Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Click to edit Master title style Drs. OTONG BASTAMAN, M.Pd. 081320287829.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Click to edit Master title style Drs. OTONG BASTAMAN, M.Pd. 081320287829."— Transcript presentasi:

1 Click to edit Master title style Drs. OTONG BASTAMAN, M.Pd

2 Click to edit Master title style Penilaian hasil Pembelajaran menggunakan berbagai teknik penilaian sesuai dengan Kompetensi Dasar yang harus dikuasai. Teknik penilaian dapat berupa tes tertulis, observasi, tes praktek, dan penugasan perseorangan atau kelompok. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar Peserta Didik secara berkesinambungan. Penilaian digunakan untuk: a.menilai pencapaian Kompetensi Peserta Didik; b.bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar; dan c.memperbaiki proses pembelajaran.

3 Click to edit Master title style Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran. Penilaian hasil belajar mempertimbangkan hasil penilaian Peserta Didik oleh pendidik Penilaian hasil belajar untuk semua mata pelajaran dilakukan melalui ujian sekolah/madrasah untuk menentukan kelulusan Peserta Didik dari satuan pendidikan.

4 Click to edit Master title style Pemerintah menugaskan BSNP untuk menyelenggarakan Ujian Nasional yang diikuti Peserta Didik pada setiap satuan pendidikan jalur formal pendidikan dasar dan menengah, dan jalur nonformal kesetaraan. Ujian Nasional untuk satuan pendidikan jalur formal pendidikan dasar dikecualikan untuk SD/MI/SDLB atau bentuk lain yang sederajat. Dalam penyelenggaraan Ujian Nasional BSNP bekerja sama dengan instansi terkait di lingkungan Pemerintah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan satuan pendidikan.

5 Click to edit Master title style Peserta Didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah: a.menyelesaikan seluruh program Pembelajaran; b.memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran; c.lulus ujian sekolah/madrasah; dan d.lulus Ujian Nasional.

6 Click to edit Master title style Tugas individu/Kelompok ……………………………………………………………………………………… Observasi ……………………………………………………………………………………… Tes Tulis/Lisan …………………………………………………………………………………….. Tes Praktik …………………………………………………………………………………….. Portofolio ……………………………………………………………………………………..

7 Click to edit Master title style  Penilaian Otentik merupakan usaha untuk mengukur atau memberikan penghargaan atas kemampuan seseorang yang benar-benar menggambarkan apa yang dikuasainya.  Model Penilaian Berbasis Portofolio (Portofolio Based Assesment ) adalah suatu usaha untuk memperoleh berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil pertumbuhan dan perkembangan wawasan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik yang bersumber dari catatan dokumentasi pengalaman belajarnya

8 Click to edit Master title style  Kumpulan hasil karya peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan oleh guru atau oleh peserta didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum  Portofolio dapat digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian

9 Click to edit Master title style Sebagai instrumen penilaian, portofolio difokuskan pada dokumen tentang kerja peserta didik yang produktif, yaitu ‘bukti’ tentang sesuatu yang dapat dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh peserta didik. Merupakan kumpulan informasi yang perlu diketahui oleh guru sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah perbaikan pembelajaran, atau peningkatan belajar peserta didik.

10 Click to edit Master title style Portofolio menyajikan wawasan tentang banyak segi perkembangan peserta didik dalam belajar:  cara berpikirnya,  pemahamannya atas pelajaran,  kemampuannya mengungkapkan gagasan- gagasan,  sikap terhadap mata pelajaran, dan sebagainya.

11 Click to edit Master title style 1.Hasil proyek, penyelidikan, atau praktik, yang disajikan secara tertulis; 2.Gambar atau laporan hasil pengamatan; 3.Analisis situasi yang berkaitan atau relevan; 4.Deskripsi dan diagram pemecahan suatu masalah; 5.Laporan hasil penyelidikan tentang hubungan antara konsep-konsep; 6.Penyelesaian soal-soal terbuka; 7.Hasil tugas pekerjaan rumah yang khas. 8.Laporan kerja kelompok; 9.Hasil kerja peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan alat rekam video, alat rekam audio, dan Komputer;

12 Click to edit Master title style 10.Fotokopi surat piagam atau tanda penghargaan; 11.Hasil karya dalam mata pelajaran peserta didik, yang tidak ditugaskan oleh guru (atas pilihan peserta didik sendiri, tetapi relevan); 12.Cerita tentang kesenangan atau ketidaksenangan peserta didik terhadap mata pelajaran bersangkutan; 13.Cerita tentang usaha peserta didik sendiri dalam mengatasi hambatan psikologis, atau usaha peningkatan diri; 14.Laporan tentang sikap peserta didik terhadap pelajaran.

