Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Chapter 3 Decision Making with Binary Counter. State Machine Programming Language  Bisa digunakan bebagai macam bahasa  Yang digunakan pada buku ini.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Chapter 3 Decision Making with Binary Counter. State Machine Programming Language  Bisa digunakan bebagai macam bahasa  Yang digunakan pada buku ini."— Transcript presentasi:

1 Chapter 3 Decision Making with Binary Counter

2 State Machine Programming Language  Bisa digunakan bebagai macam bahasa  Yang digunakan pada buku ini : CUPL (Compiler Universal Programming Language)  Binary Counter diproses melalui suatu urutan keadaan, masing2 unik dan stabil  Ada 3 properties dalam suatu keadaan:  Kondisi awal

3  Keadaan berikut (Next State), pada binary counter tidak ada pengaruh dari luar (input).  Output dari state machine akan ditentukan dari keadaan yang spesifik.  Setiap bahasa akan mampu mendefinisikan ketiga keadaan tersebut.  Penulisan program ditentukan oleh aturan pada masing2 bahasa o Misalkan : semicolon (;) merupakan akhir kalimat /* keterangan, { dan } merupakan awal dan akhir suatu program.

4 Practical Example 3.1 Sequential Counter Program /* Practical Example 3.1 */ SEQUENCE [X,Y,Z] { PRESENT 0 NEXT 4 ; PRESENT 4 NEXT 2 ; PRESENT 2 NEXT 1 ; PRESENT 1 NEXT 0 ; }

5 Present : 2 Next : 3 Present : a Next : b

6 Conditional Transition Statement Practical Example 3.2 (Solusi di gb 3.4) Conditional State in the State Machine Program Conditional State in the State Machine Program /* Practical Example 3.2 */ SEQUENCE [X,Y,Z] { PRESENT 2 IF R NEXT 5 ; IF !R NEXT 7 ; IF !R NEXT 7 ; PRESENT 1 NEXT 2 ; PRESENT 5 NEXT 1 ; PRESENT 7 NEXT 1 ; }

7

8 Practical Example 3.3 (Solusi ada di gb 3.5) Creating a State Diagram from a State Machine Program Creating a State Diagram from a State Machine Program /* Practical Example 3.3 Initial State Machine Program*/ SEQUENCE [Q2…..Q0] SEQUENCE [Q2…..Q0]{ PRESENT a IF R NEXT c ; IF !R NEXT b ; IF !R NEXT b ; PRESENT b IF S NEXT a ; PRESENT b IF S NEXT a ; IF !S NEXT d ; IF !S NEXT d ; PRESENT c IF S NEXT f; PRESENT c IF S NEXT f; IF !S NEXT a ; IF !S NEXT a ; PRESENT d IF T NEXT e ; PRESENT d IF T NEXT e ; IF !T NEXT b ; IF !T NEXT b ; PRESENT e NEXT a ; PRESENT f IF T NEXT c ; IF !R NEXT e ; IF !R NEXT e ; }

9

10 Tahapan pengerjaan P.Exp 3-3 Membuat State diagram berdasarkan State Machine Program Membuat State diagram berdasarkan State Machine Program Menentukan Nilai biner dengan ‘Glitch Free’ Menentukan Nilai biner dengan ‘Glitch Free’ Menulis ulang program dengan Nilai biner (glitch free) yang terbentuk Menulis ulang program dengan Nilai biner (glitch free) yang terbentuk

11

12

13 Practical Example 3.3 Rewriting the Program and State Diagram Rewriting the Program and State Diagram /* Practical Example 3.3 State Machine Program*/ SEQUENCE [Q2…..Q0] SEQUENCE [Q2…..Q0]{ PRESENT 2 IF R NEXT 6 ; IF !R NEXT 0 ; IF !R NEXT 0 ; PRESENT 0 IF S NEXT 2 ; PRESENT 0 IF S NEXT 2 ; IF !S NEXT 1 ; IF !S NEXT 1 ; PRESENT 6 IF S NEXT 7 ; PRESENT 6 IF S NEXT 7 ; IF !S NEXT 2 ; IF !S NEXT 2 ; PRESENT 1 IF T NEXT 3 ; PRESENT 1 IF T NEXT 3 ; IF !T NEXT 0 ; IF !T NEXT 0 ; PRESENT 3 NEXT 2 ; PRESENT 7 IF T NEXT 6 ; IF !T NEXT 3 ; IF !T NEXT 3 ; }

