Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WUJUD ZAT LANJUTAN Ilmu kimia adalah cabang dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang susunan, sifat, dan perubahan serta energi yang menyertai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WUJUD ZAT LANJUTAN Ilmu kimia adalah cabang dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang susunan, sifat, dan perubahan serta energi yang menyertai."— Transcript presentasi:

1

2 WUJUD ZAT

3 LANJUTAN

4 Ilmu kimia adalah cabang dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang susunan, sifat, dan perubahan serta energi yang menyertai perubahannya

5

6

7

8 Benda Padat Sifat :  Benda berwujud padat dapat dirasakan. Contoh : Kita memegang Meja.  Benda berwujud padat memiliki kekerasan tertentu. Contoh : Batu terasa keras, tanah liat terasa lunak.  Benda berwujud padat dapat diubah dengan cara tertentu. Contoh : Plastisin berubah bentuk apabila ditekan.  Benda berwujud padat memiliki folume dan bentuk tetap walaupun dipundahkan ke tempat lain.

9 Benda Cair Sifat :  Benda berwujud cair mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Contoh : Ibu menuang air ke gelas.  Benda berwujud cair menekan ke segala arah.  Benda berwujud cair bentuknya berubah-ubah sesuai wadah yang ditempatinya. Contoh : Air dalam gelas, maka air berbentuk gelas.  Permukaan benda berwujud cair yang tenang selalu mendatar.  Benda berwujud cair meresap melalui celah-celah kecil. Kemampuan air dapat meresap melalui celah-celah kecil disebut kapilaritas.

10  Benda berwujud cair memiliki berat. Contoh : kita mengangkat ember yang berisi air.  Benda berwujud cair melarutkan benda-benda tertentu. Hal- hal yang dapat mempercepat proses larutnya suatu benda adalah suhu, dan kecepatan kocok. Contoh : gula dilarutkan dalam air panas dan diaduk.

11 Benda Gas  Sifat :  Benda berwujud gas memiliki bentuk dan volume yang berubah- ubah sesuai tempatnya. Contoh : kita meniup balon.  Benda berwujud gas memiliki tekanan. Contoh : saat balon ditiup terus menerus maka akan membesar hingga meletus.  Benda berwujud gas jika ditimbang terlihat berat.

12

13 PARTIKEL ZAT PADAT  Tersusun atas partikel-partikel yang sangat teratur  Mempunyai jarak antar partikel yang sangat rapi  Gaya tarik antar partikel sangat kuat  Partikel tdk dapat bergerak bebas untuk ber- pindah tempat.  Mampu mempertahankan bentuk dan volumenya

14 PARTIKEL ZAT CAIR  Susunan Partikel kurang teratur  Jarak antar partikel kurang rapat  Partikel-partikel dpt bergerak bebas dan ber- pindah tempat. Walau demikian partikel 2 penyusunnya tdk dpt memisahkan diri dari kelompoknya. Sehingga zat cair selalu tetap volumenya, walau bentuknya berubah-ubah sesuai dgn ruang yang ditempati

15 PARTIKEL GAS  Jarak antar partikel sangat jauh  Susunan partikel sangat tidak teratur  Gaya tarik antar partikel sangat lemah  Partikel 2 nya bergerak sangat bebas dan ce- pat dalam wadahnya. Maka gas tidak dapat mempertahankan ben- tuk dan volumenya.

16

17

18

19


Download ppt "WUJUD ZAT LANJUTAN Ilmu kimia adalah cabang dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang susunan, sifat, dan perubahan serta energi yang menyertai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google