Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IMPLEMENTASI INTEGRASI DATA ANTAR SISTEM INFORMASI UNTUK MENDUKUNG DECISSION SUPPORT SYSTEM Mugi Sugiarto, Pelita Fajarhati Unit Sumber Daya Informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IMPLEMENTASI INTEGRASI DATA ANTAR SISTEM INFORMASI UNTUK MENDUKUNG DECISSION SUPPORT SYSTEM Mugi Sugiarto, Pelita Fajarhati Unit Sumber Daya Informasi."— Transcript presentasi:

1 IMPLEMENTASI INTEGRASI DATA ANTAR SISTEM INFORMASI UNTUK MENDUKUNG DECISSION SUPPORT SYSTEM Mugi Sugiarto, Pelita Fajarhati Unit Sumber Daya Informasi Institut Teknologi Bandung e-indonesia Initiative 2008(eII2008) Konfrensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Indonesia Mei 2008, Jakarta

2 Nama : Nova Ira Yulianti NPM : Kelas : P3 JURUSAN SISTEM INFORMASI

3 Latar Belakang Masalah Ketika pihak manajemen menginginkan adanya peroses pengawasan dan pelaporan yang cepat dan akurat tidak dapat dilakukan dengan baik dan cepat, dikarenakan setiap aplikasi system informasi tersebut berdiri sendiri dan dalam proses pengembangaannya tidak memeperhatikan faktor integrasi, belum lagi jika dibahas secara tekniks mengenai jenis platform dan operating system apa yang digunakan dalam peroses pengembangan aplikasi tersebut.

4 Tujuan Mempercepat peroses pengambilan sebuah keputusan, serta mendukung pengambilan keputusan pihak manajemen yang cepat, tepat dan akurat.

5 Metode Yang Digunakan Metode yang digunakan dalam pengembangan system ini yaitu metode peer-to-peer. Selain metode koneksi secara peer-to-peer dikembangkan juga konsep menggunakan data warehouse.

6 Tahapan Penelitian Tahap-tahap pengembangan dari integrasi bisnis peroses ini adalah :  Meninjau dan menganalisis setiap SOP(standard operating procedure) setiap unit,  Analisis keterkaitan peroses berdasarkan SOP antar unit,  Gunakan tools work flow diagram untuk memudahkan proses integrasi,  Buat kesepakatan dan kesepahaman antar pihak manajemen disetiap unit.

7 Analisis teknis yang dilakukan adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut :  Platform aplikasi yang dipergunakan,  Oprating system yang dipergunakan,  Jenis database yang dipergunakan,  Analisis proses input-output setiap system,  Standarisasi kodefikasi yang akan dipergunakan secara umum.  Setelah data-data awal diperoleh selanjutnya adalah proses menganalisis design dan struktur database dari setiap aplikasi.

8 Analisis Dalam pengembangan system informasi ini berbasiskan web, dengan menggunakan bahasa pemerograman dan database yang popular yaitu PHP dan MySQL yang bersifat Open Source, sehingga dipergunakan suatu alat bantu aplikasi web sevice yang bersifat Open Source yaitu nuSoap. Dengan mengembangkan aplikasi berbasis web ini memberikan suatu kemudahan dalam proses integrasi data karena semuah transaksi bias dilakukan secara realtime dan online. Salah satu alat bantu yang dipergunakan adalah web service menggunakan konsep SOAP(simple object access protocol) dengan menggunakan aplikasi web service. Aplikasi web service ini mampu mem- bypass berbagai system yang berkomunikasi dengan menggunakan XML(eXtra Markup Language) sesuai dengan standar SOAP.

9 Setelah mendapatkan gambaran analisis mengenai input-output dari setiap system, peroses selanjutnya adalah mendeskripsikan input- output tersebut kedalam perintah XML. Dengan adanya XML output dari setiap system inilah menjadi dasar integrasi data. Proses komunikasi atau pertukaran data bias terjadi secara peer-to-peer, dimana dengan metode ini system yang membutuhkan data dari system lain dapat langsung menarik data dari system tersebut, dan peroses ini hanya mengubah cara transaksi manual. Lalu dikembangkan suatu konsep data warehouse. Selain metode koneksi secara peer-to-peer dikembangkan juga konsep menggunakan data warehouse sebagai pusat penyimpanan data, dimana data warehouse ini menggunakan konsep pull (untuk menarik dan mengumpulkan data) dan push (mendorong data dari data warehouse keluar).

10 Simpulan Begitu penting integrasi data untuk mendukung pengambilan suatu keputusan yang cepat, tepat dan akurat dari para pembuat keputusan.

11 Saran Dalam mengambil atau menentukan suatu keputusan yang benar hendakya memakai data-data yang valid dan akurat.

12 Daftar Pustaka  Maurizio Lenzerini (2002).”Data Integration:A Theoretical Perspective”.PODS 2002:  Patrick Ziegler and Klaus R.Dittrich (2004).”Three Decades of Data Integration-All Problem Solved?”WWC 2004:3-12


Download ppt "IMPLEMENTASI INTEGRASI DATA ANTAR SISTEM INFORMASI UNTUK MENDUKUNG DECISSION SUPPORT SYSTEM Mugi Sugiarto, Pelita Fajarhati Unit Sumber Daya Informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google