Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 4. Aspek Teknis Proyek. Aspek teknis meliputi proses pembangunan proyek bisnis secara teknik dan pengoperasiannya setelah proyek bisnis tersebut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 4. Aspek Teknis Proyek. Aspek teknis meliputi proses pembangunan proyek bisnis secara teknik dan pengoperasiannya setelah proyek bisnis tersebut."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 4. Aspek Teknis Proyek

2 Aspek teknis meliputi proses pembangunan proyek bisnis secara teknik dan pengoperasiannya setelah proyek bisnis tersebut selesai, sehingga diketahui rancangan awal biaya investasi dan eksploitasinya. Lokasi Proyek : - Lokasi dan lahan pabrik untuk kegiatan proses produksi - Lokasi untuk bukan pabrik seperti bangunan administrasi perkantoran & pemasaran Beberapa variabel yang dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi : tersedianya bahan mentah, letak pasar sasaran, tenaga listrik dan air, tenaga kerja, fasilitas transportasi, hukum/peraturan daerah, iklim, sikap masyarakat, rencana kedepan dsb. Luas Produksi : - jumlah produk yang seharusnya diprodusir untuk mencapai keuntungan yang optimal - penentuan kombinasi dari berbagai macam produk yang dihasilkan untuk mencapai keuntungan yang optimal

3 Beberapa faktor yang diperhatikan dalam penentuan luas produksi : batasan permintaan, kapasitas yang dibutuhkan, jumlah dan kemampuan tenaga kerja, kemampuan finansial dan manajemen, kemungkinan terjadinya perubahan teknologi produksi. Lay Out : - merupakan keseluruhan proses penentuan bentuk dan penenpatan fasilitas. - mencakup lay out : site, pabrik, bangunan bukan pabrik dan fasilitas. Tipe Lay Out Pabrik : - fungsional/process : mesin dan peralatan yang mempunyai fungsi yang sama dikelompokkan dan ditempatkan dalam suatu tempat tertentu. (proses produksi intermitten berdasarkan pesanan). - produk/garis :mesin dan peralatan disusun berdasarkan urutan dari operasi proses pembuatan produk (produk massa) Kriteria Evaluasi Lay Out Pabrik : Konsisten dengan teknologi produksi, proses produksi lancar, ruang yang optimal, mudah menyesuaikan jika ada perubahan/ekspansi, minimisasi biaya produksi serta adanya jaminan keselamatan tenaga kerja.

4 Pertimbangan untuk lay out site : mempunyai arus searah, mengurangi arus menyimpang, departemen pembantu dan workshop disituasikan secara fungsional terhadap bangunan pabrik utama. Pemilihan jenis teknologi dan equipment Patokan umum dalam menentukan teknologi adalah seberapa jauh derajat mekanisasi yang diinginkan dan manfaat ekonomi yang diharapkan, penggunaan potensi lokal serta kesesuaian dengan sosial budaya. Pemilihan equipment dipengaruhi oleh proses produksi yang dipakai, derajat mekanisasi dan luas produksi yang ditetapkan.

5 Alat Analisis Aspek Teknis 1. Penentuan Lokasi Pabrik dapat dilakukan dengan : a. Metode Kualitatif Penilaian Alternatif Lokasi b. Metode Transportasi : North West Corner / steping stone method, MODI (Modified Distribution Method), VAM (vogel’s aproximation method). c. Metode Analisa Biaya 2. Penentuan Luas Produksi dapat dilakukan dengan metode : a. Pendekatan Konsep Marginal Cost dan Marginal Revenue b. Pendekatan Break Event Point c. Metode Linear Programing 3. Layout Pabrik dapat dilakukan dengan model : Process layout, product layout, group layout dan fixed position layout.


Download ppt "Pertemuan 4. Aspek Teknis Proyek. Aspek teknis meliputi proses pembangunan proyek bisnis secara teknik dan pengoperasiannya setelah proyek bisnis tersebut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google