Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDAHULUAN Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd. PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL PERENCANAAN FT UNY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDAHULUAN Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd. PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL PERENCANAAN FT UNY."— Transcript presentasi:

1 PENDAHULUAN Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd. PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL PERENCANAAN FT UNY

2 Fisika adalah suatu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari komponen-komponen materi dan interaksi sesama materi. 1. Merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang kebendaan. 2. Adanya pengamatan yang disertai pengukuran yang hasilnya disusun dan dianalisis, sehingga dapat menjadi teori yang padat atau hukum yang universal 1. Observasi (mengamati). 2. Eksperimen (penelitian) 3. Analisis (diolah) 4. Prediksi (dugaan) 5. Verifikasi (mengecek benar-tidaknya prediksi)

3 Mekanika: Cabang fisika dan keteknikan yang membentangkan hubungan erat antara gaya, materi dan gerakan. Gaya: Berhubungan dengan “desakan” dan “tarikan” (disebut gaya hubung). Gaya yang bekerja melalui ruang hampa (disebut gaya kerja dengan jarak antara). Gaya tarik gravitasi: Berat benda. Gaya luar: Gaya yang bekerja pada sebuah benda tertentu yang disebabkan oleh benda-benda lain. Gaya dakhil (internal): Gaya yang dikerjakan pada bagian benda oleh bagian lain dari benda itu sendiri).

4 Ilmu Fisika Ilmu Pengukuran Pentingnya pengetahuan dan pikiran kuantitatif. Pengukuran kuantitas fisika ialah memilih satuan untuk kuantitas itu. (Kerja sama internasional, satuan sama diseluruh dunia, untuk fisika). Membuat eksperimen untuk menentukan perbandingan besar kuantitas itu terhadap besar satuan. (Panjang tongkat 10 cm = 10 x lipat satuan panjang centi meter).

5 Sistem gravitasi Inggris. Sistem meter-kilogram-sekon (MKS) Sistem centimeter-gram-sekon (CGS) Satuan gaya dalam sistem gravitasi inggris di sebut pound. Satuan ini berwujud silinder dibuat dari platina-iridium disebut: POUND STANDARD. Satuan gaya didevinisikan sebagai berat pound standard tersebut dipermukaan laut pada kedudukan 45 o lintang utara/selatan. Konvensi: Satu pound gaya itu harus sama dengan berat pound standard disetiap tempat dimana percepatan gravitasi = 980,665 cm/dt 2, atau 32, 170 ft/sec 2.

6 Besaran skalar: hanya memiliki besar. Contoh: Jumlah siswa, banyak gula, harga rumah. Dsb. Besaran Vektor: Selain memiliki besar memiliki arah pula. Contoh: Kecepatan, Percepatan, dll. Resultante : Beberapa vektor sejenis. KONVENSI: Menggambar gaya dengan sebuah anak panah dengan skala tertentu. Panjang anak panah menyatakan ukuran atau besar gaya Arah kemana anak panah itu menunjuk menyatakan arah gaya.

7 TERIMA KASIH


Download ppt "PENDAHULUAN Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd. PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL PERENCANAAN FT UNY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google