Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Crystal Report Presented by : Herianto. Crystal Report Dirancang untuk membuat laporan yang dapat digunakan dengan bahasa pemrograman berbasis windows.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Crystal Report Presented by : Herianto. Crystal Report Dirancang untuk membuat laporan yang dapat digunakan dengan bahasa pemrograman berbasis windows."— Transcript presentasi:

1 Crystal Report Presented by : Herianto

2 Crystal Report Dirancang untuk membuat laporan yang dapat digunakan dengan bahasa pemrograman berbasis windows seperti Delphi, Visual Basic dan Visual C. Diciptakan untuk memudahkan programmer dalam membuat laporan dari tabel-tabel yang tersedia pada sebuah database. Mampu melakukan import/export laporan ke bentuk lain seperti Ms Excel, Word, dll

3 Membuat Laporan Di CR Pada saat CR dijalankan, maka akan muncul pilihan seperti gambar di bawah, lalu pilih option “As a Blank Report”.

4 Membuat Laporan Di CR Setelah option “As a Blank Report” dipilih, maka akan muncul window data explorer. Untuk menghubungkan Crystal Report ke Database Access, pilih “Database File” dan double klik “Find Database File”

5 Membuat Laporan Di CR Lalu cari File Database Access yang akan dibuat laporan, lalu klik tombol “Open”.

6 Membuat Laporan Di CR Setelah Database Access sudah terhubung dengan CR, maka semua tabel yang ada pada Database Access yang telah terhubung akan tampil pada window “Data Explorer”. Klik nama tabel lalu klik tombol “Add” sampai muncul tanda “check”, lalu klik tombol close untuk memulai membuat laporan.

7 Membuat Laporan Di CR Setelah tabel terhubung, maka CR siap digunakan untuk mendesain sebuah laporan.

8 Membuat Laporan Di CR Section dalam Crystal Report : Report Header Section yang isinya hanya akan tampil dan terletak pada bagian atas lembar pertama laporan yang akan ditampilkan. Page Header Section yang isinya akan tampil di setiap lembar laporan dan biasanya digunakan sebagai header laporan. Page header terletak pada bagian atas setiap lembar laporan yang akan ditampilkan.

9 Membuat Laporan Di CR Details Section yang digunakan untuk menampilkan isi detail dari field (pada tabel) yang akan ditampilkan pada laporan. Report Footer Section yang isinya hanya akan tampil dan terletak pada bagian bawah lembar terakhir laporan yang akan ditampilkan.

10 Membuat Laporan Di CR Page Footer Section yang isinya akan tampil di setiap lembar laporan dan biasanya digunakan sebagai Footer laporan. Report Footer terletak dibagian bawah setiap lembar laporan.

11 Field Explorer Merupakan suatu window yang berisi pengaturan field-field yang akan ditampilkan ke dalam sebuah laporan. Komponen Field Explorer : Database Fields Berisi tabel-tabel yang sedang aktif atau digunakan dalam sebuah laporan. Di dalam tabel-tabel tersebut berisi field- field yang digunakan untuk menampilkan data-data pada laporan, khususnya pada section Details.

12 Field Explorer Formula Fields Berisi semua formula yang akan digunakan dalam sebuah laporan. Formula digunakan untuk melakukan proses perhitungan pada data yang akan ditampilkan dalam laporan, seperti Jumlah Data, Sub Total, dan Grand Total. Pada Formula Fields, pembuat laporan dapat menggunakan fungsi Count, Sum, dan semua operator hitung (-,+,*,/,dsb)

13 Field Explorer Parameter Fields Berisi parameter-parameter filter terhadap data laporan yang akan ditampilkan dalam laporan. Running Total Fields Berisi field-field penjumlahan terhadap data numeric dengan kondisi tertentu.

14 Field Explorer Group Name Fields Berisi field-field yang dikelompokkan (Grouping) pada sebuah laporan.

15 Field Explorer Special Fields Berisi field-field khusus yang digunakan untuk melengkapi laporan yang akan ditampilkan. - Page Number Menampilkan nomor halaman. - Total Page Number Menampilkan jumlah halaman. - Page N of M Menampilkan nomor halaman dan jumlah halaman.

16 Field Explorer - Report Title Menampilkan judul report yang dikirimkan ke laporan melalui Aplikasi. - Print Date Menampilkan tanggal pencetakan. - Print Time Menampilkan jam pencetakan. - Record Number Menampilkan nomor record.

17 Visual Basic To Crystal Report Untuk menghubungkan lingkungan Visual Basic ke Crystal Report, Visual Basic menggunakan komponen tambahan “Crystal Report Control”.

18 Visual Basic To Crystal Report Letakkan objek Crystal Report ke dalam form Visual Basic, lalu untuk melakukan pencetakan tambahkan pada coding : With CrystalReport1.ReportTitle = "Daftar Stock Barang".ReportFileName = App.Path & "\barang.rpt".DiscardSavedData = True.RetrieveDataFiles.Destination = crptToWindow.WindowState = crptMaximized.SelectionFormula = “{Tabel.Field} = ‘” & Text1.Text & “’”.Action = 1 End With

19 Visual Basic To Crystal Report ReportTitle Parameter yang dikirimkan dari lingkungan Visual Basic ke Crystal Report pada field Report Title (special fields). ReportFileName Mendefinisikan nama file report yang akan digunakan ketika laporan ditampilkan. DiscardSavedData dan RetrieveDataFiles Digunakan untuk merefresh kembali data yang akan ditampilkan. Destination Mendefinisikan tujuan dari hasil pencetakan laporan.

20 Visual Basic To Crystal Report WindowState Digunakan untuk menentukan tampilan laporan ketika dicetak, apakah Maximized (crptMaximized) atau Minimized (crptMinimized). SelectionFormula Digunakan untuk melakukan filter terhadap data yang akan ditampilkan pada laporan. Format Syntax : CrystalReport1.SelectionFormula = “{NamaTabel.NamaField} = ‘” & Parameter & “’” Action atau PrintReport Digunakan untuk menampilkan laporan.


Download ppt "Crystal Report Presented by : Herianto. Crystal Report Dirancang untuk membuat laporan yang dapat digunakan dengan bahasa pemrograman berbasis windows."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google