Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komponen Data warehouse Data Warehouse. Komponen Data warehouse.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komponen Data warehouse Data Warehouse. Komponen Data warehouse."— Transcript presentasi:

1 Komponen Data warehouse Data Warehouse

2 Komponen Data warehouse

3 1. Sumber Data (Data Source) 2. Pementasan Data (Data Staging) 3. Penyimpanan Data (Data Storage) 4. Penyampaian Informasi (Information Delivery) 5. Metadata 6. Pengelolan dan Kontrol (Management and Control)

4 Sumber Data (Data Source) 1. Data Produksi 2. Data Internal 3. Data Arsip 4. Data Eksternal

5 Sumber Data (Data Source) 1. Data Produksi Data yang ada pada sistem OLTP(Online Transactional Processing) yang bisa berasal dari format data yang bervariasi, peangkat keras, sistem operasi serta aplikasi basis data yang berlainan. 2. Data Internal Data pendukung sistem OLTP yang biasanya tersimpan dalam bentuk spreadsheet atau teks dokumen.

6 Sumber Data (Data Source) 3.Data Arsip Data histori yang merupakan hasil proses backup pada OLTP. 4.Data Eksternal Data luar yang bisa didapat dari kompetitor atau sumber informasi umum seperti Biro Pusat Statistik, koran atau data yang bersifat umum yang akan dipakai sebagai nilai indikator untuk pengecekan tingkat pencapaian perusahaan.

7 Data Staging data staging menyediakan sebuah tempat dan area dengan sekumpulan fungsi untk membersihkan, merubah, mengkombinasikan, penggandaan dan menyiapkan sumber data untuk penyimpanan dan digunakan pada data warehouse.

8 Data Staging Ada 3 proses pada Data Staging yaitu: 1.Extraction 2.Transformation 3.Loading Tujuan dari data staging adalah mengumpulkan, menseleksi, mengolah dan menggabungkan data yang relevan dari berbagai sumber untuk disimpan dalam data warehouse.

9 Extracting merupakan proses pengambilan data dari berbagai sumber data yang digunakan untuk mengisi data warehouse. Tidak semua data yang ada pada data operasional bisa dimasukkan ke dalam data warehouse. Pada tahap ini juga dilakukan proses pembersihan (cleansing) data sebelum ditransformasikan, hal ini disebabkan sering terjadinya kesalahan penulisan pada data sumber.

10 Transformation Proses transformation adalah proses pengambilan data mentah yang belum bisa disimpan pada data warehouse. Tahapan pada Transformation  Seleksi  Pemisahan dan Penggabungan  Konversi  Ringkasan  Pengayaan

11 Transformation Seleksi  Melakukan proses seleksi dari record data dari tabel basis data OLTP, tahap ini merupakan bagian dari proses pengambilan data. Pemisahan dan Penggabungan  Manipulasi data yang dibutuhkan untuk menseleksi record data OLTP, yaitu melakukan proses pemisahan dan penggabungan bila diperlukan.

12 Transformation Konversi  Proses konversi dilakukan karena untuk melakukan standarisasi pengambilan data dari berbagai sumber dan membuat field dapat digunakan data warehouse serta dapat dipahami oleh pengguna. Ringkasan  Data yang terlalu detail tidak selalu dibutuhkan pada data warehouse oleh karena itu perlu diringkas berdasarkan kebutuhan data warehouse. Pengayaan  Menggunakan sebuah atau beberapa field untuk membuat hasil data yang terbaik pada data warehouse.

13 Loading Loading merupakan tahap akhir dari proses dalam pengisian data warehouse. Proses loading ini adalah untuk memuat data yang sudah terseleksi ke dalam data warehouse tujuan dan membuat indeks yang diperlukan. Terdapat dua mode untuk pemuatan data warehouse, yaitu refresh dan update.

14 Loading Mode refresh Mode refresh atau menuliskan kembali secara keseluruhan data pada data warehouse pada suatu periode interval. Mode Refresh umumnya digunakan pada saat pertama kali memuat data dalam data warehouse.

15 Loading Mode Update Mode Update atau menuliskan data yang berubah di sumber data, tidak ada proses menghapus pada proses ini. Mode update digunakan saat pemeliharaan dan berjalannya data warehouse.

16 Penyimpanan Data (Data Storage) Komponen ini adalah tempat menyimpan data dari berbagai sumber data yang ada. Penyimpanan data pada data warehouse secara historikal sedangkan pada penyimpanan data operasional dilakukan hanya data yang sedang beroperasi saja. Pemutakhiran data dilakukan secara periodik tergantung pada kebutuhan informasi yang diperlukan. Pertambahan data dapat terjadi pada penyimpanan ini, tetapi tidak akan pernah terjadi perubahan data.

17 Penyampaian Informasi (Information Delivery)

18 Metadata Metadata pada data warehouse diibaratkan sebagai kamus data atau katalog pada sistem basis data. Metadata pada data warehouse terbagi atas 3 kategori yaitu: 1.Operational Metadata 2.Extraction dan Transformation Metadata 3.End-User Metadata

19 Metadata Operational Metadata  Berisikan bermacam-macam struktur data yang berasal dari data operasional. Extraction dan Transformation Metadata  Berisi data tentang pengambilan data dari berbagai macam sumber sistem, penamaan, frekuensi pengambilan, metode pengambilan dan aturan bisnis untuk pengambilan data. End-User Metadata  Berisikan peta navigasi dari data warehouse. Metadata ini digunakan para pengguna dalam mencari informasi untuk bisnisnya.

20 Pengelolaan dan Kontrol (Management and Control) Mengendalikan pelayanan dan aktivitas didalam data warehouse. Komponen ini akan mengendalikan transformasi data dan transfer data ke dalam penyimpanan data warehouse. Komponen ini akan berinteraksi dengan metadata komponen untuk menampilkan fungsi komponen.


Download ppt "Komponen Data warehouse Data Warehouse. Komponen Data warehouse."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google