Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama INDIKATOR :  Menjelaskankan arti makna tersirat  Menjelaskan cara membaca.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama INDIKATOR :  Menjelaskankan arti makna tersirat  Menjelaskan cara membaca."— Transcript presentasi:

1 Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama INDIKATOR :  Menjelaskankan arti makna tersirat  Menjelaskan cara membaca intensif  Menemukan makna tersirat suatu teks yang di baca Kompetensi Dasar: Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif.

2 MATERI BELAJARAN Makna kata tersirat Pengertian membaca insentif Menemukan makna tersirat

3 MATERI A.Makna Tersirat Tersirat adalah tersembunyi atau tidak tertulis.

4 B. Pengertian membaca Intensif Membaca Intensif adalah membaca keseluruhan secara sungguh – sungguh.

5 C. Menemukan makna tersirat Contoh : Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan saksama! Jatuh dari Tangga Hari itu aku sedang bermain bola gebog. Itu lho, permainan yang memakai bola tenis.Cara bermainnya, pemain harus terkena bola yang dilempar oleh musuh.Nah, ketika sedang asyik bermain, ada seorang teman yang mendorongku hingga jatuh. Saat itu aku sedang berada di tangga. Teman-teman menolongku. Mereka membawaku ke ruang UKS ( unit kesehatan sekolah ) karena aku benarbenar tidak dapat berjalan. Ada sedikit rasa sakit di kakiku. Dari ruang UKS, aku langsung pulang diantar saudaraku yang kebetulan satu sekolah denganku. Dari rumah aku dibawa ke tukang pijat terkenal di Bandung, namanya Pak Uju. Setelah dua jam lebih aku menunggu, akhirnya aku dipijat. Setelah nenek menceritakan kejadianku, Pak Uju langsung mengobati kakiku.

6 Walau sakit diobati oleh Pak Uju, tetapi aku sembuh. Aku dapat berjalan lagi. Pak Uju mengatakan tulangku ada yang tergeser, tetapi tidak berbahaya. Setelah di Bandung empat empat hari, aku pulang.Teman-teman banyak yang menelpon ke rumah. Mereka ingin mengetahui keadaanku. Sejak saat itu aku selalu berhati-hati jika berada di tangga. Terjatuh dari tangga, merepotkan semua orang terutama orangtuaku. ( Shifa Putri Handayani Kelas VI B SDN Pengadilan V, Bogor Sumber: Kompas, Minggu, 4 Februari 2007 )

7 Teman-teman.., Ayo kita temukan makna yang tersirat dari teks bacaan di atas…. Setelah kita membaca secara intensif, maka kita temukan makna yang tersirat dari bacaan” Jatuh dari Tangga” adalah Kalau bermain berhati-hatilah

8 Bacalah bacaan berikut. Warna Merah Di jalan raya, saat lampu merah menyala, semua kendaraan akan berhenti. Mengapa warna merah yang dipilih? Warna merah sering digunakan sebagai tanda peringatan disebabkan warna itu bisa menarik perhatian. Alasan lainnya, yaitu gelombang cahaya merah adalah gelombang yang paling panjang. Selain itu, bisa menembus banyak butir yang halus, seperti rintik hujan, debu, dan kabut. Kekuatan cahaya warna merah itulah yang tidak dimiliki warna lain seperti cahaya ungu dan biru. Kedua warna itu memiliki gelombang paling pendek dan daya tembus paling kecil. Sumber: Ino, Desember 2002

9 Temukan makna tersirat dalam teks bacaan di atas! Soal Latihan

10 TUGAS RUMAH Tugas untuk Kamu Kamu dan salah seorang temanmu mencari sebuah bacaan yang sama. Bacalah bacaan tersebut dengan saksama. Lalu, kalian masing-masing membuat perincian fakta dari bacaan. Berdiskusilah dengan temanmu mengenai makna yang tersirat dalam bacaan tersebut.

11 Harimau Takut Radio Baru-baru ini, petani di Malaysia Diwajibkan membawa radio berangkat ke ladang. Radio itu harus dinyalakan dengan suara yang keras. Untuk apa? Ternyata, untuk menakut-nakuti harimau!Wan Azali Wan Ali, Direktur Kantor Pelestarian Alam, Negara Bagian Kelantan, Malaysia mengumumkan kewajiban itu. Sebelumnya seorang ibu bernama Mek Jah Semali, diserang harimau saat berjalan pulang dari kebun karet.

12 Untunglah, Ibu itu berhasil mengambil sebatang kayu. Kayu itu dipukul-pukul ke tanah untuk menakutnakuti harimau. Harimau itu lari.Agar kejadian itu tidak terulang, petani diwajibkan untuk membawa radio. Konon, harimau takut pada suara musik, apa pun jenisnya. Apalagi kalaudipasang dengan suara keras. Selain membawa radio, petani juga diminta membersihkan semak belukar agar harimau tidak bersembunyi di tempat itu. Sumber: Yanti, Majalah Bobo Tahun XXXIV28 Januari 2007 halaman 42,

13 Uji kompetensi Apa makna tersirat dari teks bacaan di atas ?


Download ppt "Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama INDIKATOR :  Menjelaskankan arti makna tersirat  Menjelaskan cara membaca."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google