Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPONEN SPK. KOMPONEN-KOMPONEN SPK Suatu SPK memiliki 3 subsistem utama yang menentukan kapabilitas teknis SPK tersebut, yaitu: 1. Database Management.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPONEN SPK. KOMPONEN-KOMPONEN SPK Suatu SPK memiliki 3 subsistem utama yang menentukan kapabilitas teknis SPK tersebut, yaitu: 1. Database Management."— Transcript presentasi:

1 KOMPONEN SPK

2 KOMPONEN-KOMPONEN SPK Suatu SPK memiliki 3 subsistem utama yang menentukan kapabilitas teknis SPK tersebut, yaitu: 1. Database Management Subsystem (Subsistem Manajemen Basis Data) 2. Model Base Management Subsystem (Subsistem Manajemen Basis Model) 3. Dialog Generation and Management Software (Subsistem Perangkat Lunak Penyelenggara Dialog) 4. Knowledge Base Management Subsystem (Subsistem Manajemen Berbasis Pengetahuan)

3 KOMPONEN-KOMPONEN SPK Manajemen Data Manajemen Model Eksternal Subsistem Berbasis pengetahuan Antarmuka Pengguna Sistem lainnya Yang berbasis Komputer Internet, Intranet, Ekstranet Basis pengetahuan Organisasional Manajer (pengguna) Gambar Skematik DSS

4 KOMPONEN-KOMPONEN SPK 1. Subsistem Manajemen Data (Database Management Subsystem) Suatu sub-sistem yang memanajemen data dengan memasukkan satu database yang berisi data yang relevan dan dikelola oleh perangkat lunak yang disebut Subsistem Manajemen Database(DBMS)

5 Gambar Struktur Subsistem Manajemen Data Sumber data internal KeuanganPemasaranProduksiPersonaliaLainnya Ekstraksi Sumber data Eksternal Basis pengetahuan organisasional Database Pendukung keputusan Sistem manajemen database Retrieval Inquiry Update Report generation Delete Query facility Direktori data Data personel, privat Data warehouse perusahaan Manajemen antarmuka Manajemen model Subsistem berbasis pengetahuan

6 KOMPONEN-KOMPONEN SPK Subsistem manajemen data terdiri dari: a. DSS Database Database adalah kumpulan data yang saling terkait dan terorganisasi untuk memenuhi kebutuhan dan struktur sebuah organisasi dan dapat digunakan oleh lebih dari satu orang atau aplikasi. Data pada database DSS diekstrak dari sumber data internal dan eksternal, juga dari data personal milik satu atau lebih pengguna Ekstraksi adalah operasi meng-capture data dari beberapa sumber untuk membuat sebuah database DSS atau sebuah data warehouse.

7 KOMPONEN-KOMPONEN SPK b. Sistem Manajemen Database Yaitu memanajemen/mengatur Database baik dalam pembuatan, pengaksesan dan pembaharuan database. Database yang baik adalah yang efektif dan manajemennya dapat mendukung banyak kegiatan manajerial: navigasi umum di antara record² mendukung pembuatan dan pemeliharaan sebuah kumpulan hubungan data yang berbeda menghasilkan laporan Tetapi kekuatan riil dari sebuah DSS terjadi ketika data diintegrasikan dengan model-modelnya.

8 KOMPONEN-KOMPONEN SPK c. Query Facility Melakukan tugas-tugas seperti akses, manipulasi, dan query data. menerima permintaan data dari komponen lain menentukan bagaimana permintaan dapat dipenuhi memformulasi permintaan dengan detail mengembalikan hasilnya kepada pemberi permintaan

9 KOMPONEN-KOMPONEN SPK d. Direktori Adalah sebuah katalog dari semua data di dalam database. Berisi definisi data dan berfungsi untuk menjawab pertanyaan mengenai ketersediaan item-item data, sumber, dan makna eksak dari data. Cocok untuk mendukung fase intelegensi dari proses pengambilan keputusan karena membantu men-scan data dan mengidentifikasi area masalah atau peluang².

