Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR COMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI 1C JENIS APLIKASI COMPUTER BAG. 2 Aplikasi Menurut Environtment Cara Mendapatkan Aplikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR COMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI 1C JENIS APLIKASI COMPUTER BAG. 2 Aplikasi Menurut Environtment Cara Mendapatkan Aplikasi."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR COMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI 1C JENIS APLIKASI COMPUTER BAG. 2 Aplikasi Menurut Environtment Cara Mendapatkan Aplikasi

2 Aplikasi Menurut Environtment

3 ENVIRONTMENT APPLICATION COMPUTER  Environtment Computer merupakan lingkungan aplikasi yang berhubungan dengan internal dan eksternal computer.  Internal environtment computer dimaksudkan apakah aplikasi tersebut dapat cocok terpasang (terinstal) di computer dengan baik, dll.  Exkternal environtment computer dimaksudkan bagaimana hubungan user terhadap aplikasi tersebut, apakah user menggunakan aplikasi tersebut untuk membantu pekerjaan sehari-hari, bagaimana aplikasi computer saling terhubung (terkoneksi) dengan computer lainnya (sharing application).

4 JENIS APLIKASI MENURUT ENVIRONTMENT  Ada dua jenis aplikasi menurut environtment : 1. Client/Server 2. Stand Alone

5 CLIENT - SERVER  Komputer Server adalah salah satu infrastruktur yang paling penting dalam organisasi atau sistem. Apa itu Server? Terletak pada istilahnya.  Server adalah Komputer yang melayani beberapa atau semua computer (terminal) yang terhubung kepadanya.  Sehingga, aplikasi yang tersimpan di computer ini, computer klien dan atau terminal lain terhubung dapat mengaksesnya

6 FUNGSI SERVER  Fungsi server tergantung pada penggunaan Server itu sendiri. Fungsi Server secara umum diantaranya : a. Menyimpan Aplikasi dan Database yang dibutuhkan oleh computer yang terhubung. b. Menyediakan fitur keamanan computer. c. Melindungi semua computer terhubung menggunakan firewall. d. Menyediakan IP Address untuk mesin computer terhubung.

7 FITUR KOMPUTER SERVER  Server yang dipilih untuk sebuah sistem organisasi harus memenuhi kondisi tertentu diantaranya :  Dibutuhkan ukuran memori atau RAM yang cukup besar untuk menampung jumlah Query yang dijalankan oleh computer yang terhubung  Kecepatan Processor (Giga Hertz)  Kapasitas Penyimpanan HardDrive harus besar.

8 JENIS – JENIS SERVER  Server Platform : Hardware atau software dasar untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakan sistem.  Server aplikasi : Dikenal juga sebagai Middleware, berfungsi sebagai pengolah perintah dari client dan database.  Web Server : Menyediakan konten ke web browser, web server berkomunikasi menggunakan HTTP (iHypertext Transfer Protocol).  Mail Server : Server yang bertugas menangani .  IRC Server : Internet Relay Chat server memungkinkan user untuk berdiskusi melalui jaringan.

9 JENIS – JENIS SERVER LAINNYA  Server Audio/Video  Chat Server  Fax Server  FTP Server  Groupware Server  List Server  News Server  Proxy Server  Telnet Server  Virtual Server

10 CLIENT  Client adalah Sistem atau Proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke suatu server.  Contoh dari Client : Laptop, Komputer (PC) di WarNet,

11 CLIENT/SERVER DEFINITION  Client/Server termasuk ke dalam konsep pemrosesan sistem terdistribusi dengan baik.  Client/Server merupakan paradigm dalam teknologi informasi yang merujuk pada metode untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam pihak klien dan pihak server.  Menurut Budhi Irawan, Client Server adalah “Komputer database yang ebrada di pusat yang informasinya bias dipakai bersama-sama oleh beberapa user yang menjalankan aplikasi di dalam computer local yang disebut client”.

