Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ngalestariang tur Ngawerdiyang Budaya Bali Meningkatkan Kwalitas Remaja Tegallinggah Menguasai Kearifan Lokal Om Swastyastu PURA TEGALWANGI Pasraman Remaja.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ngalestariang tur Ngawerdiyang Budaya Bali Meningkatkan Kwalitas Remaja Tegallinggah Menguasai Kearifan Lokal Om Swastyastu PURA TEGALWANGI Pasraman Remaja."— Transcript presentasi:

1

2 Ngalestariang tur Ngawerdiyang Budaya Bali Meningkatkan Kwalitas Remaja Tegallinggah Menguasai Kearifan Lokal Om Swastyastu PURA TEGALWANGI Pasraman Remaja Desa Pakraman Tegallinggah Nara Sumber: I Nyoman Sedana Guru Besar Tetap ISI Denpasar Visiting International Theatre Artist Butler University IIAS Affiliated Fellowship, Netherlands ASIA Fellow 2005, Research Fellow ARI NUS 2007/8 14 Januari 2012

3 1.Mikukuhin tur ngrajegang Sanghyang Agama; 2.Nginggilang tata prawertining magama; 3.Nincapang kasukertan pawongane sekala lan niskala; 7- 8:30 pm 8:40-9:40 pm Deklarasikan apa rencana kegiatan budaya anda (para remaja) yang dapat merevitalisasi adat-istiadat Desa Pakraman Tegallinggah secara nyata??? Patitis Desa Adat Tegallinggah

4 Agenda menuju Pelestarian Nilai Budaya Bali 1.Pahami keunikan identitas budaya Bali 2.Ketahuilah Tantra, Yantra, Mudra, dan Mantra 3.Ingatlah Satyam Siwam Sundaram-nya Kesenian sbg wajah muka budaya kita 4.Cermati potensi budaya kita di forum intenasional 5.Tanggulangi kerawanan internal budaya kita 6.Waspadai era ketegangan universal 7.Revitalisasi budaya kita krn derasnya pengaruh asing

5 Identifikasi budaya Bali

6 Identifikasi budaya Bali Kuno PANCA KRAMANING PRAJA (KONSEP SISTEM KEPEMIMPINAN 5 P)

7 Budaya Bali masa kini PANCA KRAMANING PRAJA PAKRAMAN DESA juru/Aparat Pandita, ParaEmpu, GB

8 Sosial Budaya Kebudayaan Fisik Unsur & Sruktur Budaya Bahasa Teknologi Sistem Sosial Ekonomi Arsitektur Relegi/Agama Kesenian Sistem Nilai Budaya

9 Mantra Tatwa Mudra Yantra Wujud Kebudayaan Bali dari unsur Relegi Tatwa/filsafat: PancaSrada/Sila, Kepercayaan, norma, gagasan, aturan. Susila/Etika: tata perkawinan, kematian, kelahiran, sembahhyang Upacara/ritual: tempat suci, peralatan (pakaian, makanan) karya seni, sarana (bangunan, arsitektur, patung). Susila Upacara

10 Tantra: spiritual norms & practice – ritual forms Mudra Aktivitas penanganan (SUSILA: Trikaya Parisuda) Yantra Wujud ritual (PANCA YADNYA) Mantra Isi, makna, pikenoh, sasuduk, patitis (TATWA: Panca Srada)

11 Yang paling relevan dlm ritual Desa Pakraman: L ontar Siwagama: Para Dewa menjadi seniman untuk menetralisir butha kala memasuki jiwa mahluk hidup yang nyaris menghancurkan dunia. Kerusuhan tidak dilenyapkan dengan “pendekatan keamanan” melainkan Purwaning Kalangwan (puncak capaian rasa indah dan logika). Lontar Usana Bali: Widyadara/i, Gandarwa, bermain Gamelan, Baris dan Rejang. Jabaran tatwa-tawa Panca Srada tersurat dlm lontar2 Ini terlihat sbg jawaban mengapa seni selalu digelar untuk setiap yadnya, odalan, dan hiburan.

