Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Berorientasi Objek 1.  kelas String,  kelas String Buffer,  kelas math,  kelas character,  kelas number,  dan lain-lain. Pemrograman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Berorientasi Objek 1.  kelas String,  kelas String Buffer,  kelas math,  kelas character,  kelas number,  dan lain-lain. Pemrograman."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Berorientasi Objek 1

2  kelas String,  kelas String Buffer,  kelas math,  kelas character,  kelas number,  dan lain-lain. Pemrograman Berorientasi Objek 1

3 Di java suatu string adalah objek Ada dua kelas string : ◦ kelas String ◦ kelas StringBuffer Pemrograman Berorientasi Objek 1

4 7 cara untuk membuat objek String : ◦ String(); // cara1 ◦ String(String value); // cara2 ◦ String(char value[]); // cara3 ◦ String(byte ascii[], int hibyte); // cara4 ◦ String(char value[], int offset, int count); // cara5 ◦ String(byte ascii[], int hibyte, int offset, int count); //cara6 ◦ String(StringBuffer buffer); // cara7 Pemrograman Berorientasi Objek 1

5 Ada 33 method yang digunakan untuk melakukan 8 macam operasi pada kelas String, yaitu : 1.int length; 2.char charAt(int index); 3.boolean startsWith(String prefix); 4.boolean startsWith(String prefix, int tooffset); 5.boolean endsWith(String suffix); 6.int indexOf(int i); 7.int indexOf(int i, int fromIndex); 8.int indexOf(String str); 9.int indexOf(String str, int fromIndex); 10.int lastIndexOf(int i); Pemrograman Berorientasi Objek 1

6 11.int lastIndexOf(int i, int fromIndex); 12. int lastIndexOf(String str); 13. int lastIndexOf(String str, int fromIndex); 14. String substring(int beginIndex); 15. String substring(int beginIndex, int endIndex); 16. boolean equels(Object anObject); 17. boolean equelsIgnoreCase(String aString); 18. int compareTo(String str); 19. int compareTo(Object anObject); 20. String concat(String s); Pemrograman Berorientasi Objek 1

7 21. String replace(char oldChar, char newChar); 22. String trim(); 23. String toLowerCase(); 24. String toUpperCase(); 25. static String valueOf(Object anObject); 26. static String valueOf(char ch[]); 27. static String valueOf(char ch[], int offset, int count); 28. static String valueOf(boolean b); 29. static String valueOf(char ch); 30. static String valueOf(int i); Pemrograman Berorientasi Objek 1

8 31. static String valueOf(long l); 32. static String valueOf(float f); 33. static String valueOf(double d); Pemrograman Berorientasi Objek 1

9 Ada 8 operasi pada kelas String, yaitu : ◦ Membuat dan menginisialisasi String ◦ Membaca character dalam String ◦ Membandingkan dua String ◦ Mengubah character kecil menjadi capital ◦ Concatenation dua String ◦ Mencari character dan substring ◦ Mengambil suatu substring ◦ Menggantikan suatu character dalam String Pemrograman Berorientasi Objek 1

10 ◦ Kelas Math berisi sekumpulan method dan konstanta matematika. ◦ kelas StrinctMath yang berisi sekumpulan methodmatematika yang lengkap (lebih lengkap darikelas Math). Pemrograman Berorientasi Objek 1

11 ◦ static double toRadians(double sudut); ◦ static double toDegrees(double sudut); ◦ static double sin(double d); ◦ static double cos(double d); ◦ static double tan(double d); ◦ static double asin(double d); ◦ static double acos(double d); ◦ static double atan(double d); ◦ static double exp(double d); // e pangkat d ◦ static double log(double d); // ln(d); ◦ static double sqrt(double d); //static double pow(double a, double b); // a pangkat b ◦ static double ceil(double d); // pembulatan ke atas ◦ static double floor(double d); //pembulatan ke bawah ◦ static int round(float f); // pembulatan biasa ◦ static long round(double d); // pembulatan biasa ◦ static double rint(double d); // pembulatan ke int terdekat ◦ static double atan2(double a, double b); //cartesius ke polar Pemrograman Berorientasi Objek 1