12 CLIENT/SERVER DEFINITION  Menurut Agus Mulyanto, Client Server adalah “ Arsitektur yang paling banyak dipakai di teknologi modrn ini dimana client mampu melakukan proses secara mandiri saat meminta data dan server akan mengirimkan data sesuai permintaan kemudian proses akan dilakukan oleh client.”  Menurut Budi Sutedjo Dharma Oetomo, Arsitektur client server adalah “Suatu model koenktivitas jaringan yang membedakan fungsi computer sebagai client ataus erver. Arsitektur ini berfungsi sebagai server yang memiliki tugas untuk memberikan layanan pada client yang terhubung dalam jaringan tersebut.”

13 LINGKUNGAN DATABASE CLIENT/SERVER  Menggunakan protocol utama iTransmission Control Protocol/Internet protocol (TCP/IP).  Sistem Operasi yang digunakan biasanya UNIX, LINUX, Windows Server.  Lingkungan Database Client/Server :  Menggunakan LAN untuk mendukung Jaringan PC atau Wireless.  Masing-masing PC memiliki penyimpanan tersendiri.  Berbagai Hardware atau software.

14 KOMPONEN DASAR CLIENT/SERVER  Pada dasarnya client server terdiri dari 3 komponen pembentuk dasar, yaitu Client, Middleware, dan Server. Gabungan dari 3 komponen tersebut digambarkan sebagai berikut :

15 ARSITEKTUR FILE SERVER  Model pertama Client/Server  Semua pemrosesan dilakukan pada sisi workstation  Satu atau beberapa server terhubungkan dalam jaringan  Server bertindak sebagai file server  File server bertindak sebagai pengelola file dan memungkinkan klien mengakses file tersebut  Setiap klien dilengkapi DBMS tersendiri  DBMS berinteraksi dengan data yang tersimpan dalam bentuk file pada server

16 ARSITEKTUR DATABASE SERVER  Klien bertanggung jawab dalam mengelola antar muka pemakai (mencakup logika penyajian data, logika pemrosesan data, logika aturan bisnis)  Database server bertanggung jawab pada penyimpana, pengaksesan, dan pemrosesan database  Database serverlah yang dituntut memiliki kemampuan pemrosesan yang tinggi  Beban jaringan menjadi berkurang  Otentikasi pemakai, pemeriksaan integrasi, pemeliharaan data dictionary dilakukan pada database server  Database server merupakan implementasi dari two-tier architecture

17 ARSITEKTUR CLIENT/SERVER  Two – Tier ArchitectureThree-Tier Architecture

18 CLIENT/SERVER SIMULATION From : https://www.youtube.com/watch?v=x_7Q6I9PMfA

19 STAND ALONE DEFINITION  Personal Computer, hanya terdiri dari 1 unit computer yang berdiri sendiri dengan sumber daya sendiri.  1 Unit PC terdiri dari :  Monitor  CPU  Keyboard  Mouse  Printer  Scanner, dll.

20 SISTEM STAND ALONE  Stand Alone juga dikenal dengan Stand Alone System (SAS) maksudnya Sistem yang dapat berjalan tanpa terhubung dengan ajringan internet. Seperti, Operating System atau Beberapa program yang dapat diinstal tanpa terhubung dengan internet.  Beberapa publisher perangkat lunak sengaja merancang aplikasi yang bekerja Stand Alone.  Beberapa publisher juga menyediakan versi khusus untuk bekerja secara stand alone. Kenapa?  Lebih Praktis  Mampu bekerja secara insidensial  Tidak kalah dengan versi penuh (full version) yang membutuhkan instalasi.  Dapat bekerja secara Portable atau dapat pula digunakan sebagaimana aplikasi penuh (Full Version).

21 SISTEM STAND ALONE  Walaupun Stand Alone, beberapa aplikasi tetap harus membutuhkan koneksi Internet dimana untuk kebutuhan Update atau Upgrade ke versi yang lebih tinggi.  Aplikasi Stand Alone belum tentu disebut Portable.  Istilah Portable merujuk pada manfaat pendayagunaan media sepert flash disk.

