Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SHOFIYATUL HANANI, 2102406638 Aspek Gramatikal dan Leksikal Dalam Lirik Lagu Didi Kempot Album Terbaik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SHOFIYATUL HANANI, 2102406638 Aspek Gramatikal dan Leksikal Dalam Lirik Lagu Didi Kempot Album Terbaik."— Transcript presentasi:

1 SHOFIYATUL HANANI, Aspek Gramatikal dan Leksikal Dalam Lirik Lagu Didi Kempot Album Terbaik

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SHOFIYATUL HANANI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - ovira_girl pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Widodo - PEMBIMBING 2 : Ermi Dyah Kurnia, S.S., M.Hum. - TGL UJIAN :

3 Judul Aspek Gramatikal dan Leksikal Dalam Lirik Lagu Didi Kempot Album Terbaik

4 Abstrak ABSTRAK Hanani, Shofiyatul Aspek Gramatikal dan Leksikal dalam Lirik Lagu Didi Kempot “Album Terbaik”. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Widodo, Pembimbing II Ermi Dyah Kurnia, S.S., M. Hum. Kata Kunci: aspek gramatikal, aspek leksikal, dan lirik lagu. Wacana lirik lagu Didi Kempot “Album Terbaik” merupakan hal yang menarik untuk dikaji karena bentuk kata dan kalimat dalam lirik lagu sangat mempengaruhi bentuk keutuhan wacana. Keutuhan wacana dapat diungkapkan dengan adanya aspek gramatikal antara lain pengacuan (referensi), penyulihan (subtitusi), pelesapan (elipsis) dan perangkaian (konjungsi), sedangkan aspek leksikal antara lain repetisi (perulangan), sinonimi (padan kata), antonimi (lawan kata), kolokasi (sanding kata), hiponimi (hubungan atas-bawah), dan ekuivalensi (kesepadanan). Rumusan masalah penelitian ini dirumuskan menjadi dua (1) apa sajakah aspek gramatikal yang terkandung dalam lirik lagu Didi Kempot “ Album Terbaik”, dan (2) apa sajakah aspek leksikal yang terkandung dalam lirik lagu Didi Kempot “ Album Terbaik”. Tujuan dari penelitian ini ada dua, yaitu: (1) untuk mendeskripsi aspek gramatikal yang terkandung dalam lirik lagu Didi Kempot “ Album Terbaik”, dan (2) mendeskripsi aspek leksikal yang terkandung dalam lirik lagu Didi Kempot “Album Terbaik”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan teoretis yaitu analisis wacana dan pendekatan metodologis yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik simak dan catat, yakni menyimak dan mencatat lirik lagu yang sudah dipilih dalam VCD sebagai sumber data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan teknik pemaparan hasil ananlisis menggunakan metode informal. Hasil penelitian dari aspek gramatikal ada tiga, yaitu: (1) pengacuan yang meliputi pengacuan persona, pengacuan demonstratif, dan pengacuan komparatif, (2) pelesapan (elipsis), dan (3) perangkaian (konjungsi), sedangkan hasil analisis aspek leksikal ada empat, yaitu: (1) repetisi yaitu repetisi anafora, repetisi epistrofa, repetisi mesodiplosis, repetisisi simploke, repetisi utuh dan repetisi epanalepsis, (2) sinonimi, (3) antonimi, dan (4) ekuivalensi. Saran yang disampaikan yaitu penelitian ini hendaknya perlu dikembangkan lagi untuk lebih lanjut tidak hanya mengenai penggunaan aspek gramatikal dan leksikal saja, tetapi dapat juga meneliti dari segi tinjauan intertekstual dan segi konteks pada lirik lagu Didi Kempot.

5 Kata Kunci aspek gramatikal, aspek leksikal, dan lirik lagu.

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "SHOFIYATUL HANANI, 2102406638 Aspek Gramatikal dan Leksikal Dalam Lirik Lagu Didi Kempot Album Terbaik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google