Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Sistem Informasi & Komunikasi Komunikasi Data & Jaringan Komputer Program PAT S2 ELEKTRO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Sistem Informasi & Komunikasi Komunikasi Data & Jaringan Komputer Program PAT S2 ELEKTRO."— Transcript presentasi:

1 1 Sistem Informasi & Komunikasi Komunikasi Data & Jaringan Komputer Program PAT S2 ELEKTRO

2 Dasar Sistem Informasi2 Jaringan Komputer 1.Pengertian Dasar Perkembanag TI yang begitu pesat memungkinkan pemakai untuk memperoleh informasi dengan cepat dan akurat. Seiring dengan perkembangan itu, dan juga meningkatnya aktivitas perusahan, maka proses pengolahan data sering terjadi ditempat yang berbeda. Sementara itu, pembuatan laporan menejerial menghadapi kendala baru, yaitu bagaiman mengumpulkan dan mengintegrasikanya. Kini kendala-kendala yang dihadapi pemakai dapat diatasi, yaitu dengan langsung melakukan proses melalui personal komputer di mejanya, sementara data secara otomatis akan terintegrasi di komputer pusat, sistem ini disebut jaringan komputer.

3 Dasar Sistem Informasi3 Jaringan komputer Faktor-faktor yang membuat teknologi jaringan komputer sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam membangun SI secara terintegrasi : 1.Proses transaksi sering terjadi pada sautu tempat yang berbeda dengan tempat pengolahan datanya, sehingga data dapat selalu terintegrasi dengan baik. 2.Data dalam perusahaan harus terintegrasi dengan baik sehingga senantiasa dapat dieksploitasi untuk pembuatan laporan manajerial yang akurat setiap saat (up to date). 3.Sering diperlukan pendistribusian proses pengolahan data untuk menghindari “bottle neck”. 4.Mempercepat pendistribusian data dan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan.

4 Dasar Sistem Informasi4 Jaringan komputer 5.Jaringan komputer memungkinkan beberapa komputer untuk saling memanfaatkan sumberdaya yang ada seperti printer, hard disk, dan peripheral lainya sehingga dapat menekan pengeluaran dan meningkatkan efektivitas dari penggunaan sumberdaya tersebut. 6.Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pemakai komputer, sehigga dapat menekan pemakaian telepon. 7.Sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data. Jaminan keamanan data tersebut diberikan melalui pengaturan hak akses para pemakai dan password, serta teknik perlindungan terhadap hard disk sehingga data akan mendapat perlindungan yang efektif.

5 Dasar Sistem Informasi5 Jaringan komputer 2. Pembentukan jaringan komputer Teknologi jaringan komputer terbentuk dari gabungan dua buah teknologi yang sama sekali berbeda, yaitu teknologi komputer sebagai pengolah data dan teknologi telekomunikasi, sehingga kadang-kadang disebut juga dengan istilah komunikasi data. Secara umum prinsip dasar dalam jaringan komputer adalah proses pengiriman data atau informasi dari pengirim ke penerima melalui suatu media komunikasi tertentu yang dapat dikategorikan dalam tiga kelompok, yaitu one-way transmission, either-way transmission dan both-way transmission. Pengelompokan tersebut dilakukan berdasarkan tipe trasmisi pada jalur komunikasi yang digunakan.

6 Dasar Sistem Informasi6 Jaringan komputer 1.One-way transmission atau simplex adalh proses pengiriman data atau informasi dengan tipe transmisi satu arah sebagai contoh siaran radio dan televisi.

7 Dasar Sistem Informasi7 2.Either-way transmission atau half duplex merupakan proses pengiriman data atau informasi dengan tipe transmisi dua arah secara bergantian misalnya pada radio CB. Jaringan komputer

8 Dasar Sistem Informasi8 3.Both-way transmission atau full duplex merupakan proses penigriman data atau informasi dengan tipe tranmisi dua arah secara serentak, misalnya telepon. Jaringan komputer

9 Dasar Sistem Informasi9 Jaringan komputer

10 Dasar Sistem Informasi10 Jaringan komputer 3.Jaringan komputer berdasar area kerja Secara umum bentuk jaringan komputer berdasar area kerjanya dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu Lokal Area Network (LAN), Interconection Network (Internetwork), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN) Lokal Area Network (LAN) Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan simpul yang berada di daerah yang tidak terlalu jauh seperti dalam suatu bangunan atau suatu area bangunan dengan radius maksimum 10 km. Di samping itu, pada jaringan lokal ini, kecepatan pengiriman data raelatif tinggi antra Mbs. Jaringan lokal ini dimiliki dan di oprasikan oleh suatu perusahaan tanpa menggunakan fasilitas dari perusahaan telekomunikasi umum.