10 KOMPONEN-KOMPONEN SPK 2. Subsistem Manajemen Model Strategis, taktis, operasional Statistik, keuangan, pemasaran, Ilmu manajemen, akuntansi, Teknik, dsb. Model (Basis Model) Perintah pemodelan: creation Pemeliharaan: update Antarmuka database Bahasa pemodelan Manajemen Basis Model Direktori Model Eksekusi model, Integrasi, dan prosesor perintah Manajemen Data Manajemen antarmuka Subsistem Berbasis pengetahuan

11 KOMPONEN-KOMPONEN SPK 2. Subsistem Manajemen Model Subsistem manajemen model terdiri dari: a. Basis Model Berisi rutinitas dan statistik khusus, keuangan, forecasting, ilmu manajemen, dan model kuantitatif lainnya yang memberikan kapabilitas analisis pada sebuah DSS. Model² pada DSS pada dasarnya adalah matematis; dinyatakan dalam rumus yang dapat diprogram dalam alat pengembangan DSS, ex: excel

12 KOMPONEN-KOMPONEN SPK 4 kategori utama Basis Model:  Model Strategis : mendukung manajemen puncak  Model Taktis : Cth: pemilihan server web, perencanaan persyaratan tenaga kerja, promosi penjualan, tata letak pabrik dll.  Model Operasional : Cth: persetujuan pinjaman pada bank, jadwal produksi, kontrol inventori, dll. Model Analitik : untuk menganalisis data. Meliputi model statistik, ilmu manajemen, algoritma data, model keuangan dll.

13 KOMPONEN-KOMPONEN SPK b. Sistem Manajemen Basis Model MBMS mampu mengaitkan model² dengan link yang tepat melalui sebuah database. c. Direktori model  Perannya sama dengan direktori database. Merupakan katalog dari semua model dan perangkat lunak lainnya pada basis model.  Berisi definisi model dan fungsi utamanya adalah menjawab pertanyaan tentang ketersediaan dan kapabilitas model.

14 KOMPONEN-KOMPONEN SPK d. Eksekusi Model, Integrasi, dan Prosesor Perintah - Eksekusi model : proses mengontrol jalannya model saat ini - Integrasi model : gabungan operasi dari beberapa model saat diperlukan atau mengintegrasikan DSS dengan aplikasi lain. - Command Processor Model : menerima dan menginterpretasikan instruksi² pemodelan dari user interface dan merutekannya ke MBMS, eksekusi model atau fungsi² integrasi

15 KOMPONEN-KOMPONEN SPK 3. Subsistem Antarmuka Pengguna (Dialog) Mencakup semua aspek komunikasi antara satu pengguna dan DSS. Subsistem ini mencakup: - Perangkat keras dan perangkat lunak - Kemudahan penggunaan - Kemampuan untuk diakses - Interaksi manusia-mesin Subsistem ini dikelola oleh Sistem Manajemen Antarmuka Pengguna (UIMS)

16 KOMPONEN-KOMPONEN SPK 4. Subsistem Manajemen Berbasis Pengetahuan Komponen ini menyediakan keahlian untuk memecahkan beberapa aspek masalah dan memberikan pengetahuan yang dapat meningkatkan operasi komponen DSS yang lainnya Komponen pengetahuan terdiri dari satu atau lebih sistem cerdas. Memberikan eksekusi dan integrasi penting dari sistem cerdas

17 KOMPONEN-KOMPONEN SPK PENGGUNA - Memberikan intelektual manusia - Bertanggung jawab untuk mengambil keputusan - Memberikan keahlian untuk memandu pengembangan dan penggunaan DSS Hal² tersebut merupakan hal kritis bagi sukses sistem

18 PENGGUNA Ada 2 kelas pengguna: 1. Staf Ahli cenderung berorientasi pada detail. Cth: analis keuangan, perencana produksi, peneliti pemasaran. 2. Manajer menggunakan komputer dengan rasio yang jauh lebih besar. Manajer berharap sistem akan lebih user-friendly.


Download ppt "KOMPONEN SPK. KOMPONEN-KOMPONEN SPK Suatu SPK memiliki 3 subsistem utama yang menentukan kapabilitas teknis SPK tersebut, yaitu: 1. Database Management."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google