Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI. 1.Kerangka Analisis dan Desain Sistem 2.Stakeholeder Sistem 3.Driver Bisnis untuk Sistem Informasi Masa Kini 4.Driver.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI. 1.Kerangka Analisis dan Desain Sistem 2.Stakeholeder Sistem 3.Driver Bisnis untuk Sistem Informasi Masa Kini 4.Driver."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI

2 1.Kerangka Analisis dan Desain Sistem 2.Stakeholeder Sistem 3.Driver Bisnis untuk Sistem Informasi Masa Kini 4.Driver Teknologi Sistem Informasi Masa Kini 5.Proses Pengembangan Sistem Sederhana

3 Produk analisis dan desain sistem adalah sistem informasi. Produk tersebut secara visual digambarkan pada kerangka visual. 1. Sistem Informasi dalam organisasi mencapture (mencatat/merekam dalam file yang permanen) dan mengelola data untuk menghasilkan informasi berguna yang mendukung sebuah organisasi serta karyawan,pelanggan, pemasuk barang, dan rekanannya. Banyak organisasi menganggap bahwa sistem informasi diperlukan untuk memiliki kemampuan bersaing atau memperoleh keuntungan persaingan.

4 2. Sistem Pemrosesan Transakasi Sistem ini memproses bisnis sepertin kartu absen, pembayaran dan reservasi. 3. Sistem Informasi Manajemen Menggunakan data transaksi untuk menghasilkan data yang diperlukan para manajer untuk menjalankan bisnis. 4. Sistem Pendukung Keputusan Membantu para pembuat keputusan mengidentifikasi atau memilih antara keputusan atau pilihan.

5 5. Sistem Informasi Eksekutif Disesuaikan dengan kebutuhan informasi untuk para eksekutif yang merencanakan bisnis dan menilai performa terhadap rencana tersebut. 6. Sistem Komunikasi dan Kolaborasi meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antara orang- orang dalam maupun luar organisasi. 7. Sistem Otomatisasi Kantor membantu para karyawan membuat dan berbagi dokumen yang mendukung aktivitas sehari-hari.

6 Sistem Informasi Adalah pengaturan orang, data, proses, dan informasi teknologi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses,menyimpan, dan menyediakan sebagai ouput informasi yang diperlukan untuk mendukung sebuah organisasi. Teknologi Informasi Adalah istilah yang menggambarkan kombinasi teknologi komputer (perangkat keras dan lunak) dengan teknologi komunikasi (jaringan data, gambar dan suara).

7 Sistem Pemrosesan Transaksi Adalah sebuah sistem informasi yang meng-capture dan memproses data transaksi bisnis. Sistem Informasi Manajemen Adalah sebuah sistem informasi yang menyediakan untuk pelaporan berorientasi manajemen berdasarkan pemrosesan transaksi dan operasi organisasi. Sistem Pendukung Keputusan Adalah sebuah sistem informasi yang membantu mengidentifikasi kesempatan pembuatan keputusan atau menyediakan informasi untuk membantu pembuatan keputusan.

8 Sistem Informasi Eksekutif Adalah sebuah sistem informasi yang mendukung perencanaan dan penilaian kebutuhan manajer eksekutif. Sistem Ahli Adalah sebuah sistem informasi yang meng-capture keahlian pekerja dan mengsimulasikan keahlian tersebut pada keuntungan mereka yang tidak ahli. Sistem Komunikasi dan Kolaborasi Adalah sebuah sistem informasi yang memungkinkan komunikasi lebih efektif antara pekerja, rekan kerja, pelangga, dan penyuplai untuk meningkatkan kemampuan mereka berkolaborasi

9 Sistem Otomasisasi Kantor Adalah sebuah sistem informasi yang mendukung aktivitas kantor bisnis secara luas yang menyediakan aliran kerja yang diperbaiki diantara para pekerja.

10 Peningkatan keuntungan perusahaan Pengurangan biaya bisnis Biaya dan keuntungan sistem Peningkatan pangsa pasar Perbaikan relasi pelanggan Pengingkatan efisiensi Perbaikan pembuatan keputusan Pemenuhan peraturan lebih baik Kesalahan lebih sedikit Perbaikan keamanan dan Kapasitas lebih besar

11 Pemilik Sistem Sponsor sistem informasi dan advokad eksekutif, biasanya bertanggung jawab atas pendanaan proyek pengembangan, pengoperasian, dan perawatan sistem informasi. Penggunaan Sistem “Pelanggan” yang akan menggunakan atau terpengaruh sistem informasi pada basis reguler mengcapture, mengvalidasikan, memasukan, menanggapi,menyimpan, dan bertukar data dan informasi.

