Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Review Jaringan Komputer Materi 0 Pemrograman Jaringan Dosen: Eko Prasetyo Teknik Informatika UMG 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Review Jaringan Komputer Materi 0 Pemrograman Jaringan Dosen: Eko Prasetyo Teknik Informatika UMG 2012."— Transcript presentasi:

1 Review Jaringan Komputer Materi 0 Pemrograman Jaringan Dosen: Eko Prasetyo Teknik Informatika UMG 2012

2 Jaringan Komputer  Sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan satu dengan yang lain menggunakan protokol komunikasi tertentu melalui media komunikasi sehingga dapat berbagi informasi, program penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, hardisk, dll.  Tujuan pembangunan jaringan komputer  Berbagi sumber daya  Komunikasi, spt: , instant messaging, chatting  Penyebaran informasi  Penggunaan aplikasi bersama., spt: SIAKAD, SI diperusahaan, website, 2

3 Topologi Jaringan Komputer 3

4 Klasifikasi Jaringan Komputer  Berdasarkan jangkauan geografis:  PAN  LAN  MAN  WAN  Internet  Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data:  Peer-to-peer  Client Server 4

5 Model referensi arsitektur jaringan  Model referensi jaringan terbuka OSI (OSI Reference Model for open networking) adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun  Model ini disebut juga dengan model “Model tujuh lapis OSI” (OSI seven layer model).  Model yang lain: TCP/IP, Darpa. 5

6 Physical Layer 6  Media transmisi  Jalur fisik antara transmiter dan receiver  Guided Media  Gelombang di guide sepanjang media yang solid  Contoh: twisted pair, kabel coaxial, fiber optik  Unguided Media  Memberikan sarana untuk transmisi tetapi tidak meng-guide sinyal elektromagnetik  Biasanya disebut transmisi nirkabel (wireless transmission)  Contoh: atmosfer, ruang angkasa, udara, gelombang elektromagnetik.  Protokol: UTP Cat 5, Wireless b/g/n, dsb.

7 Data Link Layer 7  Data-link layer berfungsi mentransfer data dari satu simpul (node) ke simpul yang berdekatan melalui saluran (link)  Tugas utama:  Services Provided to the Network Layer  Framing  Character count, Flag byte – byte stuffing, Flag bits – bit stuffing  Error Control  Parity checks, Hamming Code, Checksum, CRC  Flow Control  Stop and wait ARQ, Continuous ARQ  Protokol: Ethernet, PPP, HDLC, dsb.

8 Network Layer 8  Membawa paket dari pengirim ke penerima  Disisi pengirim, membungkus paket kedalam datagram  Disisi penerima, menerima paket dan menyampaikan ke transport layer  Protokol network layer dalam setiap host, router  Router memeriksa field header semua datagram IP yang melewatinya.  Protokol: Internet Protokol, ICMP, NAT, DHCP, IPv6, dsb. network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical application transport network data link physical application transport network data link physical

9 Transport Layer 9  Menyediakan komunikasi logik antara pemroses aplikasi yang berjalan pada host yang berbeda  Protokol transport berjalan di end system :  Sisi pengirim : memecah pesan aplikasi kedalam segment, melewatkannya ke network layer  Sisi penerima : merakit kembali segment menjadi pesan, melewatkannya ke app layer  Lebih dari satu protokol transport bisa digunakan oleh App Layer  Internet : TCP dan UDP application transport network data link physical application transport network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical logical end-end transport

10 Transport Layer 10  Reliable, pengiriman urut (TCP)  congestion control  flow control  connection setup  Unreliable, pengiriman tidak urut (UDP)  no-frills extension of “best-effort” IP  Layanan yang tidak ada :  delay guarantees  bandwidth guarantees application transport network data link physical application transport network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical network data link physical logical end-end transport

11 Application Layer 11  Write programs that  Dijalankan pada endsystem yang berbeda  Berkomunikasi melalui jaringan  Contoh : web server berkomunikasi dengan browser  Tidak ada software yang ditulis khusus untuk perangkat jaringan  Inti jaringan tidak di handle dalam App Layer  Desain ini memudahkan membuah aplikasi GUI application transport network data link physical application transport network data link physical application transport network data link physical

12 Client-Server 12 server:  Host yang selalu hidup  IP address permanen  Banyak skala server clients:  Berkomunikasi dengan server  Terhubung sementara  Bisa mempunyai IP dinamis  Tidak berkomunikasi langsung dengan klien yang lain clients:  HTTP, FTP, DHCP, SMTP

13 Peer-to-Peer 13  Server tidak harus selalu hidup  Komunikasi dengan end sytem bisa kapan saja  Kedudukan antar host sederajat dan bisa mengubah alamat IP  Contoh: Gnutella, File sharing Highly scalable But difficult to manage

14 Proses komunikasi 14 Process: proses yang dijalankan didalam host.  Dalam host yang sama, dua proses berkomunikasi menggunakan inter- process communication (didefisikan oleh OS).  Proses dalam host yang berbeda berkomunikasi dengan pertukaran messages Client process: proses yang memulai komunikasi Server process: proses yang menunggu untuk dihubungi rNote: aplikasi dengan arsitektur P2P mempunyai proses client dan server

15 2: Application Layer15 App-layer protocol defines  Jenis pesan yang dipertukarkan, spt pesan request dan response  Jenis syntax pesan : bagian-bagian dalam pesan dan bagaimana bagian itu dipisahkan  Semantik bagian, spt makna informasi dalam field  Aturan kapan dan bagaimana proses pengiriman dan menjawab pesan Public-domain protocols:  Didefinisikan dalam RFC  allows for interoperability  Contoh : HTTP, SMTP Proprietary protocols:  Contoh : KaZaA

16 2: Application Layer16 Layanan tranport yang dibutuhkan application layer Data loss  Beberapa app (seperti audio) bisa mentoleransi kehilangan  Applikasi lain (seperti file transfer) tidak mentoleransi kehilangan, 100% reliable Timing  Aplikasi seperti Internet telephony, interactive games membutuhkan delay yang efektif Bandwidth rBeberapa aplikasi (seperti multimedia) membutuhkan jumlah bandwidth sedikit tapi “efektif” rAplikasi lain (elastis) memakai bandwidth sesuai dengan yang diinginkan.

17 Layanan transport yang dibutuhkan aplikasi secara umum 2: Application Layer17 Application file transfer Web documents real-time audio/video stored audio/video interactive games instant messaging Data loss no loss loss-tolerant no loss Bandwidth elastic audio: 5kbps-1Mbps video:10kbps-5Mbps same as above few kbps up elastic Time Sensitive no yes, 100’s msec yes, few secs yes, 100’s msec yes and no

18 Perbandingan: OSI, DARPA, TCP/IP 18 Wilayah perkuliahan kita: PEMROGRAMAN APLIKASI BERBASIS JARINGAN

19 Aplikasi berbasis jaringan 19  Aplikasi chatting bersama (group chat)  Aplikasi game berbasis jaringan  Aplikasi database  Transmisi data terenkripsi

20 Pokok-pokok Kuliah 20  Aplikasi multi-threading  RMI (Remote Method Invocation)  CORBA (Common Object Request Broker Architecture)  JDBC (Java Database Connectivity)  Servlet  Multimedia  Aplikasi berbasis jaringan terenkripsi: Diffie-Hellman, El-Gamal, RSA

21 Any Question ? 21


Download ppt "Review Jaringan Komputer Materi 0 Pemrograman Jaringan Dosen: Eko Prasetyo Teknik Informatika UMG 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google