Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamualaikum Wr. Wb. TRIGMASTER ELEKTRIK Presented by: Pingkan Normalitasari (A 410 080 165) Inna Mutmainnah R. (A 410 080 172) Agus Supriyanto (A.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamualaikum Wr. Wb. TRIGMASTER ELEKTRIK Presented by: Pingkan Normalitasari (A 410 080 165) Inna Mutmainnah R. (A 410 080 172) Agus Supriyanto (A."— Transcript presentasi:

1

2 Assalamualaikum Wr. Wb.

3 TRIGMASTER ELEKTRIK

4 Presented by: Pingkan Normalitasari (A ) Inna Mutmainnah R. (A ) Agus Supriyanto (A ) Suci Cahyaningsih (A ) Desy Styoningsih (A )

5 Pendahuluan Alat peraga matematika merupakan seperangkat benda yang dirancang, dibuat, dihimpun, atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep – konsep atau prinsip – prinsip dalam matematika. Alat peraga juga merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawa ciri – ciri dari konsep yang dipelajari.

6 Tujuan 1. Mendeskripsikan proses pembuatan alat peraga Trigmaster Elektrik. 2. Mendeskripsikan cara penggunaan alat peraga Trigmaster Elektrik.

7 Manfaat 1. Manfaat Teoritis ▫ Meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep trigonometri. ▫ Menunjukkan siswa secara jelas tentang nilai sinus dan cosinus fungsi trigonometri untuk sudut istimewa. ▫ Sebagai media untuk menunjukkan hubungan antara konsep matematika dengan dunia di sekitar kita serta aplikasi konsep dalam kehidupan nyata. ▫ Merangsang siswa untuk lebih menyukai pelajaran matematika.

8 Lanjutan… 2. Manfaat Praktis Bagi siswa untuk lebih mudah memahami konsep tentang trigonometri serta menunjukkan nilai sinus dan cosinus fungsi trigonometri untuk sudut istimewa. Bagi guru akan termotivasi untuk menciptakan alat peraga yang lebih banyak agar mendukung proses pembelajaran matematika yang aktif dan terstruktur. Bagi sekolah menambah perbendaharaan alat peraga di laboratorium matematika sekolah.

9 Deskripsi Alat Peraga Trigmaster elektrik merupakan suatu alat peraga yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran khususnya materi Trigonometri dalam menentukan nilai sudut-sudut istimewa. Pada trigmaster elektrik ini hanya memuat fungsi sinus dan cosinus saja. Alat peraga ini berupa pola koordinat kartesius dan sudut yang digambar menjadi satu bagian. Sumbu x dan sumbu y pada koordinat kartesius mewakili nilai sudut istimewa. Setiap nilai mempunyai satu buah lampu sedangkan sudutnya mempunyai dua buah lampu. Lampu-lampu tersebut digunakan untuk menunjukkan pasangan sudut dan nilainya. Nilai sinus dan sudutnya diwakili oleh lampu berwarna merah sedangkan nilai cosinus dan sudutnya diwakili oleh lampu berwarna biru.

10 Lanjutan.. Rancangan alat peraga TRIGMASTER ELEKTRIK

11 Bentuk Alat Peraga

12 Alat dan Bahan ALAT 1.Palu 2.Gergaji 3.Paku 4.Pensil atau spidol 5.Penggaris 6.Jangka 7.Bor listrik 8.Lem 9.Gunting 10.Solder

13 Bahan 1.Papan triplek 80 x 80 cm 2.Melamin putih 80 x 80 cm 3.Lampu LED warna merah 30 buah, warna biru 30 buah 4.Kayu reng 45 cm 5.Kabel kecil 15 m 6.Kabel steker 7.Tenol 8.Resistor 35 buah, 100 ohm 9.Dioda 5 buah 10.Elco 1 buah, 16 V/ Trafo 0,5 Ampere 12.Saklar 1 buah 13.Selektor 8 buah 14.Steker 1 buah 15.Kertas asturo 2 buah

14 CARA PEMBUATAN 1.Siapkan papan triplek dan melamin berukuran 80 x 80 cm. 2.Gambar pola trigmaster pada salah satu papan melamin menggunakan spidol. 3.Ukur masing-masing sudut dan nilai sudut istimewa pada pola trigmaster. 4.Bentuk pola tempat sudut dan nilai sudut pada trigmaster, tebalkan pola dengan spidol. 5.Tandai tempat lampu LED, selektor, dan saklar pada trigmaster kemudian lubangi dengan bor listrik. 6.Pasangkan lampu LED, selektor, dan saklar pada lubang yang tersedia. 7.Rangkai rangkaian arus listrik pada bagian belakang melamin.

15 Lanjutan… 8.Pakailah solder dan tenol untuk merangkai lampu LED, selektor, saklar, trafo, resistor, elco, dioda, dan kabel agar menjadi rangkaian yang diinginkan. 9.Sambungkan semua rangkaian arus listrik pada kabel steker. 10.Pasangkan steker pada kabel tersebut agar menghantarkan listrik. 11.Tutup bagian belakang melamin yang sudah terpasang rangkaian arus listrik dengan triplek. 12.Pasangkan kayu sebagai jarum penunjuk sudut pada alat peraga trigmaster. 13.Alat peraga “Trigmaster Elektrik” siap untuk digunakan.

16 CARA KERJA 1.Hubungkan steker dengan arus listrik. 2.Nyalakan saklar dalam posisi ON. 3.Arahkan jarum pada sudut istimewa yang dicari. 4.Atur selektor pada sudut yang diinginkan, dengan sumbu x untuk mencari nilai cos atau dengan sumbu y untuk mencari nilai sin. 5.Lihat lampu yang menyala, pada sudut dan pada nilai sudut istimewa. Lampu berwarna merah untuk sinus dan lampu berwarna biru untuk cosinus. 6.Bila kedua lampu berwarna sama, berarti nilai sin atau cos yang dicari benar.

17 Cara Menggunakan Trigmaster Elektrik

18

19 Menentukan Nilai Sinus Sudut Istimewa

20

21 Menentukan Nilai Cosinus Sudut Istimewa

22

23 KESIMPULAN 1.Dengan menggunakan alat peraga trigmaster elektrik maka siswa dapat lebih mengerti dan memahami konsep trigonometri. 2.Dengan menggunakan alat peraga trigmaster elektrik maka dapat mempermudah siswa dalam menghitung nilai sin dan cos pada sudut-sudut istimewa.

24 SARAN 1.Sebaiknya sebelum menggunakan alat peraga trigmaster elektrik siswa memahami grafik fungsi trigonometri terlebih dahulu. 2.Sebaiknya dalam menyajikan alat peraga harus disertai dengan contoh-contoh yang mudah dan dapat dimengerti oleh siswa. 3.Guru hendaknya dapat menggunakan alat peraga trigmaster elektrik dengan baik agar siswa lebih paham dan mudah memecahkan masalah yang berkaitan dengan trigonometri. 4.Siswa hendaknya dapat menggunakan alat peraga trigmaster elektrik sehingga mudah dalam mengerjakan soal yang berkaitan trigonometri.

25 Sekian & Terima kasih

26 Wassalamualaikum Wr. Wb.


Download ppt "Assalamualaikum Wr. Wb. TRIGMASTER ELEKTRIK Presented by: Pingkan Normalitasari (A 410 080 165) Inna Mutmainnah R. (A 410 080 172) Agus Supriyanto (A."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google