Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BENUA AFRIKA Nadya Sulistia Bq. Lina Nistina N. Rifqi Ardian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BENUA AFRIKA Nadya Sulistia Bq. Lina Nistina N. Rifqi Ardian."— Transcript presentasi:

1 BENUA AFRIKA Nadya Sulistia Bq. Lina Nistina N. Rifqi Ardian

2 Peta Benua Afrika

3 Pembagian wilayah benua Afrika: Afrika utara : maroko, sahara barat, aljazair, tunisia, mesir, dan sudan. Afrika selatan : namibia, botswana, afrika selatan, lesotho, dan swaziland. Afrika barat : senegal, cape verde, guinea, guinea bissau, gambia, sierra lone, liberia, pantai gading, ghana, togo, benin, nigeria, mauritania, mali, burkina paso, dan niger. Afrika timur : eritrea, etiopia, somalia, uganda, kenya, jibuti, reunion, seychelles, tanzania, rwanda, komori, burundi, malagasi, mozambik, mauritius, zambia, dan zimbabwe. Afrika tengah : chad, afrika tengah, guinea equatorial, gabon, kongo, sao tome dan principle, zaire (republik demokrasi kongo), serta angola.

4 Afrika disebut “Benua Hitam” -Sebuah istilah yang sebetulnya biasanya dimaksudkan untuk menyebut wilayah Sub- Sahara. -Penduduk di Benua Afrika terdiri atas bangsa,Negro (penduduk asli), Hamit,Semit, Eropa,orang kerdil (Bushmen, Hotentot, dan Pygmi). - Pemakaian istilah ini sebagian disebabkan oleh warna kulit penduduk pribumi di sana -Sebagian lagi terutama disebabkan oleh karena benua itu belum sepenuhnya dipetakan atau dijelajahi oleh orang-orang Barat. -Benua Afrika juga disebut benua koloni karena hampir semua negara di benua ini pernah di jajah.

5 Afrika Benua Termiskin di Dunia Afrika Sub-Sahara adalah wilayah termiskin di dunia, yang diakibatkan oleh: -warisan penjajahan kolonial, neokolonialisme, konflik antar-etnis, dan perselisihan politik. -warisan penjajahan kolonial, neokolonialisme, konflik antar-etnis, dan perselisihan politik. -iklimnya yang kering sehingga tidak mungkin untuk bercocok tanam di sana. -kerap mengalami bencana, mulai dari kelaparan hingga konflik berkepanjangan, baik yang berupa pemberontakan maupun perang saudara. Berikut daftar Negara termiskin di dunia yang didominasi oleh Negara di benua Afrika:

6

7 1. Republik Kongo (Afrika Tengah) – $300 (GDP Per Kapitta) -Pada tahun 2010, diperkirakan setidaknya orang di Kongo tewas setiap bulannya. -Republik Kongo juga dikenal sebagai salah satu tempat terakhir di bumi yang memiliki suku kanibal. -Kongo memiliki tingkat pemerkosaan paling tinggi dalam setahun. Warga setempat percaya bahwa “tidur” dengan seorang gadis perawan akan menyembuhkan AIDS.

8 2. Burundi (Afrika Timur) – $300 (GDP Per Kapita) Burundi sangat miskin dikarenakan: -perang sipil yang abadi -korupsi -akses masyarakat miskin terhadap pendidikan -persentase yang tinggi dari HIV dan AIDS -Sekitar 80% dari penduduknya hidup dalam garis kemiskinan

9 Afrika sebagai Penghasil Berlian Terbesar Dunia Benua afrika (khususnya Afrika Selatan) memiliki barang tambang yang berlimpah dengan hasil utamanya, antara lain: -intan yang memasok 98% dari hasil dunia, -emas (35%) -mangan (25%) -tembaga (20%) -minyak bumi yang banyak terdapat di afrika utara dan afrika barat utara dan afrika barat.

10 Afrika adalah benua penghasil berlian sebanyak 50% dari produksi global. Angola dan Botswana (Afrika Selatan) merupakan negara pemasok berlian terbesar di benua Afrika.

11 Contoh Berlian Dari Afrika -THE CULLINAN - $ 400 JUTA (Sekitar 3,9 Triliun Rupiah) -Ditemukan di tambang Premier Afrika Selatan -Dengan berat 3.106,75 carat (621,35 gram).

12 DE BEERS CENTENARY DIAMOND - $ 100 Juta (Sekitar 970 Miliar Rupiah) -Ditemukan di Tambang Premier (Tambang Premier adalah tambang yang terletak di Kota Cullinan, Afrika Selatan). -54,88 gram 273,85 carat yang membuatnya berlian terbesar ketiga yang pernah -Berlian ini memiliki tingkat Berlian D, (yang dimana merupakan tingkatan tertinggi untuk berlian tidak bewarna )

13 Afrika Sumber Penyakit HIV AIDS Dua per tiga (26 juta dari 40 juta) dari penduduk dunia dengan HIV/AIDS hidup di Sub-Sahara Afrika. Botswana adalah negara dengan tingkat rata-rata infeksi AIDS tertinggi di dunia yaitu 22%. Jumlah orang di sub-Sahara Afrika yang terinfeksi HIV tiap hari jiwa sedangkan jumlah yang meninggal karena AIDS setiap hari jiwa. Jumlah orang Afrika Selatan yang positif HIV 5,3 juta, lebih banyak daripada negara manapun di dunia. Persentase perempuan hamil di Afrika Selatan yang positif HIV pada ,9%.

14 Kenampakan Alam Afrika Mempunyai gunung api tertinggi di dunia yaitu gunung kilimanjaro (5.895 m) di Tanzania

15 Mempunyai gurun terluas di dunia yaitu gurun Sahara

16 Mempunyai sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil (6.690 m) di Mesir

17 Satu- satunya benua yang dilintasi garis khatulistiwa,garis balik selatan dan utara Mempunyai piramida di Mesir

18 THANK YOU


Download ppt "BENUA AFRIKA Nadya Sulistia Bq. Lina Nistina N. Rifqi Ardian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google