12 TRI KAYA PARISUDHA: Kayika Wacika Manahcita PANCA YAMA BRATA: Ahimsa, Brahmacari, Satya,Awyawahara tulus, Asteya tak mencuri PANCA NIYAMA BRATA: Akrodha, Guru Susrusa hormat pd guru, Sauca suci lahir bathin, Aharalaghawa pengaturan makan minum, Apramada DASA YAMA BRATA: Anresangsya /Arimbawa – no selfish, Ksama, Satya, Ahimsa, Dama menasehati diri, Arjawa jujur mempertahankan kebenaran, Priti cinta kasih, Prasada berpikir/hati suci tanpa pamrih, Madurya ramah tamah/halus, Mardhawa humble DASA NIYAMA BRATA: Dhana, Ijya takwa, Tapa, Dhyana berpusat ke Widhi, Upasthanigraha kendali nafsu, Swadhyaya tekun pd ajaran suci, Bratha, Upawasa, Mona, Snana menyucikan diri dan sembahyang. SUSILA: NILAI DASAR BUDHI PEKERTHI Terekam secara menumnetal dlm karya seni, terutama wayang

13 Konsep budaya humanisme Satya Darma Bakti Ahimsa

14 Contoh keterkaitan nilai budaya dalam ranah Tatwa-Susila-Upacara: Manifestasi budaya dlm Ilmu dan Seni Pewayangan Dalang sebagai jembatan alam sekala dgn niskala

15 Dalang sebagai jembatan alam sekala dengan niskala Dlm ritual religious Sapuhleger Air biasa Nawa Ratna Tirta Lewat pagelaran wayang, dalang komuniasi dgn para Dewa di alam spiritual unt mentransformasi kan air biasa di alam sekala menjadi TIRTA dari alam niskala untuk meruat orang di alam profan

16 Domain Jagat Seni, khususnya Pewayangan SENI, ILMU Filsafat: saytam siwam sundaram HIBURAN Kepercayaan HUMANISME UPACARA TEATER

17 Wujud upakara: Panca Tirta Pangruwatan Somyang aji yadnya lan ilen-ilen Unduk Kadyatmikan: Buta-kala ngoda manusa Tantra= Unduk Kadyatmikan : 1.Yantra= Wujud bentuk 2.Mudra= Penanganan 3.Mantra= puja/i dan doa sarana

18 Triangle altar Meru 3-stories Offerings on the Dalang’s side Similar altar used for wayang Ritualforms

19 PertemuanNYA dgn Dewi Durga menghasilkan buha kala Merindukan Dewi Parwati, Hyang Siwa transformasi menjadi Kala Rudra. SOMYA RUPA ISWARA= Dalang Sanghyang Trisemaya Tantra: Mitologi Siwagama BRAHMA WISNU= Katengkon g Caturlokapala = juru gender Seniman

20 Kasinuhun Kidul grants Kala a privilege of devouring mankind: all those born within the week of wayang, walking during the sun reaches its zenith, quarrelling at sunset, and roaming about during dusk. Two sons of God Shiva: Sanghyang Adi Kala and Rare Kumara Kala comes and devours puppet offering. Dalang sue Kala unable to return the prescribed offering Since Kumara is born on wayang week, Kala will devour him. Kumara escapes to seek refuge to the Middle world Tantra 2: Mitologi Kala Purana Kala authorizes dalang to purify people with Tirta Penyapuhleger (destroying defilement, sin, and impurity) or Tirta Panyudamalan (cleaning bodily blemish and deformities). Evils shall be exorcized by the Tirta Panglukatan of Dalang priest. Dalang takes Kumara and put him into the hollow of bamboo tube resonator

21 Detya Darika Membuat terror Dewa Brahma God Siva Dewa & Rsi Tantra3: Mitos Wayang Tolpavakoothu India DEVI BHADRAKALI/ BHAGAWATI Menggunakan senjata Nawasanga mengalahkan Hyang Siva jadi Dalang TOLPAWAKOOTHU Asurastri

