Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembagian Segmen, penentuan Target dan Penempatan Segmentasi pasar Proses memilih suatu pasar ke dalam berbagai kelompok pelanggan yang berperilaku sama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembagian Segmen, penentuan Target dan Penempatan Segmentasi pasar Proses memilih suatu pasar ke dalam berbagai kelompok pelanggan yang berperilaku sama."— Transcript presentasi:

1 Pembagian Segmen, penentuan Target dan Penempatan Segmentasi pasar Proses memilih suatu pasar ke dalam berbagai kelompok pelanggan yang berperilaku sama atau memiliki kebutuhan serupa. Targetting proses mengevaluasi segmen pasar dan memusatkan upaya pemasaran pada negara, kawasan atau kelompok orang yang memiliki potensi signifikan untuk berreaksi secara positif terhadap stimulus pemasaran dari perusahaan

2 Segmentasi Pasar Global Segmentasi Geografis Membagi dunia menjadi kelompok-kelompok geografis, seperti Eropa Barat, Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin dll. Keunggulan utamanya : Kedekatannya, dimana pasar pada segmen yang sama relatif dekat satu sama lain dan mudah didatangi pada kunjungan yg sama atau dihubungi dlm zona waktu yg sama. Keterbatasannya : Fakta bahwa beberapa pasar berada dalam kawasan geografis yang sama tidak lantas berarti bahwa pasar tersebut benar-benar sama (misalnya Jepang dan Vietnam)

3 Segmentasi Pasar Global Segmentasi Demografis Didasarkan pada karakteristik terukur dari populasi, seperti usia, jenis kelamin, penghasilan, pendidikan, dan pekerjaan. Trend global : semakin sedikit pasangan yg menikah, perubahan peran perempuan, dll Pegelompokkan negara berpenghasilan tinggi, sedang dan rendah. Global teenagers : anak muda yg berusia tahun, minat mereka akan mode, musik dan gaya hidup. Perusahaan yg membidik segmen ini a.l coca cola, sony, media MTV,dll. Gobal elit : konsumen yg lebih tua, lebih makmur, banyak berpergian, dan mempunyai uang untuk membeli produk- produk bergengsi dgn citra eksklusif

4 Segmentasi Pasar Global Segmen Psikografis Proses pengelompokkan orang dalam arti sikap, nilai yang dianut dan gaya hidupnya Segmentasi Perilaku Berfokus pada apakah orang membeli dan menggunakan suatu produk atau tidak, disamping seberapa sering dan berapa banyak yang dipakainya. Konsumen dikelompokkan berdasarkan tingkat pemakaian : pemakai kelas berat, kelas sedang, dan kelas ringan Perusahaan tembakau membuat China sebagai pasar sasaran karena penduduk China adalah perokok berat.

5 Segmen Psikografis Katagori% dari semua pemilik Diskripsi Topn Guns27%Penggerak dan ambisius; peduli dengan kekuatan dan kontrol; keinginan untuk diperhatikan Proud Patrons 23%Kepemilikannya merupakan apa yang berarti; mobil adalah sebuah tropi; hadiah dari suatu kerja keras; tidak masalah jika jadi perhatian

6 Segmentasi Manfaat Segmentasi manfaat memfokuskan kepada pembilang dari persamaan nilai : Value = Benefit/Price Pendekatan ini dapat memberikan hasil yang memuaskan melalui pemahaman superior pemasar atas masalah yang dapat diselesaikan oleh suatu produk atau manfaat yang ditawarkannya.

7 Menetapkan Sasaran Global Tiga kriteria menentukan target : Besar segmen yang ada dan potensi pertumbuhannya. Misalnya berjuta-juta generasi MTV global merupakan pasar yang luar biasa besarnya. Persaingan Potensial. Sebuah pasar atau segmen pasar yang mempunyai karakteristik persaingan keras mungkin merupakan segmen yang harus dihindari Kecocokan dan Kelayakan. Apakah mengejar segmen tertentu cocok dengan sasaran perusahaan secara keseluruhan dan sumber keunggulan bersaing yang sudah mantap.

8 Strategi Pasar Sasaran Global Standarisasi Pemasaran Global Pemasaran massal dalam satu negara yg melibatkan penciptaan bauran pemasaran yg sama Daya tarik dari standarisasi pemasaran global ini adalah volume penjualan yg lebih tinggi, biaya produk yg lebih rendah dan laba yg lebih banyak. Contoh : Revlon mengumumkan bahwa semua periklanan revlon untuk semua produk baik berupa kosmetik, perawatan kulit, perawatan rambut saat ini akan dipergunakan di seluruh dunia.

9 Strategi Pasar Sasaran Global Pemasaran Global Terkonsentrasi Perusahaan merancang bauran pemasaran untuk menjangkau segmen tunggal dalam pasar global Contoh : Kopi lampung untuk segmen Jepang.

