Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PUSHDOWN AUTOMATA & TURING MACHINE PERTEMUAN XII Mahasiswa memahami keleluasaan mendefinisikan bahasa melalui PDA dan TM (dibanding FA)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PUSHDOWN AUTOMATA & TURING MACHINE PERTEMUAN XII Mahasiswa memahami keleluasaan mendefinisikan bahasa melalui PDA dan TM (dibanding FA)"— Transcript presentasi:

1 PUSHDOWN AUTOMATA & TURING MACHINE PERTEMUAN XII Mahasiswa memahami keleluasaan mendefinisikan bahasa melalui PDA dan TM (dibanding FA)

2 Pertemuan XII2 Materi Pertemuan  Komponen PDA  Membentuk PDA dari CFG  Komponen Mesin Turing  Tugas Mingguan X

3 Pertemuan XII3 Komponen PDA (1) 1.Himpunan berhingga alphabet  input string untuk PDA dibentuk dari himpunan ini 2.Sebuah state START state untuk memulai penelusuran 3.Satu atau lebih operator READ state untuk melakukan pembacaan karakter input string 4.Dua atau lebih halt state yang berbentuk state ACCEPTED dan REJECTED input string dikenali jika penelusuran berhenti pada state ACCEPTED

4 Pertemuan XII4 Komponen PDA (2) Contoh :

5 Pertemuan XII5 Komponen PDA (3) 5. Sebuah INPUT TAPE yang berisi sel-sel untuk menampung karakter-karakter input string 6. Sebuah PUSHDOWN STACK untuk menampung karakter yang telah terbaca 7. Satu atau lebih operator PUSH untuk memasukkan karakter yang telah terbaca ke dalam stack 8. Satu atau lebih operator POP untuk mengambil/menghapus karakter dari stack Jumlah outgoing edge = 1, tetapi incoming edge >= 1 Jumlah incoming edge = jumlah outgoing edge

6 Pertemuan XII6 Komponen PDA (4) Contoh : Penelusuran untuk input string : aaabbb adalah seperti berikut :

7 Pertemuan XII7 Komponen PDA (5) Contoh : Misal dibuat PDA untuk bahasa palindrome yang berbentuk s X reverse(s) dimana s adalah substring dari (a + b)* Bagian depan dari PDA akan mempunyai bentuk : Misal jika diberi input string abbXbba, maka pemrosesan untuk substring abb adalah seperti berikut :

8 Pertemuan XII8 Komponen PDA (6) Sedang bagian lain dibuat untuk mengakomodasi penelusuran substring reverse(s) : Dan substring bba akan diproses seperti berikut :

9 Pertemuan XII9 Komponen PDA (7) Bentuk keseluruhan PDA untuk palindrome s X reverse(s) adalah seperti berikut :

10 Pertemuan XII10 Membentuk PDA dari CFG (and vice versa) (1) 1.Sebuah non-terminal X 1 yang menjadi Start Symbol akan direpresentasikan menjadi : 2.Sebuah production X i  X j X k, akan direpresentasikan menjadi : 3.Sebuah production X i  b, direpresentasikan menjadi : 4.Sebuah production X i  , akan menjadi :

11 Pertemuan XII11 Membentuk PDA dari CFG (and vice versa) (2) Contoh :S  ABA  a A  BBB  a B  ABB  b Proses pembentukan PDA dari CFG di atas adalah seperti berikut : Untuk Start Symbol S : Untuk production :S  AB A  BB B  AB

12 Pertemuan XII12 Membentuk PDA dari CFG (and vice versa) (3) Sedangkan untuk production : S  a A  a B  b Bentuk keseluruhan PDA tersebut adalah :

13 Pertemuan XII13 Komponen Mesin Turing (1) 1. Himpunan berhingga alphabet  input string untuk PDA dibentuk dari himpunan ini 2. Sebuah INPUT TAPE berbentuk rangkaian sel yang masing-masing berisi satu karakter 3. Sebuah TAPE HEAD untuk membaca karakter input. Pembacaan dilakukan per karakter. Saat inisialisasi, tape head berada pada posisi pertama. 4.Himpunan berhingga alphabet  dimana output string adalah anggota himpunan  * 5.Himpunan berhingga STATE dengan satu state sebagai START STATE dan satu sebagai HALT STATE 6. Himpunan berhingga ARC untuk menghubungkan antar state. Label ARC berbentuk (input, output, arah)

14 Pertemuan XII14 Komponen Mesin Turing (2) Contoh : Sebuah mesin turing yang didefinisikan oleh bahasa (a+b) b (a+b)* dapat digambarkan sebagai berikut : Misal akan dikenali sebuah input string : aba Maka pada saat inisialisasi, posisi input tape dan tape head akan terlihat seperti berikut :

15 Pertemuan XII15 Komponen Mesin Turing (3) Proses pengenalan input string dapat lebih mudah dipahami melalui penyajian dalam bentuk tabular: STATEPOSISI TAPE HEADOUTPUT KARAKTER start a b a 2 a b a a 3 a b a a b 3 a b a a b a halt a b a a b a

16 Pertemuan XII16 Komponen Mesin Turing (4) Note : Semua bentuk mesin turing bersifat DETERMINISTIC. Sehingga tidak ada state yang mempunyai dua atau lebih outgoing edge (arc) dengan input karakter yang sama. Crash terjadi jika : Tidak ada path untuk melanjutkan eksekusi sesuai dengan input karakter yang terdapat pada input tape; Terdapat perintah “L” (left) pada saat tape head berada pada posisi sel pertama.

17 Pertemuan XII17 Tugas Mingguan X 1.Konversikan FA di samping menjadi PDA yang ekivalen : Buatlah penelusuran pada PDA di samping untuk input : 2. aaabbb 3. aaabaa Konversikan CFG di bawah menjadi bentuk PDA : 4. S  XaaX5. S  XY X  aX | bX | X  aX | bX | a Y  Ya | Yb | a 6. S  Xa | Yb7. S  XaX | YbY X  Sb | b X  YY | aY | b Y  Sa | a Y  b | bb 8.Tedapat bahasa L = {bahasa dengan string yang memiliki karakter berjumlah genap} = {ba, abba, babb,... } dan bahasa TWST(L) = {bahasa L dengan penukaran posisi untuk setiap pasang karakternya} = {ab, baab, abbb,... } buatlah PDA untuk bahasa TWIST(L) di atas.


Download ppt "PUSHDOWN AUTOMATA & TURING MACHINE PERTEMUAN XII Mahasiswa memahami keleluasaan mendefinisikan bahasa melalui PDA dan TM (dibanding FA)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google