22 Mantra and Mudra—dari 30 langkah pembuatan tirtan wayang—coba cermati langkah 6 dgn mantra: Ong gunung mas apucak manik akrikil nawa ratna, inapungan ing naga patra, ingaranan Sanghyang Merti Tita Kamandalu, maka uriping watek Nawa Sanga, maka patirtan ira Sang Pandita Ratu, anglukata anglebura sakwehing lara wigna, jadma manusa ing madya pada wenang anglebur gering kabeh lupa lelep arip, purna sewu satusing papa klesa lara roga lara wigna, kalukatakna upataning bapa ibu kaki nini buyut. Om lukat, lukat, lukat. Om awignamastu swaha. Meaning: OM the golden mountain with a jewel as its summit, and, the nine pearls serve as the gravel, encircled by an ornament (finger ring) consisting of naga snakes, called the Divine Ambrosia Kamandalu, the Life Force of the Nine Gods, the Holy Water of the Kings of Priests. May it exorcize all suffering and hindrances afflicting mankind in the Middle World. May it remove all illnesses, failures of memory, tiredness of the eyes and of the mind. May they are freed from 1100 evils and illnesses. May it undo the effects of the curses of parents, of grand parents, and of great grand parents. OM Exorcize, Exorcize, Exorcize!). I then drop the petal into the water in the beaker.

23 Gaguritan Sucita-Subudi: Jenek ring meru sarira Kastawa hyang maha suci Mapuspa padma hredaya Megenta swaraning sepi Maganda tisning budhi Malepana sila ayu (seating place or offering?) Mawija menget prakasa (memory as the best eye?) Kukusing sadripu dadi (power by controlling internal enemy?) Dupan ipun, Madipa idepe galang Agama tersukar: prilaku Makna, fungsi, nilai, doktrin relegi dlm Topeng

24 TEKS DAN KONTEKS SASTRA and ESTETIKA TOPENG SIDHA KARYA Riwijilira Dalem Sidhakarya apan tinuhur de ….bipraya mascataken kunang karya Yata nimitanian tumedung bepraya anodya ikang karya. Sloka: Om werdhi ayu werdhi, werdhi pradnya… Apan yeki dewasa ayu sadinaning mangke sira anamtam ikang yadnya.

25 Pakulun Sanghyang Triodasasaksi minakadi Sanghyang Pancamahabhuta: apah teja bayu akasa pertiwi. Apan paduka Bhatara makasaksining jagat kabeh, pinaka uripning bhur bwah swah prakirna. Pasang tabe Ki Mangku Sidhakayra angaturaken Tebasan Sidhakarya, Canang Pangrawos, Tirta Anyar, Segehan, lamakane sudha-sidha-sidhi ikang yadnya.

26 Mogi-mogi paduka Bhatara asung kertalugraha angaweh dirgahayu, dirgayusa, nirwignam sukawerdi sakeng mangke lan kawekasan, kateka tekeng sakula gotra sentana presama, lamakne menget akadang amitra, tan arebat atukar asesanak. Menawa ta kirang langkung aturan patik paduka Bharata nunas geng pangampura. Ayua paduka Bharata mamigraha maweh lara. Yeki hana catur wija, pancataru, lan jinah bolong maka pamogpog.

27 Mogi-mogi butha atemahan dewa, dewa mawehaken dirgahayu lawan manusanira kabeh, tan ketamaning lara roga bencana. Kedep sidi mandi mantranku. “Om dirgahayur nirwignam sukawerdi nugrahakem.”

28 PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK DLM SASTRA Telaga di kupa, sura yadnya, jana yasa kasor tekapnia ri suta kerti ring jagat Telaga di kupa = Sura yadnya = Jana yasa = Kasor tekapnia ri suta kerti ring jagat = semua kalah diandingkan Suta Kerti

29 NILAI SUPUTRA DLM SASTRA The significant of Precious Child Recited in Sinom poetry: Kotaman putra suputra = the role of precious child Ngawe werdianing bumi = to create world prosperity Wenang atulung kadanga = to provide charity for relatives Yadnya satus kasor dening = 100 yadnya is lower than Kotaman putra sawiji = the significance of one precious child Kadi wreksa wandiragung = he is like [the 02 of] banyan tree Pada tresna sih umulat = all love to see or to be around it Apan pinatyeng Widhi = as it’s a fate Wong suputra unggul ring sameng tumitah = the precious child is best among all creatures.

