Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sasaran Jangka Panjang 1.Profitabilitas 2.Produktivitas 3.Posisi Bersaing 4.Pengembangan Karyawan 5.Hubungan Kekaryawanan 6.Kepemimpinan Teknologi 7.Tanggung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sasaran Jangka Panjang 1.Profitabilitas 2.Produktivitas 3.Posisi Bersaing 4.Pengembangan Karyawan 5.Hubungan Kekaryawanan 6.Kepemimpinan Teknologi 7.Tanggung."— Transcript presentasi:

1 Sasaran Jangka Panjang 1.Profitabilitas 2.Produktivitas 3.Posisi Bersaing 4.Pengembangan Karyawan 5.Hubungan Kekaryawanan 6.Kepemimpinan Teknologi 7.Tanggung jawab sosial

2 Kureria Sasaran Jangka Panjang 1.Dapat Diterima (Acceptable) 2.Flexible 3.Dapat Diukur (Measurable) 4.Memotivasi (Motivating) 5.Cocok (Suitable) 6.Dapat Dipahami (Understandable) 7.Dapat Dicapai (Achievable)

3 STRATEGI GENERIK (GENERIC STRATEGY) BENTUK STRATEGIC PLAN YANG PALING BAKU DAN PALING FUNDAMENTAL ADALAH SUATU BENTUK RENCANA STRATEGIS YANG DIKEMUKAKAN OLEH “MICHAEL PORTER” DALAM BUKUNYA “COMPETITIVE ADVANTAGE” MEMBAGI STRATEGI GENERIK KEDALAM 3 KELOMPOK, YAITU : 1.STRATEGI DIFERENSIASI / DIFFERENTIATION 2.STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA MENYELURUH / OVERALL LOW- COST LEADERSHIP 3.STRATEGI FOKUS / FOCUS STRATEGIC

4 1. STRATEGI DIFERENSIASI STRATEGI INI MENITIK BERATKAN PADA MEMBANGUN PERSEPSI PEMBELI AKAN : -DESAIN PRODUK -KEUNGGULAN KUALITAS -TEKNOLOGI -JARINGAN DISTRIBUSI -BAHAN, DAN PELAYANAN.

5 PERUSAHAAN DAPAT MENAIKKAN HARGA SETINGGI MUNGKIN UNTUK MENDAPATKAN KEUNTUNGAN YANG BESAR, TETAPI HARUS MENCIPTAKAN PRODUK, YANG BAGI KONSUMEN TAMPAK BERBEDA (LEBIH UNGGUL) KETIMBANG PRODUK LAIN YANG SUDAH ADA, SEHINGGA TAMPAK UNIK (DIFFERENT). PERBEDAAN / CIRI KHAS DARI PRODUK INILAH YANG AKAN DIBAYAR MAHAL DAN MENJADI SUATU PERSEPSI TERSENDIRI BAGI PEMBELI. JIKA SUATU SAAT PRODUK-2 YANG TELAH MEMPUNYAI PERSEPSI BERBEDA DI KEPALA KONSUMEN MULAI MENURUNKAN HARGANYA, MAKA HAL TERSEBUT JUSTRU AKAN MEMBUAT KONSUMEN MERAGUKAN MUTU PRODUK YANG BERSANGKUTAN.

6 2. STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA MENYELURUH. STRATEGI INI LEBIH MEMPERHITUNGKAN PADA PESAING DARI PADA PELANGGAN. PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN STRATEGI INI MEMFOKUSKAN PADA HARGA JUAL YANG MURAH KEPADA PEMBELI. MEREKA MELAUKUKAN HAL TERSEBUT DENGAN JALAN MEMBUAT RENDAH BIAYA PRODUKSI. STRATEGI INI MENGHINDARKAN DIRI DARI PENGELUARAN YANG BESAR PADA R&D DAN BIAYA PROMOSI. KADANG-2 MEREKA LEBIH SUKA PADA MENIRU ATAU MENJIPLAK MODEL PRODUK YANG TELAH DIKEMBANGKAN PERUSAHAAN LAIN DENGAN TUJUAN MENGURANGI BIAYA RISETNYA. BEBERAPA CARA YANG BISA DITEMPUH DALAM METODE INI A. MEMBUAT DESAIN PRODUK YANG SEDERHANA DAN MENSTANDARDISASI KOMPONEN-2 NYA. B. MELAKUKAN INOVASI-2 BARU PADA PROSES PRODUKSINYA C. MENGEMBANGKAN JARINGAN PEMASARAN YANG BERBIAYA RENDAH. D. MENGUSAHAKAN PENGURANGAN-2 DALAM BIAYA OVERHEAD (MIS. PENYIMPANAN, TENAGA KERJA TAK LANGSUNG, DAN PEMELIHARAAN). E. MENGUSAHAKAN MENDAPATKAN BAHAN BAKU YANG MURAH.

7 3. STRATEGI FOKUS / FOCUS STRATEGIC STRATEGI INI DIPAKAI OLEH BISNIS YANG MENGHINDARKAN DIRI DARI KONFRONTASI LANGSUNG DENGAN PARA PESAINGNYA, YAITU DENGAN CARA MENGKONSENTRASIKAN DIRI DARI PADA PASAR YANG LEBIH KECIL (NICHES). PRINSIP DASARNYA ADALAH MENGGUNAKAN STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA MENYELURUH (LOW COST) ATAU DIFERENSIASI UNTUK MELAYANI PASAR TERTENTU DENGAN LEBIH BAIK DARI PESAING. BERIKUT INI GAMBAR : STRATEGI GENERIK.

8 GAMBAR STRATEGI GENERIK KEUNGGULAN STRATEGI FOCUS KEUNIKAN YANG DILIHAT PELANGGAN DEFFERENSI ASI KEPEMIMPINAN BIAYA MENYELURUH POSISI BIAYA RENDAH INDUSTRI LUAS HANYA PASAR TTT. TARGETSTRATEGITARGETSTRATEGI

9 PERSYARATAN UNTUK STRATEGI GENERIK: STRATEGI GENERIK KEAHLIAN DAN SUMBER DAYA YANG UMUMNYA DIBUTUHKAN PERSYARATAN ORGANISASI YG LAZIM Keunggulan biaya menyeluruh -Investasi modal yang berkesinambungan dan akses ke Modal. -Keahlian Rekayasa proses -Produk dirancang agar mudah dibuat. -Pengendalian biaya yang ketat. -Lap. Pengendalian yang Rinci dan sering. -Organisasai dan tanggung jawab yang terstruktur. Differensia si -Kemampuan pemasaran yang tangguh. -Reputasi perusahaan dalam Kualitas dan Teknologi. -Berketrampilan tinggi, Saintis dan Kreatif. -Pengembangan Produk & Pemasaran Fokus Kombinasi dari Hal-2 diatas

10 Resiko Strategi Generik Resiko Keunggulan Biaya Menyeluruh Resiko Diferensiasi Resiko Fokus Rentan imitasi pesaing, perubahan teknologi Rentan imitasi pesaing Strategi ditiru Permintaan berkurang/hilang Kedekatan dgn diferensiasi merup. kerugian Kedekatan dalam biaya merup.kerugian Pesaing menggangu segmen yang digarap Pesaing fokus bisa lebih rendah Pesaing fokus bisa lebih baik Pesaing fokus buka sub segmen baru


Download ppt "Sasaran Jangka Panjang 1.Profitabilitas 2.Produktivitas 3.Posisi Bersaing 4.Pengembangan Karyawan 5.Hubungan Kekaryawanan 6.Kepemimpinan Teknologi 7.Tanggung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google