangan merupakan salah satu teknik pemeriksaaan yang diatur dalam Keputusan Direktorat Jenderal Pajak Nomor KEP/-01/PJ.7/1990 tanggal 15 November 1990 tentang pedoman pemeriksaan pajak. Dalam pemeriksaan pajak, analisis laporan keuangan merupakan salah satu teknik pemeriksaaan yang diatur dalam Keputusan Direktorat Jenderal Pajak Nomor KEP/-01/PJ.7/1990 tanggal 15 November 1990 tentang pedoman pemeriksaan pajak.

6 Bagaimana cara melakukan penggalian potensi pajak melalui Analisis Laporan Keuangan ? terjadi selama 1 tahun pajak Wajib pajak melaporkan kewajiban perpajakannya melalui SPT (Surat Pemberitahuan) yang terjadi selama 1 tahun pajak Menerbitkan Surat Tagihan Pajak (STP) Menghimbau Wajib Pajak untuk menambah setoran pajak atau membetulkan Surat Tagihan Pajak Mengusulkan untuk dilakukan pemeriksaan pajak Memproduksi data Wajib Pajak secara nasional

7 METODE DALAM ANALISIS LAPORAN KEUANGAN Analisis Komparasi (perbandingan) Analisis Komparasi (perbandingan) Analisis Rasio Analisis Rasio

8 ANALISIS PERBANDINGAN??? Analisa perbandingan merupakan metode analisa terhadap laporan keuangan dengan cara memperbandingkan untuk dua periode atau lebih, atau memperbandingkan laporan keuangan suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Analisa perbandingan merupakan metode analisa terhadap laporan keuangan dengan cara memperbandingkan untuk dua periode atau lebih, atau memperbandingkan laporan keuangan suatu perusahaan dengan perusahaan lain.

9 METODE ANALISIS PERBANDINGAN DALAM LAPORAN KEUANGAN……… Analisis horizontal atau dinamis, yaitu melakukan perbandingan beberapa periode Analisis vertical atau statis, yaitu melakukan satu periode tertentu (hanya memperbandingkan antara pos yang satu dengan yang lainya dalam satu laporan keuangan)

10 ANALISIS RASIO??? Analisis rasio menggambarkan hubungan antara satu pos laporan keuangan dengan pos lainnya dalam satu periode yang sama.

11 METODE ANALISIS RASIO DALAM LAPORAN KEUANGAN… Rasio Likuiditas 1. Rasio Tarif berkaitan dengan posisi aktiva tarif dan kewajiban tarif perusahaan pada suatu saat tertentu. 2. Rasio cepat yaitu menunjukan kemampuan perusahaan untuk memenuhi hutang-hutangnya tanpa memperhitungkan persediaan.

12 kEsImPuLanNya…… Analisis laporan keuangan sangat berperan dalam rangka menggali potensi pajak yang belum dilaporkan dan untuk mempertajam atau memperdalam nilai data yang terdapat dalam laporan keuanganya. Cara yang dilakukan yaitu Wajib pajak melaporkan atau menyampaikan semua pendapatan, pengeluaran atau biaya yang terjadi selama 1 tahun.

13 tHaNk ’zZ………… a LoT……………


Download ppt "PELAKSANAAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM RANGKA MENGGALI POTENSI PAJAK HENNY NORMALA SARI E1/08620238 TUGAS AKHIR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google