Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Peranan Evaluasi Pendidikan. Evaluasi merupakan proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, mengintepretasikan dan menyajikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Peranan Evaluasi Pendidikan. Evaluasi merupakan proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, mengintepretasikan dan menyajikan."— Transcript presentasi:

1 Peranan Evaluasi Pendidikan

2 Evaluasi merupakan proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, mengintepretasikan dan menyajikan informasi untuk dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan, menyusun kebijakan maupun menyusun program selanjutnya.

3 Peranan Evaluasi?

4 Peranan Evaluasi 1. Pengembangan  pengembangan program pendidikan : meliputi program studi, kurikulum, program pembelajaran, desain belajar mengajar  hakikatnya adalah pengembangan dalam bidang perencanaan.

5 Peranan Evaluasi …1… 2. Akreditasi untuk menetapkan kedudukan suatu program pembelajaran berdasarkan ukuran/kriteria tertentu, sehingga suatu program dapat dipercaya, diyakini dan dapat dilaksanakan terus, atau sebaliknya program itu harus diperbaiki/disempurnakan.

6 Peranan Evaluasi …2… Untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan serta keberhasilan siswa setelah mengalami atau melakukan kegiatan belajar selama jangka waktu tertentu. Hasil evaluasi yang diperoleh itu selanjutnya dapat digunakan unuk memperbaiki cara belajar siswa (fungsi formatif) dan atau untuk mengisi rapor atau Surat Tanda Tamat Belajar, yang berarti pula untuk menentukan kenaikan kelas atau lulus-tidaknya seorang siswa dan suatu lembaga pendidikan tertentu (fungsi sumatif).

7 Peranan Evaluasi … Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran. Pengajaran sebagai suatu sistem terdiri atas beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Komponen komponen dimaksud antara lain adalah tujuan, materi atau bahan pengajaran, metode dan kegiatan belajar-mengajar, alat dan sumber pelajaran, dan prosedur serta alat evaluasi.

8 Peranan Evaluasi … Untuk keperluan Bimbingan dan Konseling (BK). Hasil- hasil evaluasi yang telah dilaksanakan oleh guru terhadap siswanya dapat dijadikan sumber informasi atau data bagi pelayanan BK oleh para konselor sekolah atau guru pembimbing seperti : untuk membuat diagnosis mengenai kelemahan- kelemahan dan kekurangan atau kemampuan siswa. untuk mengetahui dalam hal-hal apa seseorang atau sekelompok siswa mememerlukan pelayana remedial. Sebagai dasar dalam menangafli kasus-kasus tertentu di antara siswa. Sebagai acuan dalam melayani kebutuhan-kebutuhan siswa dalam rangka bimbingan karier.

9 Peranan Evaluasi … Untuk keperluan pengembangan dan perbaikan kurikulum sekolah yang bersangkutan  guru melaksanaka kegiatan evaluasi dalam rangka menilai keberhasilan belajar siswa dan menilai program pengajaran, yang berarti pula menilai isi atau materi pelajaran yang terdapat di dalam kurikulum.

10 Peranan Evaluasi …3…. 1. Kurikuler (alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran) 2. Instruksional (alat ukur ketercapaian tujuan proses belajar mengajar) 3. Diagnostik (mengetahui kelemahan siswa, penyembuhan atau penyelesaian berbagai kesulitan belajar siswa) 4. Placement (penempatan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya, serta kemampuannya) 5. Administratif BP (pendataan berbagai permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhanya).

11 Peranan Evaluasi …4… Penempatan: Kegiatan evaluasi, guru dapat menyeleksi siswa. Contohnya: memilih siswa untuk diterima di sekolah tertentu, menentukan siswa apakah naik kelas tau tidak, menentukan siswa yang akan mendapat beasiswa Formatif: Kegiatan evaluasi, guru dapat mengetahui keberhasilan siswa setelah mengikuti satu pokok bahasan/tema dari kegiatan pembelajaran tertentu, untuk memberikan umpan balik baik kepada siswa maupun guru. Berdasarkan data yang diperoleh guru dapat melakukan tindakan lebih lanjut bagi siswa yang telah menguasai dan yang belum menguasai pembelajaran. Siswa yang telah menguasai materi pembelajaran diberikan pengayaan oleh guru, sedangkan bagi siswa yang belum menguasai materi pembelajaran diberikan pengajaran remidial.

12 Peranan Evaluasi Diagnostik: Kegiatan evaluasi dapat mendeteksi kelemahan atau kesulitan yang dialami oleh siswa. Berbagai kelemahan dan kesulitan merupakan bahan yang dapat dijadikan pertimbangan guru dalam mencari bahan alternatif untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa. Sumatif: Kegiatan evaluasi dapat digunakan sebagai penentu kelulusan pada jenjang tertentu, misalnya dari SD ke jenjang SMP.

13 Peranan Evaluasi …5… - to document events - to record student change - to detect institutional vitality - to place the blame for trouble - to aid administrative decision making - to facilitate corrective action - to increase our understanding of teaching and learning. onsive_Eval.pdf onsive_Eval.pdf


Download ppt "Peranan Evaluasi Pendidikan. Evaluasi merupakan proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, mengintepretasikan dan menyajikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google