Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISUSUN OLEH : TIM BIOLOGI SLTP N 115 JAKARTA. APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN SISTEM SARAF Adalah bagian dari tubuh yang berfungsi melakukan pengaturan kegiatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISUSUN OLEH : TIM BIOLOGI SLTP N 115 JAKARTA. APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN SISTEM SARAF Adalah bagian dari tubuh yang berfungsi melakukan pengaturan kegiatan."— Transcript presentasi:

1 DISUSUN OLEH : TIM BIOLOGI SLTP N 115 JAKARTA

2 APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN SISTEM SARAF Adalah bagian dari tubuh yang berfungsi melakukan pengaturan kegiatan tubuh dengan cara mengirimkan pesan-pesan rangsang atau impuls saraf dan tanggapan atau reaksi dalam bentuk pulsa elektrik.

3 BAGIAN-BAGIAN SUSUNAN SARAF MANUSIA SISTEM SARAF T EPI/PERIFE R SOMATIKAUTONOMIS CENTRAL/PUSAT OTAK SUMSUM TULANG PUNGGUNG

4 BAGIAN-BAGIAN SISTEM SARAF MANUSIA OTAK SUMSUM TULANG PUNGGUNG SARAF TEPI

5 APAKAH FUNGSI SISTEM SARAF BAGI TUBUH KITA ? Sebagai alat pengenal perubahan yang terjadi di luar tubuh atau alat penghubung antara tubuh dengan dunia luar melalui indera Sebagai alat pengenal perubahan yang terjadi di luar tubuh atau alat penghubung antara tubuh dengan dunia luar melalui indera Sebagai alat pengatur atau alat pengendali tanggapan (respons) terhadap keadaan sekitar Sebagai alat pengatur atau alat pengendali tanggapan (respons) terhadap keadaan sekitar Mengatur dan mengendalikan kerja organ tubuh sehingga organ tersebut dapat bekerja secara teratur sesuai dengan fungsinya. Mengatur dan mengendalikan kerja organ tubuh sehingga organ tersebut dapat bekerja secara teratur sesuai dengan fungsinya.

6 SEL SARAF Sel saraf (neuron) berfungsi menerima dan mengirimkan impuls saraf. Sel saraf (neuron) berfungsi menerima dan mengirimkan impuls saraf. Sel saraf terdiri dari badan sel, inti sel, dan sitoplasma yang memanjang keluar dari badan sel dan membentuk serabut-serabut saraf yang halus Sel saraf terdiri dari badan sel, inti sel, dan sitoplasma yang memanjang keluar dari badan sel dan membentuk serabut-serabut saraf yang halus Serabut saraf dibedakan menjadi dua macam yaitu akson/neurit dan dendrit. Serabut saraf dibedakan menjadi dua macam yaitu akson/neurit dan dendrit.

7 SEL SARAF Akson merupakan serabut saraf yang berfngsi menghantarkan rangsang dari badan sel saraf ke sel saraf lainnya. Akson dibungkus oleh selubung mielin. Pada selubung mielin terdapat sel Schwann Akson merupakan serabut saraf yang berfngsi menghantarkan rangsang dari badan sel saraf ke sel saraf lainnya. Akson dibungkus oleh selubung mielin. Pada selubung mielin terdapat sel Schwann Dendrit berfungsi menerima dan membawa rangsang ke badan sel saraf. Dendrit berfungsi menerima dan membawa rangsang ke badan sel saraf.

8 SEL SARAF DENDRIT INTI SEL NODUS RANVIER SELUBUNG MYELIN SEL SCHWANN AKSON/NEURIT BADAN SEL SARAF

9 MACAM-MACAM SEL SARAF 1. SEL SARAF SENSORIS 2. SEL SARAF PENGHUBUNG 3. SEL SARAF MOTORIS

10 Sel saraf sensoris disebut juga sel saraf indera, karena berfungsi membawa rangsangan (impuls) dari indera ke saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) Sel saraf sensoris disebut juga sel saraf indera, karena berfungsi membawa rangsangan (impuls) dari indera ke saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) Sel saraf motoris atau sel saraf penggerak berfungsi membawa rangsangan (impuls) dari pusat saraf ke otot atau kelenjar Sel saraf motoris atau sel saraf penggerak berfungsi membawa rangsangan (impuls) dari pusat saraf ke otot atau kelenjar Sel saraf penghubung terdapat di dalam sumsum tulang belakang dan berfungsi untuk menghubungkan atau meneruskan rangsangan dari sel saraf sensoris ke saraf motoris Sel saraf penghubung terdapat di dalam sumsum tulang belakang dan berfungsi untuk menghubungkan atau meneruskan rangsangan dari sel saraf sensoris ke saraf motoris

