Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSTRUKTOR & DESTRUKTOR BUDI HARTONO. Konstruktor Konstruktor adalah fungsi anggota yang mempunyai nama yang sama dengan nama kelas Ciri Nama konstruktor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSTRUKTOR & DESTRUKTOR BUDI HARTONO. Konstruktor Konstruktor adalah fungsi anggota yang mempunyai nama yang sama dengan nama kelas Ciri Nama konstruktor."— Transcript presentasi:

1 KONSTRUKTOR & DESTRUKTOR BUDI HARTONO

2 Konstruktor Konstruktor adalah fungsi anggota yang mempunyai nama yang sama dengan nama kelas Ciri Nama konstruktor = nama kelas Tidak mempunyai nilai balik dan tanpa void Harus diletakkan dibagian public Kegunaan Mengalokasikan ruang bagi sebuah objek Memberikan nilai awal terhadap anggota data suatu objek Menyesuaiakan saat objek diciptakan/membentuk tugas-tugas umum

3 Contoh Format class Hitung { private: ……………….. ………………. public: Hitung(); // Konstruktor Hitung(), = nama kelas

4 Contoh Program Konstruktor

5 Contoh Program-1

6 Contoh Program-2

7 Contoh Program-3

8 Lanjutan-3

9 Kesimpulan  Nama konstruktor sama dengan nama kelas  Konstruktor tidak mempunyai nilai balik  Konstruktor harus diletakkan di bagian public, coba : Anda meletakkan konstruktor dalam contoh diatas dibagian private. Apa yg terjadi ?.  Konstruktor dijalankan dengan sendirinya pada saat objek diciptakan ( dalam contoh diatas yaitu objek1 dan objek2). Bahkan konstruktor dijalankan sebelum fungsi main() dijalankan.

10 Destruktor Destruktor adalah fungsi anggota yang mempunyai nama yang sama dengan nama kelas ditambah symbol tilde ( ~ ) didepannya Destruktor <> Konstruktor Dijalankan secara otomatis jika objek sirna Menghapus pengalokasian memori objek = nama konstruktor tapi diawali tanda ~

11 Contoh Format Class Bilangan { Private: int i; Public: Bilangan(); ………….. ~Bilangan; }

12 Contoh Program Destruktor

13 Kesimpulan  Nama konstruktor sama dengan nama kelas ditambah tanda tilde ( ~ ) di depannya  Destruktor tidak mempunyai nilai balik  Destruktor harus diletakkan di bagian public, coba : Anda meletakkan destruktor dalam contoh diatas dibagian private.  Destruktor dijalankan dengan sendirinya pada saat objek akan sirna ( dalam contoh diatas yaitu objek1 dan objek2).


Download ppt "KONSTRUKTOR & DESTRUKTOR BUDI HARTONO. Konstruktor Konstruktor adalah fungsi anggota yang mempunyai nama yang sama dengan nama kelas Ciri Nama konstruktor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google