Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011. Arsitektur Basis Data Menurut ANSI, arsitektur basis data terbagi atas tiga level yaitu : Internal/Physical.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011. Arsitektur Basis Data Menurut ANSI, arsitektur basis data terbagi atas tiga level yaitu : Internal/Physical."— Transcript presentasi:

1 BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011

2 Arsitektur Basis Data Menurut ANSI, arsitektur basis data terbagi atas tiga level yaitu : Internal/Physical Level: berhubungan dengan bagaimana data disimpan secara fisik (physical storage) External /View Level: berhubungan dengan bagaimana data di representasikan dari sisi setiap user. Conceptual/Logical Level: yang menghubungkan antara internal & external level BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011

3 Arsitektur Basis Data BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011

4 Arsitektur Basis Data BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011 Arsitektur sistem basis data sangat dipengaruhi oleh sistem komputer dimana ia dijalankan, terutama oleh aspek komputer seperti : 1. Jaringan Jaringan komputer memungkinkan beberapa tugas dieksekusi pada sistem server dan beberapa lainnya pada sistem client. Pembagian pekerjaan memunculkan sistem basisdata client-server. 2. Pararelisme Pemrosesan paralel dalam sistem komputer memungkinkan aktivitas sistem basisdata dipercepat, respon lebih cepat pada transaksi, serta lebih banyak transaksi yang dapat direspon per detik. 3. Distribusi Distribusi data keseluruh tempat atau departemen dalam organisasi memungkinkan data berada ditempat dimana mereka dibuat dan dibutuhkan, tetapi masih tetap dapat diakses dari tempat lain.

5 Lingkungan Basis Data BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, Sistem Terpusat Sistem basisdata terpusat adalah sistem yang berjalan pada sistem komputer tunggal dan tidak berinterksi dengan sistem komputer lain.  DBMS, Basis Data dan aplikasi Basis Data ditempatkan pada komputer yang sama  Hanya bisa dipakai oleh satu pemakai pada saat yang bersamaan

6 Lingkungan Basis Data BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, Sistem Client-Server  Terdiri dari 2 komponen utama yaitu client dan server. Client berisi aplikasi basis data; server berisi DBMS dan basis data.  Ada dua macam lapisan : Arsitektur 2 lapis (2-tier) Arsitektur 3 lapis (3-tier)

7 Model – Model Data BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011 Model data dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian : 1.Model Data Hirarki Dalam model ini, data disusun menurut struktur pohon yang merupakan bentuk lain dari abstraksi data untuk basis data akademi.

8 Model – Model Data BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, Model Data Jaringan Dalam model ini setiap entitas dapat mempunyai banyak induk dan banyak anak

9 Model – Model Data BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, Model Data Relasional Dalam model ini setiap field dapat dijadikan kunci data. Data rekaman disusun dari nilai yang berhubungan (record). Baris-baris ini akan membentuk tabel yang umunya tersimpan dalam satu berkas (file).

10 Konsep DBMS BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011 DBMS (DataBase Management System) adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas.

11 Konsep DBMS BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011 Jika pengelolaan sistem pemrosesan yang berbasis berkas dilakukan dengan lebih baik, maka duplikasi data ditiadakan.

12 Konsep DBMS BASIS DATA 1 – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011 DBMS memiliki beberapa keuntungan antara lain : 1.Independensi data DBMS menyediakan pendekatan yang membuat perubahan dalam data tidak membuat program harus diubah. 2.Pengaksesan yang efisien terhadap data DBMS menyediakan berbagai teknik yang canggih sehingga penyimpanan dan pengambilan data dilakukan secara efisien. 3.Integritas data Karena data dikendalikan oleh DBMS, maka DBMS dapat melakukan kendala integritas terhadap data. Segala sesuatu yang tidak sesuai dengan definisi suatu field dan kekangan yang melekat pada field akan ditolak. Sebagai contoh, jika field jenis kelamin dinyatakan berupa P atau W, maka penyimpanan L ke field tersebut dengan sendirinya akan ditolak oleh DBMS.

13 Konsep DBMS BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, Administrasi data Jika sejumlah pemakai berbagi data, pemusatan administrasi data dapat meningkatkan perbaikan yang sangat berarti. Dengan cara seperti ini, duplikasi atau redundansi data dapat diminimalkan. 5.Akses bersamaan dan pemulihan terhadap kegagalan DBMS menyediakan mekanisme sehingga data yang sama dapat diakses oleh sejumlah orang dalam waktu yang sama. Selain itu, DBMS melindungi pemakai darn efek kegagalan sistem. Jika terjadi kegagalan, DBMS dapat mengembalikan data sebagaimana kondisi saat sebelum terjadi kegagalan. 6.Pengembangan aplikasi dipermudah DBMS menawarkan banyak fasilitas yang memudahkan dalam pengembangan aplikasi sehingga waktu pengembangan aplikasi dapat diperpendek.

14 Jenis Data Pada Basis Data BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011 DBMS masa kini mendukung berbagai jenis data, dari teks, suara, hingga gambar.


Download ppt "BASIS DATA DASAR – STIKOM PGRI BANYUWANGI, 2011. Arsitektur Basis Data Menurut ANSI, arsitektur basis data terbagi atas tiga level yaitu : Internal/Physical."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google