Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WAHIDIYAT INDRA LESMANA, 3252306003 PEMETAAN ARUS WISATAWAN OBYEK WISATA MENARA KUDUS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN KUDUS TAHUN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WAHIDIYAT INDRA LESMANA, 3252306003 PEMETAAN ARUS WISATAWAN OBYEK WISATA MENARA KUDUS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN KUDUS TAHUN."— Transcript presentasi:

1 WAHIDIYAT INDRA LESMANA, PEMETAAN ARUS WISATAWAN OBYEK WISATA MENARA KUDUS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN KUDUS TAHUN

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : WAHIDIYAT INDRA LESMANA - NIM : PRODI : Survei dan Pemetaan Wilayah - JURUSAN : Geografi - FAKULTAS : Ilmu Sosial - darknessshine pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Apik Budi Santoso, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Sunardi, M.M - TGL UJIAN :

3 Judul PEMETAAN ARUS WISATAWAN OBYEK WISATA MENARA KUDUS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN KUDUS TAHUN

4 Abstrak Belum adanya Pemetaan Arus Wisatawan obyek wisata Menara Kudus di Kota Kudus dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG), yang menampilkan data-data terkait dengan keberadaan daerah asal para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Kota Kudus, adalah masalah yang akan di selesaikan penulis dalam Tugas akhir ini. Adapun tujuan dari pemetaan ini adalah menggambarkan atau memetakan Arus Wisatawan di Obyek Wisata Menara Kudus di Kabupaten Kudus berupa: daerah asal pengunjung, Jumlah pengunjung dari masing – masing daerah, minat wisatawan, dan pendapatan obyek wisata menara kudus di Kabupaten Kudus secara SIG. Sehingga dapat menyajikan informasi pariwisata Kabupaten Kudus berupa daerah asal pengunjung, Jumlah pengunjung dari masing – masing daerah, minat wisatawan, dan pendapatan obyek wisata menara kudus di Kabupaten Kudus secara SIG yang akurat dan terperinci dengan menggunakan Sistem Informasi Geografi (SIG), harapannya dapat menarik minat lebih banyak wisatawan yang berkunjung dan mengetahui perkembangannya. Variabel yang digunakan berupa koordinat lokasi dan data keperiwisataan. Jenis data yang di pakai adalah data spasial yang berupa Peta Lokasi obyek wisata Menara Kudus dan data atribut berupa lokasi dan data keperiwisataan. Metode yang digunakan observasi lapangan, dokumentasi dan kepustakaan. Alat yang dipakai adalah komputer dengan softwere ArcView untuk proses pemetaan, GPS (Global Positioning System), alat tulis, printer, dan kamera digital. Dari Arc View Dapat dilakukan Pemetaan Arus Wisatawan Obyek Wisata Menara Kudus di Kabupaten Kudus. tahapan yaitu : Data Input data hasil survei, proses pemetaan dan output data berupa peta – peta produk. Dari hasil Pemetaan Arus Wisatawan Obyek Wisata Menara Kudus Dari hasil Pemetaan Arus Wisatawan Obyek Wisata Menara Kudus di Kabupaten Kudus menghasilkan Peta Asal Wisatawan Obyek Wisata Menara Kudus yang berisi Daerah asal pengunjung yang datang ke lokasi Wisata tersebut. Peta Jumlah Wisatawan yang berkunjung ke Menara Kudus tahun 2006 – 2008 yang berisi perkembangan jumlah pengunjung dari tahun Peta Minat Wisatawan Obyek Wisata Menara Kudus tahun yang berisi tentang pengetahuan berupa, minat apa yang membuat pengunjung itu berkunjung ke Obyek Wisata Menara Kudus dari tahun Dan Peta Pendapatan Obyek Wisata Menara Kudus di Kabupaten Kudus antara tahun 2006 – 2008 yang berisi tentang Perkembangan pendapatan yang diperoleh dari tahun 2006 – mengemukkan tentang macam, jumlah dan persebaran sarana tersebut, Dari hasil pemetaan yang di lakukan di Kawasan Obyek Wisata Menara Kudus dapat diketahui bahwa Obyek Wisata dan sarana pendukungnya di Kawasan Obyek Menara Kudus sudah berkembang dengan baik namun perlu adanya perbaikan dan perawatan agar situs bersejarah tetap lestari.

5 Kata Kunci Pemetaan, Arus Wisatawan Sistem Informasi Geografis (SIG)

6 Referensi Budiyanto, Eko Sistem Geografi Menggunakan Arc View GIS. Andi: Yogyakarta. Dinas Pariwisata Kab. Kudus Data Arus Wisatawan Obyek Wisata Menara Kudus. Kudus : Dinas Pariwisata. Juhadi dan Dewi, L Desain dan Komposisi Peta Tematik. BP2 SIG : Semarang. Sujali Geografi Pariwisata dan Kepariwisataan. Yogyakarta : Jurnal Fakultas Geografi UGM. Santoso Budi, Apik Kontribusi Geografi Dalam Kepariwisataan. Semarang : Jurusan Geografi UNNES Salam, Solichin Menara Kudus. Jakarta : Kuning Mas. Singarimbun, Masri, dkk Metode Penelitian Survey. LP3 ES: Jakarta. www. Bakosurtanal.go.id/petaadministrasipropinsi jawatengah.shp

7 Terima Kasih


Download ppt "WAHIDIYAT INDRA LESMANA, 3252306003 PEMETAAN ARUS WISATAWAN OBYEK WISATA MENARA KUDUS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN KUDUS TAHUN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google