12 ◦ static synchronized double random(); ◦ static int abs(int i); ◦ static long abs(long l); ◦ static float abs(float f); ◦ static double abs(double d); ◦ static int min(int a, int b); ◦ static long min(long a, long b); ◦ static float min(float a, float b); ◦ static double min(double a, double b); ◦ static int max(int a, int b); ◦ static long max(long a, long b); ◦ static float max(float a, float b); ◦ static double max(double a, double b); ◦ Math.E=2.7…; Math.PI=3.14…; Pemrograman Berorientasi Objek 1

13 Sembilan tipe data dasar (boolean, byte, char, double, float, int, long, short, void) di java tidak diimplementasikan sebagai kelas. Tipe data tsb hanya dilewatkan sebagai parameter ke suatu method dgn cara pass by value dan tidak bisa dgn cara pass by reference. Kelas wrapper bertindak sebagai versi kelas dari tipe data dasar, yang namanya serupa namun diawali huruf kapital. Kelas ini membungkus tipe data primitif agar mereka dapat digunakan sebagaimana layaknya objek biasa. Pemrograman Berorientasi Objek 1

14 kelas tipe data wrapper di java ada 10 : ◦ Boolean ◦ Byte ◦ Character ◦ Double ◦ Float ◦ Integer ◦ Long ◦ Number ◦ Short ◦ Void Pemrograman Berorientasi Objek 1

15 1.Kelas Number Kelas ini bersifat abstract serta mendefinisikan super kelas yang diimplementasikan oleh kelas-kelas yang membungkus tipe data dasar (6 subclass). Method-method dari kelas Number : ◦ byte byteValue(); ◦ double doubleValue(); ◦ float floatValue(); ◦ int intValue(); ◦ long longValue(); ◦ short shortValue(); Pemrograman Berorientasi Objek 1

16 2.Kelas Boolean Kelas ini membungkus tipe data dasar Boolean. Memiliki dua constructor : ◦ Boolean(Boolean boolValue); ◦ Boolean(String boolString); Method-method di kelas ini adalah : ◦ boolean booleanValue(); ◦ boolean equels(Object boolObj); ◦ static boolean getBoolean(String propertyName); ◦ int hashCode(); ◦ String toString(); ◦ Static boolean valueOf(String boolString); Pemrograman Berorientasi Objek 1

17 3.Kelas Character Kelas ini membungkus tipe data dasar dan memiliki beberapa method : static int digit(char ch, int radix); Pemrograman Berorientasi Objek 1

18 4.Kelas Byte, Short, Integer, dan Long Method-method di kelas Byte adalah : ◦ byte byteValue(); ◦ int compareTo(Byte b); ◦ int compareTo(Object obj); dll. Method-method di kelas Short : ◦ byte byteValue(); ◦ int compareTo(Short sh); dll. Method-method di kelas Integer : ◦ byte byteValue(); ◦ int compareTo(Integer i); dll. Method-method di kelas Long adalah : ◦ int compareTo(Long obj); ◦ int compareTo(Object obj); Pemrograman Berorientasi Objek 1

19 5.Kelas Float dan Double Method-method di kelas Float : ◦ byte byteValue(); ◦ int compareTo(Float f); ◦ double doubleValue(); dll. Method-method di kelas Double : ◦ int compareTo(Double d); ◦ byte byteValue(); ◦ int compareTo(Object obj); Pemrograman Berorientasi Objek 1

20 Kelas Float memiliki beberapa attribut yang bersifat final dan static (konstanta) Nama KonstantaDeskripsi MINVALUENilai terkecil objek Float MAXVALUENilai terbesar objek Float NEGATIVE_INFINITYAngka tak berhingga negatif POSITIVE_INFINITYAngka tak berhingga positif NaNKondisi bukan angka Pemrograman Berorientasi Objek 1

21  Contoh penggunaan : Byte num1 = new Byte(“100”); Short num2 = new Short(“100”); Integer num3 = new Integer(100); Long num4 = new Long(100); Pemrograman Berorientasi Objek 1

22

23  Obyek yang terdiri atas deretan karakter  Tidak perlu ditentukan jumlah karakternya  Inisialisasi : ◦ Langsung tanpa kata kunci new ◦ Langsung dengan kata kunci new

24 class TestStr1 { public static void main (String argv[]) { String s1; s1=”Halo”; String s2; s2= new String(”Ini juga bisa”); String s3 = ”Halo, apa khabar?”; System.out.println(s3); System.out.println(s1); System.out.println(s2); System.out.println(s3); s1 = s1 + ”, apa khabar?”; //konkatenasi string System.out.println(s1); }

25 String s1; s1 = null; belum mempunyai alokasi memori untuk penempatan obyek tsb. String s2; s2 = ””; String kosong (empty string) adalah String yg sudah diinisialisasi, namun tdk punya karakter apapun.