30 Suputra analog dgn pencerahan : 1.Sanghyang Candra Tranggana maka dipa mamadanga ri kalaning wengi = moon and stars illuminate us in the evening 2.Sanghyang surya sedeng prabasa makadipa mamadangi ri bumi mandala = Sun light us in the day 3.Widya sastra sudharma dipanikang tribuana sumena praba swara = knowledge and wisdom clear our journey in the three worlds. 4.Yang ring putra, Suputra sadu gunawan maka dipa mamadangi kulawandu wandawa = of the children, a precious child is a light to illuminate the entire family.

31 UNTUK APA MELESTARIKAN BUDAYA? APA KITA BISA HIDUP DARI HASIL BUDAYA?? Pentingnya peranan budaya: Sumber kebahagiaan dan pengayaan hidup manusia yang membentuk perspektif sejarah, cara hidup, dan identitas.

32 Jembatan penghubung antar bangsa & negara, menstimulasi dialog antara budaya dan agama, meningkatkan saling pengertian, numbuhkan toleransi thd keragaman budaya, belajar hidup bersama di MIT Boston, di London, dll. Mahasiswa/i belajar Gamelan,Tari Cak, Wayang, Topeng, di Inggris

33 Mahasiswa/i belajar wayang di Bulgaria th 2005

34 Mengem bangkan Menunjang Revitalisasi Industri Parwisata & Kerajinan Kepuasan Batin Partisipasi aktif Kepuasan Material Model Ideal Interaksi Budaya dan Industri Pariwisata & Kerajinan serta dampaknya bagi masyarakat Bali Orang Bali Kebudayaan

35 Bondres Brahmana Sangkya maseselan di desa Sida Krya: Tingkahing dadi manusa Mentik digumine kali Nora arta tanpa bawa Nyen sela nganggon tamiu Bilih kanggeh ngaba mala Salah tampi Patute kat anggon pelih SADURUNG NGELANTUR INDIK wimbaning urip sarwa nyungsang ISTIRAHAT DUMUN 10 MENIT NGGIH!?

36 Teori Marxist Dasar semua budaya adalah ekonomi yang mengatur ideologi dan politik 3 klompok masyarakat Ekonomi Bangkit/ Emergence IpoleksosabudS Dominan Jatuh/ Resedual TINGKAHING DADI MANUSA MENTIK DIGUMINE KALI

37 Budaya dlm Psikoanalisa Sigmund Freud: Alam bawah sadar mengorganisir Kebudayaan Psikologi manusia meliputi: [conscious-unconscious], [super ego- ego-id] and is gendered.

38 PERBEDAAN SISTEM NILAI Alam semesta sbg objek manusia ditaklukkan Alam semesta sebagai bagian hidup disinergikan Basis organisasi klompok2 sosial yang serupa Basis organisasi keluarga Hubungan sosial bersifat individu Interaksi Sosial bersifat komunal Orientasi kerjaOrientasi Kekuasaan Barat Timur

39 Revitalisasi budaya krn derasnya pengaruh asing LIHAT PETA MULTIKULTUR Dari cengraman kolonial hingga kekuasaan neo- kapitalis sekarang: Teknologi, Perdangan, Pariwisata Wayang Punakawan, Taksu, Padma, tumpek wyayang Epos India, pengaruh China, Doktrin Hindu Buda, Arab, Kolonial, dan papriwisata budaya. Peninggalan Pra-Hindu: Subak, Sastra Bali, Agama Tirta, Pura gunung- penataran-segara, Kwangen, mapandes, nyepi, tumpek krulut, andang, Cak/ Sanghyang, TrihitaK, Banjar Adat, DasanamaK, Wayan, Made, Nyoman, Ketut, Budha: Sriwijaya Hindu: Majapahit

40 Gerak Kebudayaan Bom Netron, Nuklir power, Euthanasia, Cloning, weapons of mass-destruction. Albert Einstein sedih! KONYOL apa SESAT?? Terjerat dlm kondisi stagnan: Memuja budaya asing idikasi lemahnya ketahanan budaya kita Historicity: Pengembangan budaya dlm rentang waktu masalalu-kini-masadepan. History: Kebudayaan sbg nostalgia belaka tanpa ketahanan internal Transmitter, superiorReceiver, inferior Ilmu, Tekno, Bhs, Seni, Sejarah,Sistem kepercayaan Berubah/ProgresifBertahan/Preservatif Digerakkan oleh dua daya yang bertentangan: Ketegangan Universal (The Global Trap, The 20:80 Society)

