Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LARUTAN ELEKTROLIT OLEH SUYADI,SPd KELAS X SMT 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LARUTAN ELEKTROLIT OLEH SUYADI,SPd KELAS X SMT 2."— Transcript presentasi:

1 LARUTAN ELEKTROLIT OLEH SUYADI,SPd KELAS X SMT 2

2  STANDAR KOMPETENSI: 3. Mendeskripsikan sifat-sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya  KOMPETENSI DASAR : 3.1. Menyelidiki daya hantar listrik berbagai larutan untuk membedakan larutan elektrolit dan non elektrolit  INDIKATOR 1.Menyimpulkan gejala-gejala hantaran arus listrik dalam barbagai larutan berdasarkan hasil dalam barbagai larutan berdasarkan hasil pengamatan pengamatan 2.Mengelompokkan larutan kedalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan hantaran listriknya. dan non elektrolit berdasarkan hantaran listriknya. 3.Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrikMenjelaskan bahwa larutan elektrolit menghantarkan arus listrikMenjelaskan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar. dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.

3  Daya hantar listrik suatu zat secara sederhana dapat diuji dengan perangkat uji elektrolit. Ciri- ciri daya hantar listrik larutan: 1. Elektrolit kuat : gelembung gas banyak dan nyala lampu terang dan nyala lampu terang 2. Elektrolit lemah : ada gelembung gas, dan nyala lampu redup atau tidak nyala. nyala lampu redup atau tidak nyala. 3. Non elektrolit : tidak ada gelembung gas ataupun nyala lampu gas ataupun nyala lampu

4 LEMBAR KOMPETENSI Tujuan: Menyelidiki daya hantar listrik berbagai larutan untuk membedakan larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah dan non elektrolit. Larutan adalah campuran yang homogen antara zat terlarut dan pelarut. Zat terlarut komposisinya lebih kecil dibanding zat pelarut. Zat terlarut ada yang dapat terionisasi (terurai) dalam pelarut (“air”) menjadi ion- ion. Dalam pelajaran ini kita akan meneliti apa gejala/ciri- ciri larutan yang dapat menghantar arus listrik dan yang tidak dapat menghantar arus listrik.

5 Sebelum melakukan percobaan: 1. Buat hipotesis tentang larutan elektrolit dan larutan non elektrolit. a. Apa yang terjadi bila suatu larutan dialirkan arus listrik? b. Apa gejala/ciri-ciri dari larutan elektrolit dan non elektrolit? c. Tuliskan hipotesismu tentang larutan elektrolit dan non elektrolit!

6 CONTOH PERCOBAAN


Download ppt "LARUTAN ELEKTROLIT OLEH SUYADI,SPd KELAS X SMT 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google