Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Anatomi Ikan Bawal dan Observasi ikan Oleh : Zakiyatul Farida 115080601111019.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Anatomi Ikan Bawal dan Observasi ikan Oleh : Zakiyatul Farida 115080601111019."— Transcript presentasi:

1 Anatomi Ikan Bawal dan Observasi ikan Oleh : Zakiyatul Farida

2 Klasifikasi: Filum :Cordata Subfilum : Vertebrat Kelas :Pisces Order :Perciformes Famili :Stromatidae Genus :Parastromateus Spesies : Parastromateus niger Memiliki ciri umum, bentuk tubuh pipih, terdapat jari keras pada P,C,D,A,V, badan tinggi menyerupai ketupat, warna hitam silver dan habitat di air laut dan air tawar, termasuk ikan Omnivora.

3 MORFOMETRI 1. Terdapat Sirip dimana sebagai berikut : a. D. I.X.4d. V.II.V.6 b. C.III.xii.3e. P.II.iii.10 c. A.I.xii.9 2. Ciri Khususnya mempunyai tubuh Compressed.

4 3. Letak Mulut Terminal 4. Bentuk ekor Emarginate dan Type Diphycercal a.b. 5. Sisik Cycloid

5 6. Total Pada Line Lateralis 101 dan Pada Line Tranversalis2, Letak Gigi Rahang atas dan Bawah dan type Gigi Canine Tooth. 8. Bentuk Tutup Insang - Preoperculum - Interoperculum - Suboperculum

6 Anatomi 1.Sistem Pencernaan Pada ikan Bawal ini makanan dicerna melalui mulut Disalurkan ke Usus dengan diatur oleh bagian Pyloric Kemudian akan dikeluarkan melalui Anus ( Nurul,2011).

7 2. Sistem pada Urogenital tidak terlihat. 3. Gelembung Renang Gelembung Renang. 4.Organ Kepala a. Otak Ikan - Telecephalon - Diencephalon - Mesencephalon - Metencephalon - Mytencephalon

8 b. Lembar Insang dan Bagian – Bagiannya. Gills filamen Gills Arch Gills Rackres c. Alat Pernafasan Tambahan. e. Jantung

9 Sistem Pernafasannya Sistem pernafasan ikan bawal menggunakan insang seperti ikan pada umumnya, Pertukaran gas CO2 dan O2 terjadi secara difusi air masuk ke mulut dan terdorong ke arah insang O2 di serap oleh hemoglobin darah dan CO2 dikeluarkan, dan filamen insang selalu bergerak saat berenang akan bergerak lebih cepat ( Renta,2008). Sistem Peredaran Darah Pada ikan Bawal jantung terletak antara kepala dengan badan sebelah bawah, terdapat Sinus Venosus sebagai ruang penerima darah dari seluruh tubuh, ventrakel Ruang di depan antrium mempunyai dinding tebal dan selalu berdenyut memompa darah keseluruh tubuh yang dilengkapi dengan katup.

10 Mioseptum 5. Otot. a. Otot Dibawah Kulit Ekor Miomer b. Otot perut

11 6. Sitem Rangka Sistem Rangka Rangka ikan bawal kuat dan membentuk tubuh yang pipih sama dengan ikan tulang rawan lainnya, sehingga memiliki bentuk yang istimewa seperti ketupat dan digemari banyak masyarakat.

12 TPI Brondong Kab.Lamongan Tgl 11 April 2012 Nama Lokal : Ikan Pe Nama Latin : Rajiformes

13 Nama Lokal : Ikan Karang Nama Latin : Pomancanthus annularis

14 Ikan Kuning Hero severum

15 Ikan Togek Siganus canaliculatus

16 Ikan Kakap Lutjanus camphecanus

17 TERIMA KASIH


Download ppt "Anatomi Ikan Bawal dan Observasi ikan Oleh : Zakiyatul Farida 115080601111019."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google