41 Kemampuan utk mencerna Perluasan pengetahuan Science-based, technology- driven elite group Etnologi Demokrasi, Moral, reformasi liberal Keamanan yang dipaksakan penguasa Pragmatic Criticism Objective Criticism Realistic, universalStylistic, individual Post-Structure, Deconstruction, realism Structure, Construction, romanticism, Modern, materialTradisi, spiritual Global, klompok, kualitas Lokal, pribadi, pemerataan Era Ketegangan Universal Re-evaluasi & Transformasi nilai

42 Cermati realitas diri kita: Kekuatan Peluang Kelemahan Tantangan/ancaman

43 BEBERAPA MASALAH ADAT, AGAMA, DAN BUDAYA BALI MASA KINI: Banyak orang Bali yg sudah pindah agama. Luas tanah Bali semakin menyusut: 60 : 3 are Kekuatan struktural (dulu raja, kini dollar pariwisata) memanfaatkan komunitas Hindu. Parpol: Simbol-simbol partai bisa masuk pura untuk dipasopati, memungkinkan ekspansi politik represif dan otoriter. Ini melahirkan: Sekularisasi/frofanisasi Banyak yg beranggapan bhw hanya Hindu yang menjadi nafas budaya Bali, padalah pluralisme dan multikuturalisme juga berperan besar.

44 Asing sudah menguasai aset pariwisata Bali lebih dari 85%, orang Bali menguasai kurang dari 15%. Derasnya pergeseran nilai akibat tourisme, terorisme, dan globalisasi. VOA disetorkan ke Jakarta, limbahnya di Bali. Hotels, restaurants, dan agen terkait pariwisata cendrung mengeskploitasi seniman dan produk seninya, tanpa aktif menyirami tumbuhan seni dan budaya potensi wisata itu. Para maesenas, kreditor, TV, dan badan pembina seni budaya, termasuk Pemda, Disbud, dan Listibya belum cukup selectif dalam menyensori group dan kegiatan seni yang positif. Remaja lebih cendrung nonton acara TV yang menstimulai kejahatan dan kekerasan, bahkan pornography di internet, dari pada menonton kesenian klasik spt wayang, ke museum.

45 Hasil Deplomasi Budaya Masa Kini: SOFT POWER DIPLOMACY 21 Maret 2010 di KBRI New Delhi, Bapak Dubes Andi Moh. Galib (memangku Dalang Cilik Bali yang masih berpakaian Baris) menilai misi seni budaya sebagai “pelaksana Soft Power Diplomacy”. Pasukan keamanan Pemerintah India selalu mengawal perjalanan misi kesenian Bali setiap pindah kota: Guwahati- Sillong PP, Agartala, Impal, Dimapur-Guwahati, hingga New Delhi.

46 Jangan sampai lenyap Kegiatan Budaya yang berpotensi besar merevitalisasi Eksistensi Desa Pakraman

47 Anak-anak SD belajar Wayang di Ohio, USA Kecak OU 2006

48 Paradigma umum bidang budaya Visi: Pembangunan yang berwawasan kebudayaan. Misi: menggali, memelihara, mengembangkan, menerapkan nilai-nilai budaya dlm seluruh aspek kehidupan dan pembangunan. Strategi: memberdayakan potensi budaya masyarakat, mensosialisasikan budaya kerja, disiplin, budaya malu, patriotik, jujur, menyediakan kelembagaan/institusi, sumberdaya dan teknologi untuk pengembangan budaya nasional. Pengembangan budaya oleh Adigotra Yowana Tegallinggah: Nilai budaya:…. Niatkan belajar dan bekerja sebagai ibadah dgn kesungguhan yg setinggi tingginya tdh peran sekecil apapun. Sosial budaya:…. 3R Produk/karya budaya:…. Terbaik atau minimal Kompetitif