14 Practical exercise 3.1 Consider the following State Machine Program : SEQUENCE […] { PRESENT a NEXT b ; PRESENT b IF R NEXT e ; DEFAULT NEXT c ; PRESENT c NEXT d ; PRESENT d NEXT c ; PRESENT e IF R NEXT f ; DEFAULT NEXT k ; PRESENT f NEXT g ; PRESENT g NEXT h ; PRESENT h IF R NEXT a ; DEFAULT NEXT i ; PRESENT i IF T NEXT j ; PRESENT j NEXT c ; PRESENT k NEXT g ; }

15 Decision making in State Tables

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27 Practical Exercise 3-2 Lihat gambar Counter ini belum glitch-free. Glitch free bisa diatasi bila keadaan c dan d ditukar, perbedaan kedua bit akan mengubah keadaan. Lihat gambar Counter ini belum glitch-free. Glitch free bisa diatasi bila keadaan c dan d ditukar, perbedaan kedua bit akan mengubah keadaan. Tugas : Tugas : 1. Tuliskan program state-machine-nya 2. Buatlah State Table 3. Carilah persamaan minimum input forming logic 4. Gambarkan rangkaian counter tsb

28 Practical Example 3-4 Handling Multiple input Program state-machine. Program state-machine. SEQUENCE [A,B,C] { PRESENT ‘b’ 000 IF (R & !S) NEXT ‘b’ 001 ; /* State-a */ IF (!R & S) NEXT ‘b’ 010 ; DEFAULT NEXT ‘b’ 000 ; IF (!R & S) NEXT ‘b’ 010 ; DEFAULT NEXT ‘b’ 000 ; PRESENT ‘b’ 001 IF !T NEXT ‘b’ 001 ; PRESENT ‘b’ 001 IF !T NEXT ‘b’ 001 ; DEFAULT NEXT ‘b’ 010 ; /* State-b */ DEFAULT NEXT ‘b’ 010 ; /* State-b */ PRESENT ‘b’ 010 IF (S& !T) NEXT ‘b’ 100 ; DEFAULT NEXT ‘b’ 000 ; /* State-c */ DEFAULT NEXT ‘b’ 000 ; /* State-c */ PRESENT ‘b’ 100 NEXT ‘b’ 000 ; /* State-d */ }

29

30

31

32

33

34

35 Input-Forming Logic Simplification  Harus dipikirkan :  Perlukah glitch free counter?  Perlukah meminimize kekompleks- an dari input forming logic?  Kedua hal ini bertentangan, bila ingin glitch free, pasti rangkaian akan lebih kompleks.

36

37 Practical Exercise 3.3 Circuit Complexity in Controlled Binary Counter Circuit Complexity in Controlled Binary Counter Program state-machine. SEQUENCE [A,B,C,D] { PRESENT a IF (!R & S) NEXT b ; DEFAULT NEXT d ; PRESENT b IF (R # !S) NEXT c ; DEFAULT NEXT a ; PRESENT b IF (R # !S) NEXT c ; DEFAULT NEXT a ; PRESENT c IF (!R & !S) NEXT d ; DEFAULT NEXT e ; PRESENT c IF (!R & !S) NEXT d ; DEFAULT NEXT e ; PRESENT d IF S NEXT a ; DEFAULT NEXT d ; PRESENT e NEXT f ; PRESENT f NEXT g; PRESENT g NEXT h ; PRESENT h IF !R NEXT e ; DEFAULT NEXT d ; PRESENT h IF !R NEXT e ; DEFAULT NEXT d ;}

38 Kondisi I : a=0, b=2, c=4, d=8, e=1, f=3, g=12, dan h=9, Tugasnya: Buatlah : Tugasnya: Buatlah : 1. State Diagram 2. Peta Next State 3. Tabel Next State 4. Karnaugh map 5. Schematic Diagram Kondisi 2 : a=0, b=4, c=12, d=8, e=13, f=15, g=11, dan h=9,

39 Gambar Untuk soal Hal 95 No. 1-9

40 Gambar Untuk soal Hal 96/97 No

41 Program State Machine untuk soal halaman 97 no

42 Program State Machine untuk soal halaman 98 no


Download ppt "Chapter 3 Decision Making with Binary Counter. State Machine Programming Language  Bisa digunakan bebagai macam bahasa  Yang digunakan pada buku ini."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google