Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tujuan Pembelajaran Materi Latihan Soal Pengertian Faktor - faktor Kurva Hukum dan asumsi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tujuan Pembelajaran Materi Latihan Soal Pengertian Faktor - faktor Kurva Hukum dan asumsi."— Transcript presentasi:

1

2

3 Tujuan Pembelajaran Materi Latihan Soal

4 Pengertian Faktor - faktor Kurva Hukum dan asumsi

5 PERMINTAAN PENGERTIAN PERMINTAAN HUKUM PERMINTAAN PENAWARAN PENGERTIAN PENAWARAN HUKUM PENAWARAN

6

7 Pengertian Permintaan Permintaan adalah jumlah produk (baik barang maupun jasa) yang diinginkan konsumen pada berbagai tingkat harga selama jangka waktu tertentu.Permintaan adalah jumlah produk (baik barang maupun jasa) yang diinginkan konsumen pada berbagai tingkat harga selama jangka waktu tertentu.

8 Permintaan absolut Permintaan efektif Permintaan potensial adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli, tetapi lebih merupakan angan-angan. Setiap orang dapat dipastikan mempunyai permintaan absolut. adalah permintaan yang akan diwujudkan dengan sejumlah uang yang dimiliki. Artinya, permintaan yang didukung daya beli, tetapi belum dilaksanakan. adalah permintaan terhadap barang atau jasa yang dilakukan sesuai dengan daya beli yang dimiliki.

9 Faktor- faktor Permintaan Harga barang itu sendiri Populasi penduduk Pendapatan masyarakat Perubahan harga barang Selera konsumen Adanya barang pengganti Tingkat kebutuhan terhadap suatu macam barang Mode (trend)

10 Hukum permintaan menyatakan bahwa antara harga dan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik. Artinya, jika harga naik, akan menyebabkan jumlah barang yang diminta turun, dan sebaliknya jika harga turun, akan menyebabkan jumlah barang yang diminta naik, dengan syarat ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain dianggap konstan. Contoh konkret dari Hukum Permintaan adalah ketika harga telepon selular semakin lama semakin murah maka permintaan akan barang tersebut meningkat secara signifikan.Contoh konkret dari Hukum Permintaan adalah ketika harga telepon selular semakin lama semakin murah maka permintaan akan barang tersebut meningkat secara signifikan.

11 Kurva BergerakKurva Bergeser

12

13 Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (produsen) pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu (per hari, per minggu, per tahun).

14 Macam-macam penawaran adalah penawaran yang datang dari seorang produsen (penjual) terhadap barang yang akan dijualnya kepada konsumen. Penawaran perseorangan (individu), adalah penawaran yang berasal dari beberapa penjual (produsen) yang akan menjual barang kebutuhan untuk konsumen. Penawaran kolektif (bersama),

15 Hal-hal yang memengaruhi penawaran Harga Harapan masa depan tingkat persaingan laba Tingkat teknologi Biaya input

16

17 Contoh berlakunya hukum penawaran adalah ketika petani sedang panen raya, harga barang yang dipanen tersebut akan jatuh. Sama seperti pada permintaan, jika faktor harga memengaruhi penawaran, hal itu akan menyebabkan kurva penawaran bergerak. Namun, jika faktor lain yang memengaruhi penawaran, akan menyebabkan kurva penawaran bergeser.

18 Contoh Pergerakan kurva Penawaran

19 Klik disini

20 Selamat Mengerjakan

21 SEKIAN wassalam...


Download ppt "Tujuan Pembelajaran Materi Latihan Soal Pengertian Faktor - faktor Kurva Hukum dan asumsi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google