Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas Geografi tentang Terbentuknya Tata Surya. SMA Negeri 1 Manyar Tahun pelajaran : 2011-2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas Geografi tentang Terbentuknya Tata Surya. SMA Negeri 1 Manyar Tahun pelajaran : 2011-2012."— Transcript presentasi:

1 Tugas Geografi tentang Terbentuknya Tata Surya. SMA Negeri 1 Manyar Tahun pelajaran :

2 Nama Kelompok :  Ahmad Muhibin (03)  Filipus Neri (12)  M. Faisal H (21)  M. Heru P (22)  M. Irysanurudin (23)  M. Yusuf F (25)  Stefanus Jesse (28)

3 TEORI TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA. Alam semesta terbentuk kira kira ribuan juta tahun yang lalu bersamaan dg adanya letusan letusan besar. Adapun beberapa teori yang menyatakan tentang terbentuknya alam semesta sebagai berikut. A. TEORI DENTUMAN ATAU TEORI LEDAKAN Menyatakan bahwa ada suatu massa yg sangat besar yg terdapat di jagad raya dan mempunyai berat jenis yg sangat besar krn adanya reaksi inti, massa tsb meledak dg hebatnya. Massa yg meledak kemudian serserakan dan mengembang dengan cepat dan menjauhi inti ledakan. Setelah berjuta juta tahun, massa tersebut membentuk kelompok kelompok yang berat jenisnya lebih kecil dari semula. Kelompok kelompok tsb akhirnya membentuk galksi yg bergerak menjauhi intinya.

4 B. TEORI BIG BANG (George Lemarie, Kant Lapaz) Menyatakan bahwa alam semesta bermula dari primeval atom yg berisi materi yang sangat padat. Suatu ketika atom tersebut meledak dan seluruh materinya terlempar ke ruang alam semesta dan melahirkan kabut panas yg berputar dg sangat cepat. Kabut tsb membentuk partikel tsb berputar pada dirinya sendiri dan mengitari partikel lainnya. Lama kelamaan partikel tsb mengeras dan membentuk benda benda angkasa. Terciptalah milyaran gugusan galaksi di angkasa raya.

5 C. TEORI EKSPANSI DAN KONTRAKSI Teori ini berdasarkan adanya suatu siklus dari alam semesta yaitu massa ekspansi dan massa kontraksi. Diduga, siklus ini berlangsung dalam jangka waktu juta tahun. Pada masa ekspansi terbentuklah galaksi2 serta bintang bintangnya. Ekspansi tsb didukung oleh adanya tenaga2 yg bersumber dari reaksi inti hidrogen yg pada akhirnya akan membentuk berbagai unsur lain yang kompleks.

6 Lanjutan.... Pada masa kontraksi, terjadi galaksi dan bintang2 yg terbentuk meredup sehingg aunsur2 yg terbentuk menyusut dg menimbulkan tenaga berupa panas yg sangat tinggi. Teroi ekspansi dan kontraksi menguatkan asumsi bahwa partikel2 yg ada pada saat ini berasal dari partikel2 yg ada pada zaman dahulu.

7 TERBENTUKNYA BUMI DAN TATA SURYA Bersumber dari buku bilingual karangan 1.Teori kant imanuel kant mengemukakan bahwa tata surya berasal dari bola gas yg bersuhu tinggi dan berputar lambat menyebabkan terbentuknya konsentrasi zat yg memiliki berat jenis tinggi. Konsentrasi tsb disebut inti, yg besar dan di tengah. Sedangkan yg ukurannya kecil terdapat di sekitar inti bumi. Karena proses pendinginan, inti yg volumenya kecil menjadi planet. Sedangkan inti yg volumenya besar menjadi matahari.

8 2.Hipotesis nebula (piere simon laplace) Tata surya berasal dari bola gas yg bersuhu tinggi dan berputar cepat. karena perputaran cepat maka sebagian dari massa kabut terlepas. Bagian yg terlepas berputar terus, karena pengaruh pendinginan maka lama kelamaan menjadi planet. 3.Teori planetisimal 9moulton) Bahwa dalam kabut terdapat material padat yg berhamburan yg dinamakan planetisimal. Benda padat iniah yg kemudian aling tarik menarik diantara sesamanya. Karena gaya tarik masing masing,makalama kelamaan terbentuklh gumpalan2 besr yg dinamakan planet.

