Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEPEMIMPINAN. EVALUASI TUGAS PAPER  Kalimat baku dan efektif.  Kata sambung sebaiknya jangan didepan : melalui, namun, karena dsb.  Teori  menyebut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEPEMIMPINAN. EVALUASI TUGAS PAPER  Kalimat baku dan efektif.  Kata sambung sebaiknya jangan didepan : melalui, namun, karena dsb.  Teori  menyebut."— Transcript presentasi:

1 KEPEMIMPINAN

2 EVALUASI TUGAS PAPER  Kalimat baku dan efektif.  Kata sambung sebaiknya jangan didepan : melalui, namun, karena dsb.  Teori  menyebut sumber/buku (nama, tahun)  Keterkaitan teori dan contoh  Daftar Pustaka (minimal 2 buku)

3 KEPEMIMPINAN Mengapa perlu belajar tentang ……. Apakah yang dimaksud dengan ……..

4 EVALUASI TUGAS PAPER  Apa pendapat kelompok terhadap gaya kepemimpinan Sukarno, Obama dan SBY?  Gaya kepemimpinan mana yang efektif?  Bayangkan kondisi dan situasi Indonesia 10 tahun mendatang !  Gaya kepemimpinan apa yang kira-kira cocok untuk situasi Indonesia 10 tahun mendatang?

5 KEPEMIMPINAN KEMAMPUAN MEMPENGARUHI ORANG LAIN UNTUK MENCAPAI TUJUAN -TUJUAN YANG DIHARAPKAN

6 KEMAMPUAN UNTUK MEMPENGARUHI BERSUMBER DARI : I. POSISI/JABATAN DALAM ORGANISASI 1. LEGITIMATE POWER Jabatan yang memberikan kewenangan untuk memerintah dan meminta kepatuhan orang lain 2. REWARD POWER Kemampuan memberikan atau menunda imbalan 3. COERCIVE POWER Kemampuan memberikan hukuman atau sanksi

7 KEMAMPUAN UNTUK MEMPENGARUHI BERSUMBER DARI : II. INDIVIDU/PRIBADI 4. EXPERT POWER Kemampuan mempengaruhi karena pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan melebihi orang lain 5. REFERENT POWER Kemampuan mempengaruhi orang lain karena kepribadian, karakter atau ciri fisik yang luar biasa

8 Fungsi Pemimpin 1.Menentukan struktur dari situasi tertentu 2.Pengawas dalam kelompok 3.Perwakilan kelompok 4.Pembuat kebijakan 5.Perencana 6.Pelaksana 7.Simbol kelompok 8.Teladan kelompok 9.Motivator 10.Kambing hitam (Ruch; Krech & Cruchfield)

9 Penelitian Iowa University Penelitian pertama dilakukan oleh Ronald Lippit, Talph K White, dibawah bimbingan Kurt Lewin tahun 1930-an dari Iowa State University yang menghasilkan tiga gaya kepemimpinan yaitu 1. Gaya kepemimpinan autokratis 2. Gaya kepemimpinan laissez faire 3. Gaya kepemimpinan demokratis

10 1. Gaya kepemimpinan Autokratis Pemimpin yang memiliki kekuasaan secara penuh, kekuasaannya bersifat sentralistik, menekankan kekuasaan jabatan, dilaksanakan dengan paksaan serta memegang sistem pemberian hadiah dan hukuman.

11 2. Gaya kepemimpinan Laissez Faire Pemimpin memberikan kebebasan penuh kepada bawahannya untuk melakukan apa saja. Pemimpin hanya terlibat dalam kuantitas yang kecil saja.

12 3. Gaya kepemimpinan demokratis Pemimpin yang mendelegasikan wewenang pada bawahan, mendorong partipasi bawahan, menekankan kemampuan bawahan dalam menyelesaikan tugasnya dan memperoleh penghargaan melalui kekuasaan pengaruh bukan jabatan.

13 KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF ADALAH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DENGAN MEMPERHITUNGKAN SITUASI DAN KONDISI, KEMAMPUAN, KEDEWASAAN, TEKANAN WAKTU DAN SEBAGAINYA

14 TERIMA KASIH


Download ppt "KEPEMIMPINAN. EVALUASI TUGAS PAPER  Kalimat baku dan efektif.  Kata sambung sebaiknya jangan didepan : melalui, namun, karena dsb.  Teori  menyebut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google