Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

COLD WAR 1947-1991. A. Pengertian Perang Dingin Perang Dingin (1947–1991) atau Cold War, adalah sebutan bagi sebuah periode di mana terjadi konflik, ketegangan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "COLD WAR 1947-1991. A. Pengertian Perang Dingin Perang Dingin (1947–1991) atau Cold War, adalah sebutan bagi sebuah periode di mana terjadi konflik, ketegangan,"— Transcript presentasi:

1 COLD WAR

2 A. Pengertian Perang Dingin Perang Dingin (1947–1991) atau Cold War, adalah sebutan bagi sebuah periode di mana terjadi konflik, ketegangan, dan kompetisi antara Amerika Serikat (beserta sekutunya disebut Blok Barat) dan Uni Soviet (beserta sekutunya disebut Blok Timur) yang terjadi antara tahun 1947—1991.

3 B. Latar Belakang Terjadinya Perang Dingin 1. Munculnya Amerika Serikat sebagai negara pemenang perang di pihak Sekutu (Inggris, Perancis, dan AS). AS berperan besar dalam membantu negara-negara Eropa Barat untuk memperbaiki kehidupan perekonomiannya. 2. Munculnya Rusia (Uni Soviet) sebagai negara besar dan berperan membebaskan Eropa bagian Timur dari tangan Jerman dan membangun perekonomian negara-negara di Eropa Timur. Uni Soviet meluaskan pengaruhnya dengan mensponsori terjadinya perebutan kekuasaan di berbagai negara Eropa Timur seperti Bulgaria, Albania, Hongaria, Rumania, Polandia, dan Cekoslowakia sehingga negara-negara tersebut masuk dalam pemerintahan komunis Uni Soviet. 3. Munculnya negara-negara yang baru merdeka setelah Perang Dunia II di luar wilayah Eropa. Dampaknya muncul 2 kelompok negara di dunia yaitu negara-negara maju dengan negara-negara berkembang, yang memberikan pengaruh bagi perkembangan politik dan ekonomi dunia.

4 C. Faktor-faktor Penyebab Perang Dingin 1. Perbedaan Paham Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai pemenang Perang Dunia II memiliki paham/ ideologi yang berbeda Amerika Serikat memiliki ideologi liberal-kapitalis sedangkan Uni Soviet berideologi komunis. Paham Liberal-Kapitalis (AS) yang mengagungkan kebebasan individu yang memungkinkan kapitalisme berkembang dengan subur bertentangan dengan paham Sosialis- Komunis (US) yang berkeyakinan bahwa paham itu dapat lebih mempercepat kesejahteraan buruh maupun rakyatnya karena negara-negara yang mengendalikan perusahaan akan memanfaatkan keuntungannya untuk rakyat.

5 2. Keinginan untuk Berkuasa AS dan US mempunyai keinginan untuk menjadi penguasa di dunia dengan cara-cara yang baru. AS sebagai negara kreditor besar membantu negara-negara yang sedang berkembang berupa pinjaman modal untuk pembangunan dengan harapan bahwa rakyat yang makmur hidupnya dapat menjadi tempat pemasaran hasil industrinya dan dapat menjauhkan pengaruh sosialis komunis. Masyarakat miskin merupakan lahan subur bagi paham sosialis komunis. Uni Soviet yang mulai kuat ekonominya juga tidak mau kalah membantu perjuangan nasional berupa bantuan senjata atau tenaga ahli. Hal ini dilakukan untuk mempengaruhi negara-negara tersebut.

6 3. Persaingan Kekuatan Militer didirikannya pakta pertahanan NATO (North Atlantic Treaty Organization) oleh blok barat pada tanggal 4 April 1949, yang beranggotakan awal 12 negara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Perancis, Belanda, Belgia, Italia, Portugal, Islandia, Norwegia, Luksemburg, dan Denmark. Sebagai tandingannya, pihak blok timur juga mendirikan organisasi serupa pada tanggal 14 Mei 1955, dengan nama Pakta Warsawa yang beranggotakan awal 7 negara yaitu Uni Soviet, Jerman Timur, Polandia, Bulgaria, Cekoslowakia, Hongaria, dan Albania.

