Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FTP Security Kelompok 10 : Gede Eka Pramana Muhammad Kamal Putra Mutiara Shabrina Utami Yanri Fajar Aghisna.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FTP Security Kelompok 10 : Gede Eka Pramana Muhammad Kamal Putra Mutiara Shabrina Utami Yanri Fajar Aghisna."— Transcript presentasi:

1 FTP Security Kelompok 10 : Gede Eka Pramana Muhammad Kamal Putra Mutiara Shabrina Utami Yanri Fajar Aghisna

2 Pengertian FTP FTP (File Transfer Protokol) adalah protokol yang paling awal dikembangkan, dan masih dipergunakan sampai saat ini untuk melakukan tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.

3 FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

4 Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut : Untuk tujuan sharing data Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

5 FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

6 Cara Kerja FTP

7 Macam Serangan Pada FTP FTP sebenarnya cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di-enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, username, password, data yang di transfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (sniffer). Berikut ini adalah contoh teknik-teknik serangan berupa pencurian data account FTP :

8 Salah satu teknik pencurian account ialah dengan merekam data penggunaan keyboard sebuah komputer. Tapi sebenernya kurang tepat bila malware menggunakan metode ini untuk mencuri data account FTP, terutama karena hampir semua FTP Client dapat menyimpan data tersebut sehingga user tidak perlu lagi melakukan pengetikan user dan password pada setiap akses. Jadi sangat kecil kemungkinan bahwa teknik ini yang digunakan. Merekam penggunaan keyboard (keylogging)

9 Mencuri data Server dari FTP Client Karena hampir semua FTP Client dapat menyimpan data account FTP, teknik ini lebih masuk akal dari pada keylogging. Tapi masih lumayan rumit untuk diterapkan karena setiap FTP Client memiliki cara penyimpanan sendiri yang pasti tidak sama.

10 Cara ini yang paling mudah dan mungkin dilakukan oleh Malware. Dia tidak perlu repot-repot mencari FTP Client apa yg ada pada sebuah komputer serta mencari tahu bagaimana penyimpanan data account FTP. Cukup menunggu adanya koneksi FTP dan dalam sekejap data account FTP yang dikirimkan bisa langsung dicopet. Mengendus koneksi FTP (sniffing)

11 Sekian dan Terimakasih


Download ppt "FTP Security Kelompok 10 : Gede Eka Pramana Muhammad Kamal Putra Mutiara Shabrina Utami Yanri Fajar Aghisna."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google