49 Mikukuhin tur ngrajegang Sanghyang Agama lan Desa Pakraman: 1.Panglingsir parikrama programne………… 2.Yowana parikrama programne………… 3.Alit-alit parikrama programne………… Nginggilang tata prawertining magama lan Desa Pakraman: 1.Panglingsir parikrama programne………… 2.Yowana parikrama programne………… 3.Alit-alit parikrama programne………… Nincapang kasukertan pawongane sekala/niskala tur Desa Pakramane: 1.Panglingsir parikrama programne………… 2.Yowana parikrama programne………… 3.Alit-alit parikrama programne………… KAPAN INI MAU DIPROGRAM DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH??? 9:40 pm Program kegiatan remaja memperkuat adat-istiadat Desa Pakraman Tegallinggah:

50 Matur Suksma lan Astungkara Om Santi Santi Santi Om Wishing you all fabulous year of 2012 with many exciting achievements

51 He treats any one with great compassion; Pengembangan dan penguatan budaya The appearance of a wise and just king Sutasoma; This real humanist leader always wins without hurting ; To achieve the ultimate truth and peace; Dharma, the duty is practiced in his daily action; His soft power overcomes any badness, to establish non-violence society.

52 Thematic links underlying Asian ancestral deliverance Obon/Ochūge n Festival Ngaben- Nyilawati cremation Hungry Ghost Festival/ Qingming Ancestral Ceremony Mokurenki rescues his mother from Hades Bima rescues his parent from the hell Mulian rescues his mother from the underworld Myth/ Story Bonraku Mokurenki Wayang Kulit Bima Marionette Mulian Puppet show Japan IndonesiaChina Tantra

53 Five Components of Asian Ancestral Deliverance in Performative Format (1)Qualified living descendant to rescue the parent by transferring merits, (2)Causes and effects of karmic law as the driving force, (3)Puppet show with the story of ritual liberation, (4)Commemorating ancestor (Tangsan/Leluhur/Ibu) or parent soul/spirit (jiwatma) as the object, (5)Ceremony creating public awareness about spirit liberation.

54 Qualified man to rescue by transferring merits China Indonesia/ India Japan Puppet character MulianBimaMokurenki Suprame guru Goddess Guanyim Dewa Ruci, Vayu/God of wind Sakyamuni Buddha powerShoe and chansan tool Angkus prana: power to purify Super natural power

55 Causes and effects of karmic law as the driving force Good karma is more helpful than knowledge or even super natural power. Absolute law of karma makes no one is immune from the causes and effects of one own karma: In virtual reality puppet show formulates sins: 1.Mulian’s mother, Madame Liu, served dog meat 2.Bima’s father, Pandu, killed sage Kindama 3.Mokurenki’s mother: greed and self important. 4.Mokuren’s former life to kill his father that caused him to be killed badly by bandits

56 Puppet show presenting virtual reality of human liberation Chinese puppet show presenting the story of Mulian Jiu mu ji rescuing his mother from the under world; Indonesian puppet show enacting Bima goes to heaven (Bima Swarga) to rescue his parent from the Hades. Japanese puppet show presenting story of sekkyobushi play in which Mokurenki rescues his mother from hell

57 Commemorating ancestor Spirit (jiwatma) of Tangsan/Leluhur/Ibu 1.Hungry Ghost and Qingming festival in China 2.Ngaben and Nyilawati cremation for the dead in Bali. 3.O-bon and Ochūgen ancestor celebration in Japan. Contemporary extension of Asian traditional ethic of "universal love" Both in China and Bali: "Worldly fortunes belong to the 'five families' of flood, fire, the unfilial, the corrupt and thieves – it will not remain. Only merits will remain because nothing but karma remains after a person passes away."

58 ANEKA PERSOALAN YANG ACAP DIKRITISI: Maraknya kegiatan upacara di Bali tidak dibarengi pemahaman Tatwa dan implemetasi Susila. Padahal upacara adalah jalan alternatif, jalan pintas menuju intisari Hindu yaitu Yadnya yang diujudkan kedalam Catur Marga. Hipotesa: Karena oknum dianggap sbg penyebab masalah maka muncul harapan pada oknum baru. Setelah kepercayaannya diberikan penuh kepada oknum baru kini hipotesa itu sudah dianggap kandas. Perda Desa Pakraman yang dibuat oleh parlemen kepercayaan justru banyak kerancuan dan ambiguitas untuk dipakai pijakan menyusun awig-awig, yang substansinya dapat mengurangi perbuatan primordial dan feudal.