7 Jalannya perang 4 periode 1. Periode Periode Periode Periode

8 Masa perang Perang Dingin (Cold War) adalah ketegangan yang secara politis tampak saling bermusuhan karena adanya persaingan kepentingan. Perang Dingin dimulai setelah berakhirnya Perang Dunia II sejak pembagian Jerman menjadi 2 wilayah, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Pembagian Jerman menjadi 2 diikuti dengan pembagian kota Berlin menjadi Berlin Barat yang dikuasai oleh Amerika Serikat, Inggris dan Perancis sedangkan Berlin Timur dikusai oleh Uni Soviet tepatnya saat terjadi Konfrensi Yalta (Februari 1945). Dalam waktu singkat ( ) Uni Soviet berhasil membentuk pemerintahan komunis di Bulgaria, Rumania, Hongaria, Polandia, dan Chekoslowakia. Karena perkembangan pengaruh Uni Soviet sangat cepat dan pertumbuhannya pesat maka Amerika merasa perlu membendung berkembangnya gerakan komunis. Hingga akhirnya Amerika menyusun strategi politik Containment Policy yang bertujuan mencegah berkembangnya pengaruh suatu negara atau suatu sistem politik dari pihak lawan. Strategi politik tersebut dikembangkan melalui pemberian bantuan ekonomi dan militer seperti Marshall Plan dan Doctrine Truman yaitu bantuan berupa keuangan, militer, dan penasehat militer kepada Yunani dan Turki guna menghadapi gerilyawan komunis. Tujuannya untuk mempertahankan Yunani dan Turki dari peneterasi komunis dan menghambat jalur Uni Soviet menuju ke selatan yang akan mengancam negara-negara Barat. Sebab jika salah satu negara jatuh maka negara tetangga lainnya juga akan jatuh sehingga semua negara akan jatuh ke dalam pengaruh komunis. Uni Soviet berusaha menyaingi dengan membuat Molotov Plan dengan tujuan untuk menata kembali perekonomian negara-negara Eropa Timur dan badan kerja sama ekonomi Comicon (Cominteren Economic). Konflik ideologi tersebut berkembang sampai di Asia.

9 1.perang korea 2. perang vietnam 3.penggulingan pemerintahan pro-barat oleh komunis 4. Ø Pembentukan Cominform (The Communist Information Bureau) pada tahun Cominform adalah wadah kerja sama partai-partai komunis Eropa yang berpusat di Beograd, Yugoslavia. Ø Pembentukan NATO (North Athlantic Traty Organization) 4 April Negara yang menjadi anggotanya yaitu Inggris, Irlandia, Islandia, Norwegia, Denmark, Belgia, Belanda, Luxemburg, Perancis, Portugal, Kanada, dan Amerika Serikat. Tujuannya untuk membendung komunis mulai dari Eropa Utara sampai Turki dan Yunani. Ø Pembentukan Pakta Warsawa pada 1955 dengan negara Jerman Timur, Cekoslovakia, Hongaria, Bulgaria, Polandia, Rumania, dan Albania. Pakta Warsawa merupakan kerjasama pertahanan dan keamanan negara-negara komunis. Ø Perjanjian antara RRC dan Uni Soviet tahun 1950 mengenai kerja sama dianatara kedua negara guna menghadapi kemungkinan agresi Jepang. Ø Pembentukan Pakta ANZUS (Australia, New Zealand, and United State), yaitu pakta pertahanan negara-negara Amerika Serikat, Australia,dan Selandia Baru pada tahun Ø Pembentukan SEATO (South East Asia Treaty Organization) pada tahun SEATO merupakan kerjasama pertahanan antara negara-negara Asia Tenggara dengan pihak Barat. Dengan anggotanya antara lain, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Filipina, Singapura, dan Selandia Baru.

