Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By: Ir. Suyatno, M.Si. Animal Husbandry Department, Agricultural Scienses Faculty, University of Muhammadiyah Malang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By: Ir. Suyatno, M.Si. Animal Husbandry Department, Agricultural Scienses Faculty, University of Muhammadiyah Malang."— Transcript presentasi:

1 By: Ir. Suyatno, M.Si. Animal Husbandry Department, Agricultural Scienses Faculty, University of Muhammadiyah Malang

2 Apa yang ingin dicapai dari penelitian yang dilakukan (goal of research). Maksud peneliti melakukan penelitian terkait dengan perumusan masalah dan judul. Biasanya dinyatakan dalan bentuk : - Untuk mengetahui….. - Untuk menjelaskan…. - Untuk memprediksi….., dll.

3 Contoh : dari rumusan masalah di atas, dapat disusun tujuan: 1. Untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan pelet dengan kandungan protein berbeda terhadap pertumbuhan Lele Dumbo. 2.Untuk menetapkan kandungan protein pakan pelet yang paling baik. 3.Untuk menggambarkan pola respon kandungan protein pakan pelet dengan pertumbuhan Lele Dumbo. 1. Untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan pelet dengan kandungan protein berbeda terhadap pertumbuhan Lele Dumbo. 2.Untuk menetapkan kandungan protein pakan pelet yang paling baik. 3.Untuk menggambarkan pola respon kandungan protein pakan pelet dengan pertumbuhan Lele Dumbo.

4 Kegunaan yang dapat dipetik dari hasil penelitian. Tergantung tujuan utama penelitian : - Pengembangan Ilmu - Aplikatif Tidak terkait langsung dengan perumusan masalah, tetapi dapat secara global.

5 Contoh : Manfaat Penelitian : 1.Untuk menambah khasanah ilmu perikanan, khususnya dalam hal nutrisi pakan lele dumbo. 2.Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian pakan lele dumbo untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil panen. 3.Hasil penelitian juga dapat digunakan sebagai informasi bagi peneliti lain yang tertarik untuk mendalami ilmu nutrisi ikan.

6 I.PENDAHULUAN A. Latar Belakang B. Perumusan Masalah C. Tujuan dan Manfaat 1. Tujuan penelitian 2. Manfaat penelitian Menguraikan pentingnya masalah untuk diteliti. Mencerminkan Judul Uraian logis dan runut. Disusun secara mengrucut.

7 I.PENDAHULUAN A. Latar Belakang Contoh Lengkap: Dewasa ini, budidaya lele dumbo sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Lele dumbo lebih disukai untuk dibudidayakan, karena beberapa alasan, antara lain : kebutuhan cukup tinggi, bibit mudah diperoleh, tidak membutuhkan kolan luas, tatalaksana pemeliharaan mudah, pertumbuhan cepat, masa panen pendek, harga relatif baik, dan pemasaran hasil relatif mudah. Sistem budidaya lele dumbo oleh masyarakat masih banyak yang bersifat tradisional, dalam arti : modal terbatas, kolam terbatas, pemeliharaan seadanya, dan masih bersifat usaha sambilan. Kondisi ini menyebabkan hasil panen belum sepenuhnya dapat mengangkat derajat ekonomi petani ikan. Menurut beberapa laporan, diperoleh kenyataan bahwa hasil panen lele dumbo yang dipelihara secara tradisional masih rendah, yaitu …… gram dalam 5 bulan. Kondisi ini akan berakibat hasil panen yang rendah yang pada gilirannya masih belum dapat meningkatkan nilai keuntungan usaha. Bahkan bila dikalkulasi secara ekonomis, usaha tersebut masih rugi.

8 Rendahnya hasil panen sangat terkait dengan bobot akhir lele dumbo saat dipanen. Lele dumbo yang bobot badannya rendah diakibatkan oleh tingkat pertumbuhan yang tidak optimal. Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan lele dumbo. Beberapa faktor utama tersebut antara lain: faktor genetis (bibit yang kurang baik), kondisi kolam (luas, lokasi, irigasi, lingkungan sekitar, dan lain-lain), faktor pakan, tatalaksana pemeliharaan, serta hama dan penyakit. Upaya peningkatan pertumbuhan lele dumbo dapat dilakukan dengan memperbaiki faktor-faktor tersebut. Dalam penelitian ini akan dicoba mempelajari faktor pakan, khususnya kandungan nutrisinya. Salah satu nutrisi yang sangat penting adalah protein pakan. Seperti diketahui, protein merupakan salah satu nutrisi yang berfungsi dalam pertumbuhan organisme, termasuk lele dumbo. Secara teoritis, semakin tinggi kandungan protein pakan akan semakin meningkatkan pertumbuhan lele dumbo yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil panen dan meningkatkan keuntungan. Protein akan menjamin sel-sel tubuh untuk melakukan perkembangan dan pembelahan, sehingga secara simultan tubuh lele akan lebih cepat pertumbuhannya. Untuk itulah penelitian ini dilakukan dengan membatasi masalah pada pengaruh pemberian pakan pelet dengan kandungan protein berbeda terhadap pertumbuhan lele dumbo.

9 B. Perumusan Masalah 1.Apakah kandungan protein pakan yang berbeda mempengaruhi pertumbuhan lele dumbo? 2.Kandungan protein berpa persen dalam pakan yang dapat menghasilkan pertumbuhan terbaik pada lele dumbo? 3.Apakah semakin tinggi protein akan semakin meningkatkan pertumbuhan lele dumbo? (Atau: Bagaimana bentuk respon protein pakan dengan pertumbuhan lele dumbo?). C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian (seperti di atas) 2. Manfaat Penelitian (seperti di atas)

10 Tugas Proposal I Buatlah proposal penelitan dengan ketentuan: Dikerjakan secara kelompok (3 mahasiswa) Isi tugas adalah : Judul Penelitian, Latar Belakang, Perumusuan Masalah, serta Tujuan dan Manfaat Penelitian Ketentuan penulisan : (lihat silabus) Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Dikerjakan secara kelompok (3 mahasiswa) Isi tugas adalah : Judul Penelitian, Latar Belakang, Perumusuan Masalah, serta Tujuan dan Manfaat Penelitian Ketentuan penulisan : (lihat silabus) Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.


Download ppt "By: Ir. Suyatno, M.Si. Animal Husbandry Department, Agricultural Scienses Faculty, University of Muhammadiyah Malang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google