Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSTRUKSI BANGUNAN KARAKTER BANGUNAN. KARAKTER BANGUNAN TINGGI DAN BANGUNAN BENTANG PANJANG Ada baiknya kita mengenal lebih mendalam karakter bangunan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSTRUKSI BANGUNAN KARAKTER BANGUNAN. KARAKTER BANGUNAN TINGGI DAN BANGUNAN BENTANG PANJANG Ada baiknya kita mengenal lebih mendalam karakter bangunan."— Transcript presentasi:

1 KONSTRUKSI BANGUNAN KARAKTER BANGUNAN

2 KARAKTER BANGUNAN TINGGI DAN BANGUNAN BENTANG PANJANG Ada baiknya kita mengenal lebih mendalam karakter bangunan gedung tinggi dan jembatan bentang panjang, sehingga dapat diketahui apakah untuk mengenal keduanya dapat sekaligus (paralel) atau secara sendiri-sendiri (seri). Karakter yang dimaksud, dapat dilihat sebagai berikut

3

4

5 STRUKTUR KOMPOSIT DAN STRUKTUR CAMPURAN Gedung dengan struktur baja atau beton, bukanlah sesuatu yang asing, termasuk istilah komposit, yang umumnya diasosiasikan dengan perilaku balok komposit. Padahal sebenarnya beton bertulang itu sendiri juga adalah struktur komposit juga. Adapun komposit yang dimaksud di sini adalah gabungan profil baja dengan beton bertulang yang disusun untuk bekerja sama agar pemakaian materialnya efisien. Istilah yang cukup baru atau asing didengar adalah struktur campuran. Oleh sebab itu akan dibahas terlebih dahulu perbedaan dan persamaan antara dua sistem itu, yaitu struktur komposit dan struktur campuran.

6 Struktur Komposit Penampang beton bertulang pada dasarnya adalah struktur komposit, yaitu elemen struktur yang terdiri dari dua macam material berbeda (E berbeda) untuk bersama sama memikul gaya-gaya. Tidak disebut komposit karena beton bertulang dan beton tanpa tulangan perilakunya sangat berbeda. Selain itu tulangan baja yang digunakan adalah juga khusus, hanya untuk sistem beton bertulang saja, tidak bisa dipakai mandiri seperti halnya profil baja. Oleh karena itu material beton yang dirangkai bersama-sama dengan tulangan baja dianggap satu kesatuan, beton bertulang.

7 Istilah elemen struktur komposit adalah untuk elemen struktur yang menggabungkan keunggulan beton- bertulang dengan pemakaian profil baja, yang biasa dipakai pada konstruksi baja, untuk bersama-sama memikul gaya-gaya dan momen jika ada. Elemen struktur komposit yang paling banyak dijumpai, untuk konstruksi bangunan mulai dari yang rendah sampai tinggi adalah balok atau slab komposit.

8

9 Meskipun sistem balok komposit tidak banyak dipakai pada gedung tinggi, tetapi strateginya cocok diaplikasikan pada sistem pelat lantai. Bagaimanapun juga, lantai gedung umumnya adalah beton, karena mempunyai redaman yang baik terhadap getaran dan bunyi-bunyian. Masalahnya dari segi pelaksanaan, perlu bekisting dan waktu melepaskannya. Masalah diatasi dengan menggunakan pelat corrugated baja sehingga dapat sekaligus berfungsi sebagai bekisting sekaligus tulangan positip. Itu berarti sistem lantai harus mengakomodasi sistem pelat komposit.

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21


Download ppt "KONSTRUKSI BANGUNAN KARAKTER BANGUNAN. KARAKTER BANGUNAN TINGGI DAN BANGUNAN BENTANG PANJANG Ada baiknya kita mengenal lebih mendalam karakter bangunan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google