59 3. U U Otonomi Daerah No 22 th 1999: Perda Bali No 3, th 2001 mengenai Desa pakraman, Konsep Desa Adat diganti dengan Desa Pakraman. Dari sebuah komunitas moral Desa Adat menjadi sistem sosial yang utuh berkoalisi dan disubordinasi oleh “negara besar” melalui hegemoni kekuasaan dan desa dinas. Desa dinas sbg kepanjangan tangan dari struktur politik diatasnya masih menguasai seluruh kramadesa untuk pemilu, KB, imunisasi, mobilisasi masa. Penggunaan fasilitas desa adat, negara menggunakan hegemoni adat untuk mencapai tujuannya spt yang dilakukan kolonial. Tidak ada kekuatan yang bisa mencegah ambisi koalisi kekuasaan politik dan ekonomi untuk mengalihfungsikan tanah, shg kerusakan lingkungan, budaya, dan tata ruang tiada akhir. Disamping itu masih marak perseteruan antar warga, arogansi pacalang, warga yang pindah agama, pengucilan, dll. Semangat reformasi dari klompok romantis bercita-cita mengembalikan Desa Adat ke formasi otonum semula, namun tidak jelas periode kapan. Bagaimana kalau adat dan tradisi bukan kembali dengan wajah lama melainkan dengan “keangkuhan” baru?

60 Awig-awig, Desa adat dan dinas, Subak. Awig-awig, dengan argumentasi melestarikan budaya Bali, mengikat kaki warganya dengan berbagai hegemoni adat. Prinsip-prinsip yang digunakan kebanyakan berdasarkan suryak siu dari pada ajaran agama. Indikasi sikap primordial orang Bali: Tidak banyak menonton kesenian asing di PKB, Pengerusakan pontoon Quicksilver oleh warga Toyapakeh Nusa Penida. Toleransi agama mencemaskan masyarakat: Meningkatnya jumlah mesjid mencapai diatas 100% meningkatnya jumlah komunitas Kristen. Eksploitasi ekonomi pada pendatang, ditingkat atas dan bawah: 1000 pulau menjadi 1000 ruko; dominasi politik pusat, melalui kantor sipil dan militer; aparat membeking pendatang yang merusak keamanan. Pelecehan simbul-simbul agama: Canang masesari bola golf, Videoklip klompok music Saigon Kick menari di atas puncak meru, penggunaan nama Awatara Rama dan Kresna untuk merk sepeda motor, kasus AM Saeffudin, tato ongkara dipusar gadis model seksi yang dimuat pada sampul majalah Liberty tgl. 1 Sep 03, ketegangan antara moralitas dan liberalisme yang sampai pd tingkat anarki. Persepsi dilematik thd adat dan tradisi: Sebagai kearifan lokal VS penghambat pembangunan Penyeselaian masalah secara kekeluargaan menghambat suprimasi hukum

61 Manakah diantara saran berikut yang perlu bagi penanggulangan masalah budaya kita? 1.Etika sosial yang diagendakan oleh semua agama di dunia harus dipacu untuk mengimbangi maraknya kegiatan ritual. Hindari agama hanya menjadi kegiatan ritual yang monoton. 2.Kemajuan intlektual harus seimbang dengan spiritual: Kini kemajuan pikir (selain mengagumkan) mereduksi pola agung kehidupan menjadi pertunjukan dangkal, bahkan terkadang tragis. VS Para petani sederhana yang buta huruf hidup sangat menghibakan, meskipun masih memiliki mutual respect, solidaritas sosial.

62 SARAN & AJAKAN 1.Atas opini umum menurunnya mutu kesenian, masyarakat jangan hanya menyalahkan seniman, tetapi harus berperan aktif membawa anak-anaknya kepada jenis hiburan yang sehat dan edukatif. Batasi anak-anaknya. 2.Bersama-sama para pakar cendekwawan seni Bali, kita jangan hanya berkutat mengenai persoalan konsep estetika dan teknis pertunjukan, melainkan harus selektif merancang dan menerapkan pengembangan kesenian yang berbasis kemajuan adab dan lango demi pemberdayaan budi. 3.Bacakan beberapa bait ajaran dari Tatwa Hindu pengawali setiap pertemuan adat. 4.Yadnya tidak selalu lewat upacara melainkan dimaknai sebagai korban suci melalui Catur Marga. 5.Upacara boleh dikelola baik dengan sistem kekerabatan ataupun adat.