26 public class Caristr { public static void main(String argv[]) { String str = "Ini adalah # String yang diproses"; boolean found = false; int i; for (i = 0; i < str.length(); i++) if (str.charAt(i) == '#') { found = true; break; } if (found) System.out.println("Posisi # ada pada huruf ke " + i); } int length()  panjang dari string tsb char charAt(int index)  karakter pada posisi index di string tsb

27 String str = ”Ini adalah # String” ; int I = str.indexOf(’#’); System.out.println(”Posisi=” + i); int I = str.indexOf(”adalah”); System.out.println(”Posisi=” + i); int indexOf(char ch)  posisi index pada String dimana karakter ch tsb ditemukan int indexOf(String s)  posisi index pada String dimana String s ditemukan

28 public class Compare { public static void main(String argv[]) { String tabel[] = {"amir", "bambang", "hasan"}; String nama = "amir"; for (int i = 0; i < tabel.length; i++) { if (tabel[i].equals(nama)) { System.out.println(nama + " terdaftar dalam tabel!"); break; } String s1=”xxx”; String s2=”yyy”; s1 == s2 s1.equals(s2) atau s2.equals(s1) Membandingkan obyek Membandingkan string

29 hallo hallo String adalah obyek yang bersifat “read only”, artinya tidak dapat diganti isinya. String s = ”hallo”; s = ”baru”; baru Disini isi String s diganti dengan String baru, sedangkan nilai String yang lama tetap berada pada memori, untuk kemudian akan diproses oleh garbage collector secara internal. s s

30 public class SubStr { public static void main(String argv[]) { String s = "Kalimat ini akan disalin kemudian"; String s1 = s.substring(5); String s2 = s.substring(8, 25); System.out.println("S1 = " + s1); System.out.println("S2 = " + s2); } Metoda untuk mengambil isi String : String substring(int offset) String substring(int offset, int endIndex)

32  Karena class String adalah bersifat read-only, maka class StringBuffer digunakan untuk menampung byte yang dapat diubah isinya.  Konstruktor : StringBuffer(int n) menciptakan Stringbuffer dengan array sebanyak n bytes  Metoda : append()  menambah karakter pada stringBuffer insert()  menyelipkan potongan string pada sebuah String

33 public class StrBuf { public static void main(String argv[]) { String str = "Ini String Original"; int len = str.length(); StringBuffer strBuf = new StringBuffer(len); char ch; for (int i = (len-1); i >= 0; i--) { ch = str.charAt(i); strBuf.append(ch); } System.out.println(strBuf); }

34 public class Insert { public static void main(String argv[]) { StringBuffer str = new StringBuffer("Minum Panas"); str.insert(6, "Kopi "); System.out.println(str); }

35  CLP adalah program yg menerima input dari keyboard  Untuk membaca input dari keyboard dperlukan BufferedReader.  Pertama definisikan dahulu obyek yg berasal dari System.in (keyboard) yg merupakan class dari InputStream. Agar dapat menggunakan metoda readLine() yg memberikan nilai balik String, obyek tsb perlu dibungkus dgn BufferedReader.

36 public class CLP { public static void main(String argv[]) { String command = ""; java.io.InputStreamReader isr = new java.io.InputStreamReader(System.in); java.io.BufferedReader buf = new java.io.BufferedReader(isr); System.out.println("input : "); try { command = buf.readLine(); } catch (java.io.IOException ex) { System.out.println("Error"); } System.out.println("Yang dibaca : " + command); }


Download ppt "Pemrograman Berorientasi Objek 1.  kelas String,  kelas String Buffer,  kelas math,  kelas character,  kelas number,  dan lain-lain. Pemrograman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google