10 Kegiatan Spionase (mata-mata) tercermin dari tindakan yang dilakukan oleh agen spionase kedua belah pihak yaitu antara KGB dan CIA. KGB (Komitet Gusudarstvennoy Bezopasnosti) merupakan dinas intelegen sipil atau dinas rahasia Uni Soviet sedangkan CIA (Central Intelligence Agency) yang merupakan dinas rahasia Amerika Serikat yang bertugas untuk mencari keterangan tentang negara-negara asing tertentu.

11 Akhir perang dingin Penyebab berakhirnya Perang Dingin akhirnya berakhir yaitu sebagai berikut: 1. Sampai 1980, 11 % GNP Uni Soviet dibelanjakan untuk kepentingan militer. Uni Soviet mengalokasikan dana besar-besaran bagi negara yang berada dibawah kekuasaannya agar negara tersebut tidak lepas dari kendalinya. 2. Tahun 1980, harga minyak jatuh sehingga keadaan ekonomi Uni Soviet yang tidak stabil benar-benar berhenti. Padahal sebelumnya Uni Soviet sangat tergantung dengan ekspor minyaknya sementara sejak 1980 minyak tidak mampu membiayai Perang Dingin. 3. Muncul krisis kredibilitas/kepercayaan terhadap sistem komunisme. 4. Pada 19 Agustus 1991, Gennadi Yanayev (pemimpin kelompok konserfatif) melancarkan kudeta terhadap Gorbachev tetapi upaya ini dapat digagalkan oleh Boris Yeltsin (pemimpin kelompok Radikal) sehingga Gorbachev dapat diselamatkan dan nama Yeltsin mulai melambung di pentas politik Uni Soviet. Yeltsin tidak mampu membendung gelora semangat Perestroika dan Glasnost terbukti dengan banyaknya negara bagian Uni Soviet yang melepaskan diri dan menjadi negara merdeka sehingga Runtuhlah Uni Soviet.

12 5. Uni Soviet mulai mengurangi kekuatan senjatanya di Eropa Timur seperti pada 1989 Uni Soviet menarik tentaranya dari Afghanistan 6. Secara resmi Uni Soviet dibubarkan pada 8 Desember 1991 ditandai dengan penurunan bendera Uni Soviet dan dikibarkan bendera Rusia. Rusia dan negara-negara bekas Uni Soviet yang lain mulai muncul sebagai negara yang merdeka. Runtuhnya kekuatan Uni Soviet di Eropa Timur mengakhiri Perang Dingin

13 Dampak perang dingin Berakhirnya Perang Dingin memberikan dampak luas bagi perubahan dunia: 1. Terjadinya perubahan di Eropa Timur, Rusia dan Jerman dalam upaya mengakhiri kekuasaan komunis dan dominasi Uni Soviet di daerah tersebut. 2. Muncul perubahan politik dan ekonomi dunia yang menimbulkan terciptanya hubungan secara menyeluruh (global) maupun kawasan (regional), yang terlihat dengan: A. Kebangkitan Jepang, Setelah perekonomian Jepang lumpuh akibat perang dunia II dan serangan sekutu terhadap kota Jepang maka rakyat Jepang mulai bangkit untuk membangun kembali ekonomi negara yang hancur tersebut. Dalam perkembangannya Jepang mampu memanfaatkan segala dukungan dan bantuan Amerika Serikat bahkan akhirnya Jepang mampu mengambil alih fungsi-fungsi ekonomi global yang disandang Amerika Serikat dan mampu memberikan bantuan ekonomi bagi negara di kawasan Asia Pasifik. Hingga akhirnya Jepang mampu mendominasi kedudukan di daerah Asia-Pasifik sebagai pasar impor, penyedia bantuan luar negeri, dan sumber investasi asing yang dipertahankan hingga sekarang. B. Berdirinya Group of Seven, (Perancis, Jerman Barat, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Italia yang bergabung untuk memecahkan masalah ekonomi dunia)