11 Dasar Sistem Informasi11 Jaringan komputer Dengan memperhatikan kecepatan transmisi data, maka jaringan lokal dapat digolongkan dalam empat kelompok, yaitu : 1.Jaringan kecepatan rendah, yaitu jaringan dengan kecepatan transmisi data lebih kecil dari 1Mbps, misal : Omninet oleh corvuse systems (bus network). 2.Jaringan kecepatan sedang, yaitu jaringan dengan kecepatan transmisi data pada medium speed network berkisar antara 1-20 Mbps, misal : Ethernet oleh Xerox. 3.Jaringan kecepatan tinggi, yaitu jaringan dengan kecepatan mencapai antara Mbps, misalnya : Hyper Channel (Network System Co). 4.Jaringan kecepatan super tinggi, yaitu jaringan dengan kecepatan mencapai lebih dari 155 Mbps, misal : Ethernet 1 Gbps.

12 Dasar Sistem Informasi12 Jaringan komputer 3.2. Interconection Network (Internetwork) Yang disebut engan internetwork adalah penggabungan antara dua atau lebih sistem jaringan lokal. Sebuah jaringan yang besar juga mungkin terjadi dari penggabungan dari beberapa jaringan yang kecil dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menejemen Metropolitan Area Network (MAN) Jaringan ini memiliki radius Km.MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antara kantor dalam suatu kota. Untuk membentuk jaringan MAN, dapat memanfaatkan fasilitas dari peusahaan telekomunikasi umum atau menggunakan paket radio.

13 Dasar Sistem Informasi13 Jaringan komputer 3.4. Wde Area Network (WAN) Jaringan WAN dapat mencakup radius kerja antara benua, melewati batasan geografis negara dan bersifat milik umum, misalnya SKDP (Sistem Komunikasi Data Paket) dan PDN (Publik Data Network). WAN ini9 mempunyai kecepatan data di bawah 1 Mbps.

14 Dasar Sistem Informasi14 Jaringan komputer 4.Protokol Protokol adalah sekumpulan aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi seperti pembuatan hubungan ; mengirim pesan, data, informasi atau file ; yang harus di penuhi transmitter dan receiver agar suatu sesi komunikasi data dapat berlangsung dengan baik dan benar. Disamping itu, protokol juga merupakan sekumpulan aturan untuk memecahkan masalah-masalah kusus yang terjadi antara alat-alat komunikasi agar transmisi data dapat berjalan dengan baik dan benar. Oleh karena itu diperlukan standarisasi guna mengatur dan menetapkan karakteristik fisik, elektris dan prosedur dari proses komunikasi data salah satu standar dalam protokol jaringan yang dikembangkan ISO adalah model referensi Open System Interconection.

15 Dasar Sistem Informasi15 Jaringan komputer Model referensi OSI didefinisikan menjadi tujuh lapisan protokol komunikasi, yaitu : 1.Physikcal layer. Lpisan pertama ini berfungsi untuk mengatur singkronisasi pengiriman dan penerimaan data, spesifikasi mekanis dan elektris, menerapkan prosedur untuk membangun, mengirimkan data/informasi dalam bentuk digit biner, memelihara dan memutuskan hubungan komunikasi. 2.Data link layer. Lapisan kedua ini akan memberikan transfer data/informsi yang meyakinkan pada lapisan fisik dalam membentuk paket yang dilengkapi dengan SYNC,error control dan flow control.pada lapisan ini juga dilakukan persiapan untuk mengaktifkan memelihara dan memutuskan suatu hubungan komunikasi ; pendeteksian kesalahan yang mungkin terjadi pada saat pengiriman data dan pengendalian.