9 4.Teori pasang surut. Oleh eans and jeffery. Bahwa pada zaman dahuu,dekat dg matahari, lewat sebuah bintang besar. Karena gaya tarik bintang tsb, sebagian dari massa matahari membentuk tonjolan ke arah bintang itu. Kemudian bersamaan dg menjauhnya bintang itu, tonjolan massa matahari itu ikut menarik membentuk cerutu, kemudian lepas dari matahari. Masa gas yg terbentuk kemudian terputus putus membentuk tetesan raksasa. Lama kelamaan tetesan tsb membeku dan membentuk planet. 5.Teori protoplanet Oleh carl von weizsaecker. Bahwa sekitar matahari terdapat kabut gas yg membentuk gumpalan2 dan secara evolusi berangsur angsur menjadi gumpalan padat. Gumpalan gumpalan tsb kemudian membentuk planet.

10 A. Dari buku Platinum karangan Sugianto dan Danang Endarto Teori pasang surut oleh james jeans dan jeffreys Teori ini mengatakan bahwa 1.Matahari sebagai suatu bintang yang telah ada sebelumnya. 2.Sebuah bintang melintas sangat dekat dengan matahari. 3.Terjadi gaya tarik menarik antara bintang dan matahari yang menyebabkan terlepasnya partikel-partikel matahari yang membentuk pola cerutu. Bagian pinggir tipis dan bagian tengah mengembang. 4.Kemudian, bintang yang semakin menjauh, masa cerutu tersebut terputus- putus dan membentuk gumpalan gas di sekitar matahari. Gumpalan-gumpalan itu kemudian membentuk planet-planet. Teori ini menerangkan letak planet-planet dibagian tengah tata surya kita. Yupiter, saturnus, uruanus, neptunus merupakan planet raksasa. Sedangkan pada bagian ujungnya yaitu merkurius, dan venus di dekat matahari. Pendalaman Teori Pasang surut dari Berbagai Sumbur Buku yang Berbeda

11 B.BUKU BSE (MEMAHAMI GEOGRAFI) KARANGAN BAGJA WALUYA Astronom Jeans dan Jeffreys, mengemukakan pendapat bahwa tata surya pada awalnya hanya matahari saja tanpa mempunyai anggota. Planet-planet dan anggota lainnya terbentuk karena adanya bagian dari matahari yang tertarik dan terlepas oleh pengaruh gravitasi bintang yang melintas ke dekat matahari.

12 C.BUKU BSE KARANGAN ENI ANJAYANI & TRI HARYANTO Teori ini juga didasarkan atas ide benturan. Teori ini mengatakan bahwa planet-planet terbentuk langsung oleh gas asli matahari yang tertarik oleh sebuah bintang yang melintas di dekatnya. Jadi, teori ini awalnya hampir sama dengan teori Planetesimal. Perbedaannya bahwa pada teori ini planet tidak terbentuk oleh planetesimal. Menurut teori ini, ketika bintang mendekat atau bahkan menyerempet Matahari, tarikan gravitasinya menyedot filamen gas yang berbentuk cerutu panjang. Filamen yang membesar di bagian tengahnya dan mengecil di kedua ujungnya, filamen inilah akhirnya yang membentuk sebuah planet.

13 D.BSE KARANGAN DANANG ENDARTO, SARWONO DAN SINGGIH PRIBADI Menurut James H. Jeans, dan Harold Jeffers pada tahun yg lalu sebuah bintang bergerak mendekati matahari dan kemudian menghilang. Pada waktu itu, sebagian massa matahari tertarik dan lepas. Bagian bagian yg lepas kemudian membentuk planet planet.

14 Kesimpulan Kesimpulan yang di peroleh dari kami tentang pembahasan teori pembentukan tata suraya ( Teor Pasang Surut) adalah berbagai buku dari sumber yang berbeda-beda menyakatan sama tentang bunyi dari teori pasang surut yaitu pada zaman dahulu matahari yang sebagai pusat bumi sudah terbentuk terlebih dahulu, kemudian ada benda langit yang mendekat matahari, lalu terjadilah gaya tarik menarik anatar bintang dan matahari yang menyebabkanterlepasnya partikel-partikel matahari yang membentuk pola cerutu. Bagian pinggir tipis dan bagian tengah mengembang.Kemudian, bintang yang semakin menjauh, masa cerutu tersebut terputus-putus dan membentuk gumpalan gas di sekitar matahari. Gumpalan-gumpalan itu kemudian membentuk planet-planet.

15 Sekian Tugas Dari Kami Atas Perhatiannya Kami ucapkan Terimahkasih


Download ppt "Tugas Geografi tentang Terbentuknya Tata Surya. SMA Negeri 1 Manyar Tahun pelajaran : 2011-2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google