12 Desainer Sistem Spesialias teknis yang menerjemahkan persyaratan bisnis pengguna sistem dan pembatas solusi teknik. Dia mendesain database, input, output, creen/layar/tampilan, jaringan dan perangkat lunak komputer yang akan memenuhi persyaratan pengguna sistem. Pekerja Informasi Orang yang pekerjaannya melibatkan pembuatan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan penggunaan informasi.

13 Pembangun Sistem Adalah spesialis teknis yang membangun sistem informasi dan komponen yang didasarkan spesifikasi desain yang dihasilkan oleh desainer system. Analis Sistem Adalah spesialis yang mempelejari masalah dan kebutuhan sebuah organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses, dan teknologi informasi dapat mencapai kemajuan terbaik untuk bisnis.

14 Adaminstrator database Spesialis teknologi dalam database yang digunakan untuk mendesain dan mengkoordinasikan, perubahan ke database perusahaan. Arsitek Jaringan Spesialis teknologi jaringan dan telekomunikasi yang mendesain, menginstall, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan mendukung area jaringan lokal dan luas termasuk koneksi ke internet jaringan eksternal lainnya.

15 Arsitek Web Spesialis yang mendesain web yang kompleks untuk organisasi, termasuk spesialis web publik untuk internet, situs web internal untuk organisasi disebut internet, dan situs web pribadi antarbisnis disebut extratnet. Artis grafis Relatif baru dalam campuran pekerja TI saat ini, spesialis dalam teknologi grafis dan metode yang digunakan unutk mendesain dan membangun antarmuka yang kuat serta mudah digunakan ke sistem, termasuk antarmuka untuk PC, Web, komputer genggam, dan smart phone.

16 Ahli keamanan Spesialis dalam teknilogi dan metode yang digunakan untuk memastikan keamanan data dan jaringan dan privasi. Spesialis teknologi Ahli dalam penerapan teknologi spesifik yang akan diunakan dalam sistem misalanya paket perangkat lunak komersial yang spesifik atau tipe perangkat keras yang spesifik.

17 Dalam analisis sistem istilah masalah digunakan untuk mendekripsikan banyak situasi : Masalah, apakah nyata atau terantisipasi, yang membutuhkan tindakan koreksi. Kesempatan untuk memperbaiki situasi meskipun tidak ada keluhan. Putunjuk untuk mengubah situasi meskipun ada atau tidak ada orang yang mengeluh tentang situasi sekarang.

18 Perwakilan struktur organisasi penomoran berikut merferensi ulang dan menekankan poin pokok : Pemilik sistem dan pengguna sistem terletak pada unit subunit fungsional bisnis, seperti juga manajemen eksekutif. Desainer dan pembangun sistem biasanya terletak pada unit sistem informasi bisnis. Kebanyakan sistem analisis bekerja juga untuk unit layanan informasi organisasi. Analisis sistem bersama dengan desainer dan membangun sistem dapat secara permanen ditugaskan pada sebuah tim yang mendukung fungsi bisnis spesifik misalnya sistem finansial.

19 Analisis sistem bersama dgn desainer dan pembangun bisnis dapat juga disatukan pool dan ditugaskan sementara pd proyek spesifik fungsi bisnis apapun jika dibutuhkan. Beberapa organisasi percaya bahwa pendekatan ini menghasilkan efisiensi lebih besar karena analisis dan pengembang lain selalu ditugaskan pada proyek dgn prioritas tertinggi tanpa menghiraukan keahlian area bisnis. Beberapa analis sistem bekerja untuk departemen komputer yang lebih kecil dalam organisasi yang mendukung dan melaporkanke fungsi bisnis spesifik mereka sendiri, beberapa organisasi percaya bahwa struktur ini hasil analis sistem mengembangkan keahlian lebih besar dalam area bisnis tempat ia ditugaskan untuk melengkapi keahlian teknis.

20 TERIMA KASIH Ada pertanyaan????Ada pertanyaan????


Download ppt "ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI. 1.Kerangka Analisis dan Desain Sistem 2.Stakeholeder Sistem 3.Driver Bisnis untuk Sistem Informasi Masa Kini 4.Driver."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google