10 Strategi Pasar Sasaran Global Pemasaran Global yg Membada-bedakan Perusahaan Global menargetkan dua atau lebih segmen pasar yang berbeda dan melayani mereka dengan bauran pemasaran yang berbeda pula. Contoh Unilever menawarkan parfum elit bermerek Calvin Klein sembari menawarkan Brut sebagai merek pasar massal.

11 Menentukan Posisi Produk di Pasar Global Posisi berusaha menempatkan produk dalam benak pelanggan sasaran sedemikian rupa, sehingga memperoleh posisi yang unik dan unggul dibandingkan produk pesaing. Posisi harus menawarkan manfaat- manfaat tertentu yg diwujudkan dalam proposisi nilai perusahaan.

12 Menentukan Posisi Produk di Pasar Global Proposisi nilai terdiri atas 3 manfaat utama : Manfaat fungsional (atribut kinerja) seperti humberger, kentang goreng, minuman ringan dan makanan lainnya di Mc Donald yg bercita rasa : bonus ekstra seperti tempat bermain, hadiah, dll. Manfaat emosional (citra) : bagi anak-anak Mc Donald memberikan rasa senang lewat kebahagiaan pesta ulang tahun, dan saat istimewa keluarga) Manfaat ekonomik : biayanya rendah

13 Menentukan Posisi Produk di Pasar Global Menentukan Posisi Teknologi Tinggi Produk teknik : komputer, bahan kimia, ban mobil, dll Produk untuk peminat khusus : Peralatan olah raga Adidas, kamera Canon,dll Produk yg dapat ditunjukkan kegunaannya : Kamera Instant Polaroid

14 Menentukan Posisi Produk di Pasar Global Memosisi Sentuhan Canggih Produk yg memecahkan masalah umum : menyediakan manfaat yg berkaitan dgn momen kecil dalam kehidupan (iklan yg menayangkan percakapan di kafe sambil minum secangkir kopi). Produk Desa Global : Air mineral merupakan contoh yg baik dari produk yg mempunyai posisi alami kuat di seluruh dunia.

15 Merek Global Penggunaan satu merek global tidak mungkin dilakukan jika : Namanya sudah digunakan oleh perusahaan lain (Nama burger king telah lebih dahulu digunakan oleh sebuah restoran siap saji di Perth, akibatnya sewaktu burger king masuk ke Australia nama yg dipakai adalah Hungry Jack. Nama (loga) yg dipakai bisa memiliki konotasi budaya yg berbeda (Carlsberg harus menambahkan gambar satu ekor gajah lagi pada label birnya yg semula bergambar dua ekor gajah untuk keperluan iklan di Afrika. Penyebabnya adalah kepercayaan setempat menganggap dua ekor gajah merupakan simbul nasib buruk).

16 Merek Global Penggunaan satu merek global tidak mungkin dilakukan jika : Ada tuntutan untuk menerjemahkan nama merek ke dalam bahasa lokal seperti di RRC, Jepang.

17 Merek Global Brand Equity Serangkaian memori dalam benak pelanggan, anggota saluran distribusi, perusahaan induk, dan anggota utama lain dari jejaring bisnis merek tertentu yg dapat berdampak pada aliran kas dan profitabilitas masa mendatang.

18 Brand Equity KatagoriUkuran Konsumen akhirPersepsi thd kualitas Pengetahuan Konsumen pengecerPersentasi diskon Biaya perkontak Relatif thd pesaingVolume pangsa pasar Harga relatif

19 Merek Lokal versus Merek Global Merek Global : merek yang memiliki nama sama dan strategi pemasaran terkoordinasi yg sama pula di banyak negara. Perspektif Merek Lokal Original Local Brands : mencakup merek-merek yg berasal dari negara setempat/lokal dan dimiliki oleh perusahaan lokal seperti Djarum Super, Jamu Nyonya Meneer.

20 Merek Lokal versus Merek Global Perspektif Merek Lokal Quasi local brands : terdiri dari merek-merek yg berasal dari negara lokal, namun dimiliki oleh orang/perusahaan asing Original local brands yg dibeli oleh perusahaan multinasional (Ades dibeli oleh coca cola) Merek lokal yg dikembangkan dan dipasarkan secara khusus untuk pasar domestik tertentu oleh perusahaan multinasional (PT Unilever Indonesia Tbk mengembangkan dan memasarkan citra hand and body lotion di pasar Indonesia.

21 Merek Lokal versus Merek Global Perspektif Merek Lokal Acquire local brands : meliputi merek- merek yg berasal dari negara lain, namun dimiliki oleh perusahaan lokal Foreign Brands : Berasal dari luar negeri dan dimiliki oleh perusahaan/orang asing (Levi’s, Mc Donald’s, Marlboro).


Download ppt "Pembagian Segmen, penentuan Target dan Penempatan Segmentasi pasar Proses memilih suatu pasar ke dalam berbagai kelompok pelanggan yang berperilaku sama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google