13 Click to edit Master title style  Peserta didik memperoleh pengetahuan dan belajar secara aktif;  Peserta didik melakukan ‘penyelidikan’ untuk memecahkan masalah, mengeksplorasi gagasan- gagasan dengan menggunakan benda-benda konkret, menggunakan media pembelajaran, mengerjakan hal- hal tersebut secara mandiri dan secara berkelompok;  Peserta didik secara aktif memilih hal yang dieksplorasi, dan menunjukkan bukti tentang kompetensi peserta didik, di luar hasil tes.

14 Click to edit Master title style Portofolio memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk ikut serta dalam penilaian atas dirinya; Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan kemampuannya dalam memecahkan masalah, bernalar, berkomunikasi, melakukan penyelidikan, dan berkreasi.

15 Click to edit Master title style 1.Menyajikan atau memberikan “bukti” yang lebih jelas atau lebih lengkap tentang kinerja peserta didik. 2.Membantu guru dalam menilai kemajuan peserta didik. 3.Bahan lengkap untuk berdiskusi dengan orang tua peserta didik, tentang perkembangan peserta didik bersangkutan.

16 Click to edit Master title style  Bergantung pada kemampuan peserta didik dalam menyampaikan uraian secara tertulis.  Memerlukan banyak waktu dari guru untuk melakukan pensekoran.

17 Click to edit Master title style 1.Menentukan maksud atau fokus portofolio 2.Menentukan aspek isi yang dinilai 3.Menentukan bentuk, susunan atau organisasi portofolio 4.Menentukan penggunaan portofolio 5.Menentukan cara menilai portofolio 6.Menentukan bentuk atau penggunaan rubrik

18 Click to edit Master title style 1.Portofolio Proses (Proses Oriented) Adalah portofolio yang menekankan pada tinjauan bagaimana perkembangan peserta didik dapat diamati dan dinilai dari waktu ke waktu 2.Portofolio Produk (Product Oriented) Adalah portofolio yang menekankan pada tinjauan hasil terbaik yang telah dilakukan peserta didik, tanpa memperhatikan bagaimana proses untuk mencapai hasil itu terjadi.

19 Click to edit Master title style Tugas untuk membuat portofolio “ karya terbaik ”. Kumpulkan dalam satu bundel, karya tulis kamu, Dalam pembuatan puisi, Laporan kunjungan ke objek wisata, Artikel dalam majalah dinding. Jelaskan mengapa masing-masing merupakan karya terbaik.

20 Click to edit Master title style Tugas untuk membuat portofolio perkembangan atau kemajuan belajar. Tuliskanlah uraian tentang kemajuan kemampuanmu menulis cerita/makalah/laporan (salah satu), Selama satu semester terakhir, dengan menceriterakan cara menulis draf awal, cara memperbaiki draf itu, kritikmu atas draf awalmu, dan penilaianmu atas kemajuan atau perkembangan kemampuanmu itu.

21 Click to edit Master title style 1.Menulis sebuah artikel yang berkaitan dengan sains. Misalnya membuat artikel singkat megenai jenis-jenis tumbuhan dan hewan langka yang dilindungi dengan melengkapkan bentuk/ciri khusus dan manfaatnya. Tuliskan pula cara atau langkah perlindungan dan pelestarian yang dilakukan pemerintah terhadap hewan dan tumbuhan langka. 2.Buat laporan untuk kegiatan ini beserta: a.Bukti referensi (copy, printed/repro) b.Jadwal pelaksanaan kegiatan pengumpulan c.Data pengumpulan etiket (hari, tanggal, tempat pengambilan, dan sebagainya) d.Lain-lain yang dianggap penting untuk disertakan sebagai bukti/informasi. 3.Laporan dikumpulkan paling lambat 15 Oktober 2013.

22 Click to edit Master title style NoKegiatan Minggu ke: Keterangan Mendapat TugasX 2Merencanakan KegiatanX 3Monitoring ke-1X 4Monitoring ke-2X 5Pengecekan kelengkapan dan bukti data X 6Penyusunan LaporanX 7Penjilidan LaporanX 8Penyerahan LaporanX

23 Click to edit Master title style NoAspek Yang Dinilai Portofolio ke Pendahuluan 2Kajian Pustaka 3Ketajaman Pembahasan (Analisis) 4Penutup 5Redaksional 6Skor Total NoDeskripsiSkor Maksimum Latar Belakang Masalah10 1Dirumuskan dalam kalimat yang runtut3 2Menunjukkan pentingnya masalah7

24 Click to edit Master title style No Jenis Tugas Kompetensi Dasar Nilai Tanda Tangan Komentar SiswaGuru REKAPITULASI TUGAS PESERTA DIDIK (PORTOFOLIO) NamaKelas NISSemester

25 Terima Kasih


Download ppt "Click to edit Master title style Drs. OTONG BASTAMAN, M.Pd. 081320287829."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google