14 C. Berdirinya European Union (bentuk kerja sama ekonomi antara negara Eropa Barat) D. Berdirinya Gerakan Nonblok E. Berdirinya ASEAN (stabilitas politik regional dan pembangunan ekonomi masing-masing negara anggota) F. Berdirinya APEC dan G. Berdirinya OKI. 3. Muncul ketergantungan satu sama lain sehingga terjadi transformasi kekuasaan silih berganti. 4. Terbentuklah tatanan dan nilai baru di dunia yang lebih damai, aman dan sejahtera.

15 5. Berakhirnya Perang Dingin mampu mengakhiri semangat sistem hubungan internasional bipolar (melibatkan 2 blok yaitu blok barat dan timur) dan berubah menjadi sistem multipolar, yaitu mengalihkan persaingan yang bernuansa militer ke persaingan ekonomi di antara negara-negara di dunia dan mengubah isu-isu fokus hubungan internasional dari high politics (isu yang berhubungan dengan politik dan keamanan) menjadi isu-isu low politics (seperti isu terorisme, hak asasi manusi, ekonomi, lingkungan hidup, dsb) yang dianggap sama pentingnya dengan isu high politics 6. Terbentuk hubungan kerjasama utara-selatan dan selatan-selatan.

16 PERANG DINGIN PERANG DINGIN Pengertian : Perang dalam bentuk ketegangan sebagai perwujudan dari konflik kepentingan, supremasi, ideologi antara blok barat dengan blok timur. BLOK BARAT Inggris, Perancis, Jerbar, Kanada, Australia, New Zeland, Jepang, Amerika Serikat BLOK TIMUR Ceko, Honga, Bulga, Alba, Kuba, ngola, RRC, Mongol, Vietnam, Uni Sovyet

17 PENYEBAB : 1.Adanya perbedaan kepentingan antara negara adi kuasa 2.Berebut menjadi pemimpin dunia. BENTUK PERSAINGAN / AKIBAT POLITIK Perebutan pengaruh dalam rangka mengembangkan faham Barat – Amerika Serikat DEMOKRASI - KAPITALIS Timur – Uni Sovyet SOSIALIS - KOMUNIS

18 BENTUK PERSAINGAN / AKIBAT EKONOMI BARAT – AMERIKA SERIKAT Memberikan bantuan untuk negara berkembangan * Truman Doktrin : Turki – Yunani * Point Four Truman : Asia * Marshal Plan : Ekonomi Eropa TIMUR – UNI SOVYET Membantu negara-negara Komunis Eropa timur. * Comecon * Molotov Plan

19 BENTUK PERSAINGAN / AKIBAT MELITER Alliantie BARAT – AS NATO, SEATO, METO, ANZUS, TIMUR – US PAKTA WARSAWA, COMINFORM, CINA - US KEGIATAN SPIONASE

20 BENTUK PERSAINGAN / AKIBAT RUANG ANGKASA BARAT – AMERIKA explorer I – II, Discoverer, Vanguard Alan B. Sherpard diruang angkasa selama 15 menit 3.Frenshif VII mengitari bumi 3 kali dengan astronut Jhon H.Glenn TIMUR – UNI SOVYET Sputnik I dan II dengan awak anjing. 2.Lunik mendarat di bulan Vostok I + astronut Yuri Gagarin mengelilingi dunia selama 108 menit 4.Vostok II dengan Gherman S Titov mengitari bumi selama 25 jam 5.Membangun stasiun ruang angkasa MIR ( perdamaian)

