Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Noise Minggu (10). Why? Perhitungan mengenai performansi pada komunikasi wireless membutuhkan pemahaman mengenai noise. Misalnya: Signal to Noise Ratio.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Noise Minggu (10). Why? Perhitungan mengenai performansi pada komunikasi wireless membutuhkan pemahaman mengenai noise. Misalnya: Signal to Noise Ratio."— Transcript presentasi:

1 Noise Minggu (10)

2 Why? Perhitungan mengenai performansi pada komunikasi wireless membutuhkan pemahaman mengenai noise. Misalnya: Signal to Noise Ratio (SNR) Jenis-jenis perhitungan performansi adalah Bit Error Rate, Signal to Noise Ratio (SNR), Peak Signal to Noise Ratio (PSNR), Mean Squared Error (MSE) dan lain-lain.

3

4 Bit Error Rate (BER) BER=jumlah bit error/Jumlah keseluruhan bit yang diterima Yang dimaksud dengan “error” adalah kesalahan bit bila yang diterima “1” sedangkan yang dikirim adalah “0” atau sebaliknya.

5 Signal to Noise and Interference Ratio (SINR) Bit error tergantung dari daya sinyal yang diterima dibandingkan dengan sinyal yang mengalami kerusakan. Berikut ini merupkan rumus perhitungan SINR

6 Thermal Noise Thermal noise atau disebut dengan white noise, mempunyai daya yang sama pada semua frekuensi, dinotasikan dengan – merupakan konstanta Boltzman dengan nilainya watt/K/Hetz – merupakan temperatur dengan satuan Kelvin – merupakan bandwidth

7 Thermal noise power spectral density dirumuskan sebagai, hitung nilai jika kelvin?

8 Sensitifitas Penerima (Receiver Sensitivity ) Daya minimum sinya penerima dibutuhkan pada input penerima untuk menyediakan SNR yang mencukupi pada output penerima untuk melakukan demodulasi. Nilai SNR tergantung pada: – Daya sinyal terima – Background thermal noise pada antena ( ) – Noise yang ditambahkan oleh penerima ( )

9 Noise figure (F) mengukur peningkatan noise berdasarkan sumber noise di penerima relatif terhapad noise input

10 Shanon Hartley-Theorem Kapasitas kanal, yang dimaksud dengan kanal adalah kanal transmisi, baik berupa udara untuk komunikasi waireless ataupun kabel, serat optik dan lain sebagainya untuk komunikasi wired. Nilai puncak dari bit informasi dengan bit rate rendah dapat diberikan sesuai daya S termasuk daya white gaussian noise dengan daya N.

11 – C merupakan kapasitas kanal dengan satuan bit per detik – B merupakan bandwidth dari kanal dengan satuan hertz – S total daya penerima melewati bandwith dengan satuan watt – N merupakan total daya noise atau total interferensi melalui bandwidth dengan satuan watt – S/N merupakan perbandingan antara sinyal dan noise atau signal to Noise Ratio (SNR). Sebagai perbandingan daya dengan satuan watt, jika dalam desibel merupakan pengurangan daya.

12 Example: Pada komunikasi dengan jaringan telepon dikatahui SNR 1000 dan bandwith 3.4 KHz, hitung kapasitas kanal?

13 Perhitungan Kapasitas Pada Jaringan Troughput capacity: perhitungan paket yang sukses dikirim setiap waktu Transport capacity: bit-meter  kondisi pada saat satu bit ditransmisikan pada jarak satu meter


Download ppt "Noise Minggu (10). Why? Perhitungan mengenai performansi pada komunikasi wireless membutuhkan pemahaman mengenai noise. Misalnya: Signal to Noise Ratio."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google