11 SISTEM SARAF PUSAT Sistem saraf pusat merupakan bagian dari sistem saraf yang mengatur fungsi organ dan anggota tubuh serta tenpat budi pekerti manusia terletak. Sistem saraf pusat merupakan bagian dari sistem saraf yang mengatur fungsi organ dan anggota tubuh serta tenpat budi pekerti manusia terletak. Sistem saraf pusat terdiri dari otak atau enchephalon dan sumsum tulang belakang atau medula spinalis Sistem saraf pusat terdiri dari otak atau enchephalon dan sumsum tulang belakang atau medula spinalis

12 Otak adalah pusat koordinasi utama. Di dalam otak, semua kegiatan tubuh dikontrol dan dikendalikan dengan baik. Otak adalah pusat koordinasi utama. Di dalam otak, semua kegiatan tubuh dikontrol dan dikendalikan dengan baik. Otak terdiri atas empat bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum, otak tengah (midbrain), dan sumsum penghubung (medula oblongata) Otak terdiri atas empat bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum, otak tengah (midbrain), dan sumsum penghubung (medula oblongata)

13 OTAK Selain dilindungi tengkorak, otak diselubugi oleh membran yang disebut meninges. Tugasnya adalah melindungi otak atau sebagai penghambat selektif dan sebagai pendukung fisik bagi otak. Selain dilindungi tengkorak, otak diselubugi oleh membran yang disebut meninges. Tugasnya adalah melindungi otak atau sebagai penghambat selektif dan sebagai pendukung fisik bagi otak. Meninges terdiri dari tiga lapisan : duramater, selaput arachnoid, dan piamater. Diantara meninges terdapat cairan cerebrospinal. Meninges terdiri dari tiga lapisan : duramater, selaput arachnoid, dan piamater. Diantara meninges terdapat cairan cerebrospinal.

14 LAPISAN PELINDUNG OTAK DURAMATER ARACHNOID PIAMATER OTAK

15 OTAK BESAR Terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri yang mengendalikan tubuh bagian kanan, dan belahan kanan yang mengendalikan tubuh bagian kiri. Terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri yang mengendalikan tubuh bagian kanan, dan belahan kanan yang mengendalikan tubuh bagian kiri. Memiliki permukaan yangberlipat-lipat dan mengandung ratusan juta neuron. Memiliki permukaan yangberlipat-lipat dan mengandung ratusan juta neuron.

16 Terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan luar (korteks) dan lapisan dalam. Terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan luar (korteks) dan lapisan dalam. Korteks berwarna kelabu yang berisi badan- badan sel saraf, permuaan korteks berlipat- lipat, berfungsi memperluas permukaan korteks. Korteks berwarna kelabu yang berisi badan- badan sel saraf, permuaan korteks berlipat- lipat, berfungsi memperluas permukaan korteks. Lapisan dalam tebal dan berwarna putih karena banyak mengandung serabut saraf (dendrit dan neurit). Lapisan dalam tebal dan berwarna putih karena banyak mengandung serabut saraf (dendrit dan neurit). OTAK BESAR

17 Terbagi menjadi empat bagian, yaitu dahi (lobus frontalis), ubun-ubun (lobus parietalis), pelipis (lobus temporalis), dan kepala belakang (lobus oksipitalis) Terbagi menjadi empat bagian, yaitu dahi (lobus frontalis), ubun-ubun (lobus parietalis), pelipis (lobus temporalis), dan kepala belakang (lobus oksipitalis)

18 LOBUS FRONTAL LOBUS PARIETAL LOBUS OCCIPITAL LOBUS TEMPORAL

19 PROSES GERAK REFLEK


Download ppt "DISUSUN OLEH : TIM BIOLOGI SLTP N 115 JAKARTA. APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN SISTEM SARAF Adalah bagian dari tubuh yang berfungsi melakukan pengaturan kegiatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google