63 Paradigma umum bidang budaya Visi: Pembangunan yang berwawasan kebudayaan. Misi: menggali, memelihara, mengembangkan, menerapkan nilai-nilai budaya dlm seluruh aspek kehidupan dan pembangunan. Strategi: memberdayakan potensi budaya masyarakat, mensosialisasikan budaya kerja, disiplin, budaya malu, patriotik, jujur, menyediakan kelembagaan/institusi, sumberdaya dan teknologi untuk pengembangan budaya nasional. Pengembangan budaya yang ideal: Kebijakan pengembangan budaya yang berwawasan global Pendidikan budaya yang terarah dan terencana dlm bentuk kebijakan sektoral, pemantapan posisi budaya sebagai subjek dan objek pembangunan di berbagai sektor, kebijakan budaya yang berakar pada budaya lokal. Pengebangan kurikulum budaya tradisional dimasukkan dlm sistem pendidikan formal. Menghargai hal azazi manusia

64 Sifat Kebudayaan Shared Adaptif Flexible Integratif Combinable Learnable and required learning Demanding: Adat dan hukum Super organik budaya ada di luar individu Changable

65 Hakikat Kebudayaan: Heritage, Non Biology Filling the basic need of individu and community Governing the need of personal and collective Fluctuating perception according to the recent condition Balancing individual and group, just.

66 Integrasi Kebudayaan: Pola Kebudayaan, interconnected pattern Fungsi Bdy: guna keris, manfaat keris, nilai keris Fokus Bdy: di Bali keseniannya Orientasi Bdy: tujuan cita-cita spt ajeg Bali Etos/spirit/jiwa Bdy: attempting to be the best

67 Perubahan Kebudayaan: Proses internalisasi Sosialisasi Enkulturasi Evolusi Defusi Akulturasi Asimilasi Inovasi Invensi Collaborasi

68 EQUAL GLOBAL RELATIONS WORLD PEACE JOURNEY Balance Equality Wise & Just Creative Arts toward Soft Power Diplomacy Arts as weapon Cross-Cultural Collaborative Performances Joint research, workshop, academic exploration Humanism and Multiculturalism through Multi aesthetic experimentation Santi loka/bwana dwipa World Culture Frum: Sarasehan, Exhibition, dan Collaborations.

69 Peran penting budaya Dunia tanpa batas (topos), secaptnya langkah perubahan dunia (chronos) dan kompleksnya pikiran masyarakat dunia yang mendekati tujuh milyar manusia (logos) membukan kehidupan dan budaya pada berbagai peluang dan tantangan. Budaya sebagai modus adaptasi, dasar bagi identitas, dan membawakan gaya hidup kreatif terus-menerus mengalami transformasi, revitalisasi, isu-isu, dan masalah yang banyak Diantaranya yang paling mendasar adalah paradoxnya kebudayaan yang meliputi konflik ideologi dan nilai beserta pertentangan peradaban. Kedua, degradasi kultural yang meliputi krisis identitas, moral dekadensi, kurangnya kreativitas murni juga menjadi tantangan. Ketiga, muncul anomali budaya, membentuk keterasingan sosial, disintegrasi, dan dehumanisasi.

70 Bhineka Tunggal Ika VS Boneka Peninggalan Nica Melayani dgn senyum adalah ibadah 2.Pendidikan Investasi Masa Depan 3.Bangun identitas nasional dengan belajar cerdas 4.Kebersihan adalah bagian dari iman 5.Karakter yang sehat adalah harta kekayaan terbesar yang kita miliki 6.Jika anda mengakui sbg warga negara Indonesia, jadilah tuan di negeri sendiri 7.Niatkan belajar dan bekerja sebagai ibadah 8.Cendekiawan mandiri bernurani 9.Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimanapun


Download ppt "Ngalestariang tur Ngawerdiyang Budaya Bali Meningkatkan Kwalitas Remaja Tegallinggah Menguasai Kearifan Lokal Om Swastyastu PURA TEGALWANGI Pasraman Remaja."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google