16 Dasar Sistem Informasi16

17 Dasar Sistem Informasi17 Jaringan komputer 3.Network layer. Berfungsi memberikan layanan pengiriman data dengan menentukan rute pengiriman dan pengendalianya sehinggatidak terjadi kemacetan dan data dapat sampai ditempat tujuan dengan baik. 4.Transmission layer. Lapisan ini menjamin bahwa data yang diterima atau dikirim dari atau ke session layer dalam keadaan utuh, urut, tanpa duplikasi dan bebas dari kesalahan. Data yang diterima dari session layer kemudian akan dikirimkan ke network layer. Juga memeriksa apakah data sudah sampai ditujuan. 5.Sessionj layer. Lapisan ini bertugas untuk memberikan pengontrolan terhadap kerjasama antar komputer yang sedang berkomunikasi.

18 Dasar Sistem Informasi18 Jaringan komputer 6.Presentation layer. Pada lapisan ini akan dilakukan konversi agar data/informasiyang dikirim dapat dimengerti oleh penerima. Selain itu, dapat juga dilakukan konpresi dan enkripsi data agar keamanan data/informasi terjamin. 7.Application /prosses layer. Lapisan ini merupakan lapisan yang bertugas untuk mengatur interaksi antara pengguna komputer dengan program aplikasi yang dipakai.

19 Dasar Sistem Informasi19

20 Dasar Sistem Informasi20 Jaringan komputer 5.Topologi Topologi jaringan komputer adalah pola hubungan antar terminal dalam suatu jaringan komputer. Pola ini berhubungan erat dengan metode akses dan media pengirim yang digunakan. Ada beberapa macam topologi yang dapat digunakan : 5.1Topologi Bus Semua terminal terhubung ke jalur komunikasi. Informasi yang dikirim melalui semua terminal pada jalur tersebut. Jika alamt yang tercantum dalam data atua informasi yang dikirim sesuai denagan alamat terminal yang dilewati, maka data atau informasi tersebut akan diterima dan diproses

21 Dasar Sistem Informasi21

22 Dasar Sistem Informasi22 Jaringan komputer 5.2.Topologi star Sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi. Terminal –terminal lain terhubung padanya dan pengiriman data dari satuterminal keterminal lainya melalui terminal pusat.terminal pusat akan menyediakan jalur komunikasi khusus untuk dua terminal yang akan berkomunikasi.

23 Dasar Sistem Informasi23

24 Dasar Sistem Informasi Topologi Ring LAN dengan topologi ini mirip dengan topologi bus, tetapi kedua terminal yanga berada diujung saling dihubungkan, sehingga menyerypai lingkaran. Sitiap informasi yang diperoleh diperiksa alamatnya oleh terminal yang dilewatinya. Jika bukan untuknya, informasi dilewati sampai menemukan alamat yang benar.jika terjadi kerusakan pada satu terminal maka seluruh LAN akan terganggu. Jaringan komputer

25 Dasar Sistem Informasi25

26 Dasar Sistem Informasi26 Tabel Kelebihan Tipe Topologi NoTipe BUSTipe Cincin/RingTipe Bintang 1Instalasi mudah, biaya murah Mudah dikelola dan dihubungkan(penye bab gangguan mudah untuk diketahui) 2Kegagalan sebuah simpul(bukan BUS) pada salah satu komputer tidak mempengaruhi jaringan Kegagalan sebuah simpul pada salah satu komputer tidak berpengaruh pada jaringan

27 Dasar Sistem Informasi27 Tabel Kekurangan Tipe Topologi NOTipe BUSTipe Cincin/RingTipe Bintang 1 Jika kabel utama(BUS) putus, maka semua komputer tidak bisa dipakai. jika ada satu simpul yang mengalami kegagalan, maka semua hubungan terputus. Kegagalan pada pusat kontrol akan menyebabkan kegagalan jaringan secara keseluruhan. 2 Jika kabel BUS panjang dan tejadi gangguan, pencarian sebab sulit dilakukan. Jika pusat kontrol berupa HUB(bukan switch) kecepatan transmisi jadi lambat. 3 Jika semua komputer mengirim data, akan terjadi tabrakan sehingga kecepatan menjadi lambat.

