Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan II: Mengenal Diri Sendiri PENGANTAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan II: Mengenal Diri Sendiri PENGANTAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan II: Mengenal Diri Sendiri PENGANTAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

2 Siapakah diriku?

3 Socrates (470 – 299 SM) Wujud tertinggi dari keunggulan manusia adalah mempertanyakan diri sendiri dan orang lain. “Kenalilah dirimu sendiri.”

4 Plato (429 – 347 SM) Manusia hendaknya senantiasa mencari dirinya sendiri dan setiap saat menguji dan mengkaji eksistensi/keberadaan dirinya di dunia.

5 Kenapa pemahaman tentang diri sendiri sangat krusial?

6 Myers (2012): Tidak ada satu pun topik dalam Psikologi yang lebih banyak diteliti saat ini selain topik tentang diri (Self).

7 Diri: Sikap Cinta Personality Emosi Persepsi Motivasi Stress Memory Stereotipe Abnormal behavior Development task Seksualitas Self Concept

8 Anda berada di suatu kota yang asing?

9 Kesadaran kita akan self atau diri membantu kita untuk: - mengorganisasikan pikiran, perasaan serta tindakan- tindakan kita. - memungkinkan kita untuk mengingat masa lalu, menilai masa kini serta merencanakan masa depan. - sehingga kita dapat berperilaku secara adaptif. (Myers, 2012).

10 Psikologi mengenal apa yang disebut sebagai konsep diri (self concept). Brehm, Kassin & Fein (2005) Konsep diri sebagai seluruh keyakinan yang dimiliki seseorang mengenai sifat-sifat yang ia miliki. Baron & Byrne (2004). Konsep diri terdiri dari kumpulkan keyakinan dan sikap terhadap diri sendiri.

11 Psikologi Perkembangan  Konsep diri mulai terbentuk semenjak bayi berusia bulan

12 Secara sederhana, menurut Myers (2012), konsep diri adalah jawaban-jawaban seseorang atas pertanyaan “ Siapa saya?”

13 Mengenal diri sendiri dengan…. - Memahami kelebihan, kekuatan, hal-hal positif, prestasi yang dimiliki - Mengetahui bakat, potensi, minat diri sendiri - Mengenali kekurangan, kelemahan dan keterbatasan diri sendiri - Memahami kecenderungan-kecenderungan yang ada pada diri - Mengenali apa yang kita sukai/apa yang tidak kita sukai - Mencoba jujur dan mengakui apa yang ada di dalam diri sendiri - Instropeksi diri - Meminta masukan dari orang lain

14 Apa saja yang menentukan konsep diri kita? Apa yang membentuk konsep diri kita?

15 1. Peran yang kita mainkan

16 2. Perbandingan dengan orang lain (social comparasion)

17 3. Pengalaman kesuksesan dan kegagalan

18 4. Penilaian orang lain

19 5. Budaya

20 Apa saja kelebihan dan kekuranganku?

21 Self Esteem Harga diri (self esteem) adalah evaluasi diri seseorang secara keseluruhan. Menurut Myers (2012), harga diri ini mencakup keseluruhan penilaian diri yang kita gunakan untuk menilai sifat dan kemampuan kita.

22 Hal ini menunjukkan bahwa harga diri dipengaruhi oleh persepsi yang spesifik terhadap diri sendiri

23 Bagaimana ‘menakar’ harga diri? Harga diri seringkali diukur dalam dimensi tinggi atau rendah. Semakin besar perbedaan antara diri (self) dengan diri ideal (ideal self), maka semakin rendah harga dirinya.

24 Brehm, Kassin & Fein (2005) menyebutkan bahwa mereka yang memiliki harga diri positif cenderung: - gembira - percaya diri - sehat, - produktif - sukses.

25 Diketahui bahwa harga diri yang tinggi membawa banyak manfaat bagi kita – antara lain: - memperkuat inisiatif, - daya tahan dan - perasaan senang. Memiliki harga diri yang tinggi berarti seseorang menyukai dirinya sendiri (Baron & Byrne, 2004).

