Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WISMA NIATI PERMATASARI, 2503406029 Karya-karya Lagu Keroncong Asli Ciptaan Kelly Puspita (Kajian Estetika Musik)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WISMA NIATI PERMATASARI, 2503406029 Karya-karya Lagu Keroncong Asli Ciptaan Kelly Puspita (Kajian Estetika Musik)"— Transcript presentasi:

1 WISMA NIATI PERMATASARI, Karya-karya Lagu Keroncong Asli Ciptaan Kelly Puspita (Kajian Estetika Musik)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : WISMA NIATI PERMATASARI - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Musik) - JURUSAN : Seni Drama, Tari, dan Musik - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - myma_cute pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Bagus Susetyo, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Drs. Slamet Haryono, M.Sn - TGL UJIAN :

3 Judul Karya-karya Lagu Keroncong Asli Ciptaan Kelly Puspita (Kajian Estetika Musik)

4 Abstrak Banyak lagu yang diciptakan oleh Kelly Puspito, beliau memenangkan sayembara cipta lagu karena dianggap sebagai pembaharu lagu keroncong. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana estetika musik lagu – lagu keroncong ciptaan Kelly Puspito? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang estetika musik lagu keroncong ciptaan Kelly Puspito. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah musikologi. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai dengan bulan Februari Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam estetika musik lagu keroncong Kelly Puspito yang meliputi harmoni, melodi, dan syair memang sangat berbeda dengan lagu keroncong yang lain. Hal ini dapat dilihat dalam harmoni yang selalu mempunyai ciri khas tersendiri yaitu seperti menambahkan akor 17 yaitu nada tonika,terst,kwint,ditambah dengan nada septim digunakan sebagai jembatan ke akor IV. Pada melodi sebelum memasuki reff lagu,melodi selalu berakhir pada birama ke 9, dan reff lagu masuk pada birama ke 11. Keistimewaan syair yang dibuat adalah selalu menceritakan kebangsaan dan kecintaan. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu selalu terdapat akor 17 sebelum memasuki akor IV. Pada melodi sebelum memasuki reff lagu,melodi selalu berakhir pada birama ke 9, dan melodi lagu masuk pada birama ke 11. Saran yang penulis ungkapkan adalah agar siswa, mahasiswa, dan masyarakat, dapat menjadikan tulisan ini sebagai penambah pengetahuan. Dan bagi pemerintah agar selalu ikut melestarikan musik keroncong sebagai wujud kekayaan budaya Indonesia.

5 Kata Kunci kajian estetika musik, Kelly Puspito

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "WISMA NIATI PERMATASARI, 2503406029 Karya-karya Lagu Keroncong Asli Ciptaan Kelly Puspita (Kajian Estetika Musik)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google