28 Dasar Sistem Informasi28 Jaringan komputer 6.Pengkabelan Kabel merupakan media transmisi yang paling banyak digunakan. Apalagi bila untuk membangun jaringan internal dalam perusahaan. Jadi jika sumber data dan penerima tidak terlalu jauh dan dalam area lokal, maka dapat menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Kabel yang sering digunakan adalah jenis twisted pair, coaxial atau fiber optic. 6.1Twisted Pair Kabel twisted Pair terdiri atas dua jenis : 1.Shielded Twisted Pair (STP) kecepatan sinyal antara 1,4-16 Mbpsdengan jarak jangkau maksimal 100m 2.Unshielded twisted Pair (UTP) kecepatan antara 1-10 Mbps.

29 Dasar Sistem Informasi29

30 Dasar Sistem Informasi30 Jaringan komputer 6.2 Coaxial Ada dua jenis kabel coaxial : 1.Coaxial Baseband (kabel 50 Ohm) yaitu digunakan untuk transmisi digital 2.Coaxial Broadband (kabel 75 Ohm) digunakan untuk transmisi analog. Kabel coaxial ini mempunyai kemampuan jarak jangkau yang relatif jauh, yaitu 200 meter dengan kecepatan 10 Mbps (10 base 2 thin coaxial) 500 meter dengan kecepatan 10 Mbps (10 base 5 thick coaxial) kabel ini hampir tidak dipengaruhi noise.

31 Dasar Sistem Informasi31

32 Dasar Sistem Informasi32 Jaringan komputer 6.3Fiber optic Sistem transmisi optik mempunyai tiga komponen yang utama, yaitu media transmisi, sumbercahaya, dan detector. Sebagai media transmisi digunakan serat kaca yang sangat halus atau silica yang ter- fusi. Sumber cahaya dapat memanfaatkan light Emitting Diodeatau laser diodedimana keduanya memancarkan pulsa cahaya apabila diberi arus listrik.

33 Dasar Sistem Informasi33

34 Dasar Sistem Informasi34 Jaringan komputer 7.Keuntungan Jaringan Keuntungan utama yang langsung terasa dari network sharing itu adalah, Internet yang mendunia, karena pada hakikatnya Internet itu sendiri adalah serangkaian komputer (ribuan bahkan jutaan komputer) yang saling terhubung satu sama lain. Berevelusi dan berkembang dari waktu ke waktu, sehingga membentuk satu jaringan kompleks seperti yang kita rasakan sekarang ini. Keuntungan lain dilihat dari sisi internal network adalah : · Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.

35 Dasar Sistem Informasi35 Jaringan komputer · Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan. · Menghemat uang, Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.

36 Dasar Sistem Informasi36 Jaringan komputer · Hardware sharing, Bagi pakai hardware secara bersama-sama. Dengan adanya fasilitas jaringan kemudian menggunakan alat yang bernama printer server. maka sebuah printer laser berwarna yang mahal sekali harganya dapat dipakai secara bersama-sama oleh 10 orang pegawai. Begitu pula halnya dengan scanner, Plotter, dan alat-alat lainnya. · Keamanan dan pengaturan data, komputer dalam sebuah lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data kantor yang paling penting. Dari pada setiap departemen menjadi terpisah-pisah dan data-datanya tercecer dimana-mana. Data penting tersebut dapat di manage dalam sebuah server back end untuk kemudian di replikasi atau dibackup sesuai kebijakan perusahaan. Begitu pula seorang admin akan dapat mengontrol data-data penting tersebut agar dapat diakses atau di edit oleh orang-orang yang berhak saja.

37 Dasar Sistem Informasi37 Jaringan komputer · Ke-stabilan dan Peningkatan performa komputasi, Dalam kondisi tertentu, sebuah jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan performa keseluruhan dari aplikasi bisnis, dengan cara penugasan komputasi yang di distribusikan kepada beberapa komputer yang ada dalam jaringan.


Download ppt "1 Sistem Informasi & Komunikasi Komunikasi Data & Jaringan Komputer Program PAT S2 ELEKTRO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google