21 CHINA PESAING BERAT AS-RUSIA MELITER  700 PESAWAT UUpgrade penempur FB-7 dengan kemampuan serbu malam hari di laut PPesawat tempur multi fungsi Su-30MKK PPesawat tempur Su Mk2 dan F 11 RRudal Balistik jarak pendek mobile CSS-6 dan CSS-7  Rudal Balistik JL-2 yang diluncurkan dari kapal selam  Helikopter M1-17/171 daya angkut medium, Helikopter serbu Z-10  64 kapal perang utama, 55 kapal selam serbu. RUANG ANGKASA 2002 Meluncurkan sateli peneliti Haiyang ( HY )-1, HY-2, HY Kendaraan ruang angkasa berawak Shenzhou V, Ziyuan-1 sebagai satelit pemantau cuaca. ( ZY-1 ) 2004 pelncuran sateli ZY-2 sbg alat komunikasi, navigasi, observasi Kendaraan ruang angkasa Shenzhou VI dengan Fei Junlong dan Nei Haissheng sebagai peneliti ruang angkasa selama 5 hari Mengembangkan teknologi senjata anti satelit.

22 DAMPAK PERANG DINGIN 1.Terhambatnya perkembangan ekonomi Eropa timur 2.Munculnya berbagai protes tentang penempatan pangkalan meliter 3.Ketegangan di berbagai negara dan terjadinya perang secara sporatis 4.Kemajuan IPTEK termasuk penjelajahan ruang angkasa. USAHA PEREDAAN 1.Penandatanganan perjanjian Non Proliferasi Noklir 1968 antara US-AS-Inggris = tidak menjual dan tidak memberi informasi tentang senjata nuklir Perjajian Pembatasan Senjata strategis ( SALT I ) pembatasan persediaan senjata nuklir ( Nixon – Brezhnev ) SALT II antara Ronald Reagen – M. Gorbhacev 4.Pembentukan kawasan bebas Nuklir Asia Tenggara ( NEANWFZ ) 5.DK PBB mengeluarkan Resolusi 255. seruan negara nuklir untuk membantu negara korban nuklir dan pembentukan Tentara Keamanan PBB 6. Terbentuknya kelompok negara-negara Non Blok ( GNB )

23 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PERSENJATAAN DAN RUANG ANGKASA PADA MASA PERANG DINGIN TEKNOLOGI PERSENJATAAN JENIS PERSENJATAAN UNI SOVYETAMERIKA 1.Rudal Balistik yang berpangkalan di darat : 2.Rudal Balistik berpangkalan di Kapal selam : 3.Pesawat Pengebom berawak rudal : 4.Kekuatan Nuklir Medal : Rudal : 5.Kekuatan Nuklir Medan : Pesawat pengebom : JENIS PERSENJATAAN PAKTA WARSAWA N A T O 1.TANK 2.SENJATA ALTERI 3.SENJATA ANTI PESAWAT UDARA 4.PELONTAR RUDAL DARAT KE UDARA 5.PELONTAR RUDAL DARAT KE DARAT

24 TEKNOLOGI RUANG ANGKASA BARAT – AMERIKA 1958 explorer I – II, Discoverer, Vanguard Alan B. Sherpard diruang angkasa selama 15 menit Frenshif VII mengitari bumi 3 kali dengan astronut Jhon H.Glenn TIMUR – UNI SOVYET Sputnik I dan II dengan awak anjing. Lunik mendarat di bulan 1961 Vostok I + astronut Yuri Gagarin mengelilingi dunia selama 108 menit Vostok II dengan Gherman S Titov mengitari bumi selama 25 jam Membangun stasiun ruang angkasa MIR ( perdamaian)

25 Roket Long March-4B membawa sateli ruang angkasa China ( 24 Oktober 2006 SALAH SATU ROKET BALISTIK CHINA

26 THANK YOU


Download ppt "COLD WAR 1947-1991. A. Pengertian Perang Dingin Perang Dingin (1947–1991) atau Cold War, adalah sebutan bagi sebuah periode di mana terjadi konflik, ketegangan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google