26 Harga diri yang tinggi menjadi masalah saat berubah menjadi narsisme. Orang yang narsis, atau narsisis, memiliki harga diri tinggi tetapi di saat yang sama mereka tidak punya kepedulian terhadap orang lain dan segala sesuatu berpusat pada dirinya sendiri. (Campbell & dk, 2002, dalam Myers, 2012).

27 Di sisi lain, orang-orang dengan harga diri yang rendah seringkali memiliki masalah dalam hidup: - keterampilan sosial yang tidak memadai - kesepian - depresi dan - performa yang buruk (Baron & Byrne, 2004).

28 Brehm, Kassin & Fein (2005) menyatakan bahwa mereka yang punya harga diri rendah cenderung: - mengalami depresi - pesimis memandang masa depan - cenderung gagal saat berusaha - Bisa berdampak negatif bagi kesehatan fisik.

29 Apa yang saya lakukan untuk mengatasi kekuranganku?

30 Setelah mengenal konsep diri dan harga diri, mari kita perhatikan perjalanan hidup Anda. Apakah Anda merasa mampu mengendalikan nasib Anda sendiri? Atau sebaliknya, Anda merasa diri Anda korban situasi? Saat Anda berada di UPJ saat ini, apakah hal tersebut karena pilihan sendiri atau karena mengikuti titah paduka baginda ayah dan bunda?

31 Memahami hal ini berarti mengidentifikasi pusat kendali (locus of control). Apakah yang dimaksud dengan pusat kendali? Pusat kendali menentukan sejauh mana orang merasa hasil sebagai suatu yang dikendalikan secara internal oleh usaha mereka sendiri atau eksternal oleh kebetulan atau kekuatan di luar dirinya (Myers, 2012).

32 32 APPRECIATIVE INQUIRY (AI) Merupakan suatu proses untuk mendorong seseorang atau kelompok agar BERUBAH SECARA POSITIF DAN PRODUKTIF. Berdasar konsep-konsep psikologi humanistik dan Syarat utama: Menggunakan kalimat positif

33 33 APA ITU AI ? Mengenali dan menghargai kekuatan, kesuksesan dan potensi yang terdapat dalam diri sendiri dan orang lain. Mencari tahu, bertanya, menggali, dan membuka diri terhadap potensi dan kemungkinan AppreciativeInquiry

34 34 SIKLUS “4D” AI DISCOVERY DESIGN DESTINY DREAM AFFIRMATIVE TOPIC CHOICE

35 35 A. DISCOVERY Mengindentifikasi dan menemukan aspek-aspek positif yang dimiliki oleh diri sendiri melalui metode Appreciative Interview. Aspek positif dapat berupa: Kekuatan Prestasi Pengalaman membanggakan Kemampuan Pencapaian Potensi Bakat dan berbagai kebanggaan lainnya

36 36 B. DREAM Pada tahap ini, setiap orang didorong untuk menemukan impian atau harapan personal yang besar, hebat dan melampaui batas apa yang pernah terjadi di masa lalu (Whitney & Bloom, 2007). Menemukan harapan dan impian sebagai DIRI SENDIRI

37 37 C. DESIGN Merancang rencana aksi dan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mewujudkan impian dan harapan -Merencanakan aktivitas -Menetapkan indikator untuk mengukur keberhasilan aktivitas -Mengidentifikasi sumber daya -serta menentukan target waktu pencapaian.

38 38 D. DESTINY Menguatkan komitmen untuk melaksanakan rencana aksi demi mencapai impian dan harapan

39 William James menyatakan bahwa yang disebut sebagai ‘diri’ bukanlah hal yang sederhana tetapi kompleks dan memiliki banyak sisi (multifacet)


Download ppt "Pertemuan II: Mengenal Diri Sendiri PENGANTAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google