22 ARSITEKTUR APLIKASI STAND ALONE Aplikasi stand alone adalah aplikasi komputer yang dapat dijalankan hanya pada satu komputer. Database dan programnya menjadi satu di dalam komputer tersebut, karena database dan program menyatu di dalam satu komputer maka aplikasi stand alone ini biasanya disebut sebagai aplikasi satu tingkat (one tier).

23 Cara Mendapatkan Aplikasi

24 BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN APLIKASI?  Create Application  Buy  Rent

25 CREATE APPLICATION Create Apllication merupakan salah satu dari 3 cara untuk mendapatkan Aplikasi. Membuat aplikasi ini membutuhkan :  Metode,  Waktu,  Biaya, dan  Sumber Daya yang cukup untuk dapat menghasilkan suatu aplikasi yang baik dan berguna sesuai kebutuhan dari organisasi atau personal yang menggunakannya.

26 CREATE APPLICATION NEEDS  Metode yang biasa digunakan dalam membuat aplikasi dikenal dengan istilah System Development Life Cycle (SDLC).  Tahap yang dibutuhkan adalah :  Planning  Analysis  Design  Implementation  Maintenance

27 CREATE APPLICATION NEEDS  Waktu  Membutuhkan waktu (scheduling) untuk membuat suatu aplikasi yang bisa digunakan.  Biaya  Biaya dibutuhkan untuk mendukung pembuatan aplikasi, seperti pembelian server, pembelian computer client, license support software. Semuanya biasanya menggunakan metode seperti GantChart, PERT, dan CPM.

28

29

30

31

32 CREATE APPLICATION NEEDS  Sumber Daya Sumber Daya disini dimaksudakan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Perangkat yang dibutuhkan. Sumber Daya Manusia : Siapakah yang bias membuatnya? Menggunakan Apa? Bahasa Pemrograman Apa? Bahasa pemrograman misalnya : Java, C++, Cobol, C#, Pascal, PHP, HTML, dll. Sumber Daya Perangkat yang dibutuhkan apakah tersedia? Organisasi mampu membelinya ?, dll.

33 BUY APPLICATION  Buy atau membeli adalah cara lain untuk mendapatkan aplikasi. Membeli aplikasi tersebut berarti membeli license yang disediakan oleh Vendor atau penyedia Software tersebut.  From :

34 RENT APPLICATION  Rent Application merupakan salah satu cara untuk mendapatkan aplikasi untuk bias digunakan dengan menyewa kepada provider.  Istilah Rent Application lebih dikenal dengan nama “Application Service Provider” (ASP).  ASP yang menyewakan software aplikasi, seperti aplikasi messaging, spreadsheet, database, keuangan, akuntansi dan lain-lain. Bahkan di Internet pun sudah bisa kita jumpai situs-situs Web yang menyewakan aplikasi office,scanning virus, manajemen proyek, dan lain-lain.

35 PERKEMBANGAN RENT APPLICATION  Menurut Gartner Group, tahun 1999 lalu, pendapatan ASP di seluruh dunia mencapai US$ 1 juta. Tetapi tahun 2001 sudah mencapai US$ 3,5 milyar. Dan ini membengkak kian besar, dan akan menjadi US$ 25 milyar pada tahun  Biaya sewa aplikasi Office dan Exchange dari ASP yang ada di luar negeri sekitar US$ US$ 150 per bulan per pemakai. Sebagai bandingan, bila Anda membeli software Microsoft Office harus mengeluarkan US$ US$ 500, sedangkan untuk Microsoft Exchange sekitar US$ 1200 untuk lima pemakai. Sumber : https://groups.yahoo.com/neo/groups/berita-it/conversations/topics/7195

36  END OF FILE …..


Download ppt "PENGANTAR COMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI 1C JENIS APLIKASI COMPUTER BAG. 2 Aplikasi Menurut Environtment Cara Mendapatkan Aplikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google