Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Microsoft Word. Microsoft Word merupakan bagian dari Microsoft Office yang dirancang untuk digunakan sebagai : Surat Pribadi dan Bisnis Membuat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Microsoft Word. Microsoft Word merupakan bagian dari Microsoft Office yang dirancang untuk digunakan sebagai : Surat Pribadi dan Bisnis Membuat."— Transcript presentasi:

1 Pengenalan Microsoft Word

2 Microsoft Word merupakan bagian dari Microsoft Office yang dirancang untuk digunakan sebagai : Surat Pribadi dan Bisnis Membuat surat bersifat pribadi maupun untuk keperluan bisnis. Laporan Membuat laporan baik teks biasa atau keuangan yang diintegrasikan dengan Microsoft Excel. Manual Alat untuk membuat manual, prosedur kerja, tata laksana. Surat Selebaran dan Brochure Digunakan sebagai alat untuk sales dan marketing Dan Lain-lain Masih banyak lagi kegunaan yang merupakan optimasi dari penggunaan firtur yang ada di MS- Word.

3 Memulai MS-Word Dari menu start pilih Programs kemudian Icon bertulisan Microsoft Word. Eksekusi program akan menampilkan layar awal dari Microsoft Word Secara otomatis MS-Word memberi nama Document 1 pada layar yang baru dibuka. Layar atau Window terdiri atas beberapa bagian.

4 Titlebar Menjelaskan nama dari berkas dokumen dan nama aplikasi (Microsoft Word) Iconize mengubah layar menjadi Icon-bar yang terdapat pada bagian bawah menu utama Window Minimize/Maximize Mengecilkan dan memaksimumkan besar layar Exit (close) Keluar (Selesai) dari aplikasi Word Menubar Terdiri dari instruksi Word untuk merawat File, Editing, menampilkan View, dsb. Toolbar Icon jalan pintas atau shortcut dari instruksi Word Statusbar Informasi nomor halaman, section, jumlah halaman, nomor baris, nomor kolom.

5 Melipat Kertas dan Kebawah, Kekiri dan Kekanan Bila layar telah penuh dengan tulisan maka diperlukan teknik untuk melipat dokumen ke bawah atau keatas untuk menampilkan isi dokumen aktual. Teknik ini disebut Scroll up dan Scroll Down. Untuk dapat secra cepat bergerak di dokumen, klik Slider dengan Mouse ditahan, kemudian tarik ke bawah dan keatas sesuai lokasi yang diinginkan. Teknik yang sama digunakan juga untuk Kesamping Kiri dan Kanan. Efek yang sama dapat diciptakan dengan papan keyboard yaitu dengan : PgUp : menampilakn dokumen dari bagian atas PgDn : menampilkan dokumen dari bagian bawah ctrl+home : pindah ke awal dokumen ctrl+end : pindah ke akhir dokumen

6 Ruler (Penggaris) Ruler diberikan untuk memperjelas posisi karakter atau gambar (obyek) di dokumen. Penggaris ini akanmemberikan lokasi yang akurat tentang penempatan obyek tersebut. Ruler umumnya tidak dibutuhkan pada pembuatan dokumen biasa, karena itu Ruler ini dapat dihilangkan dengan memilih View dari Menubar, kemudian hilangkan Chexbox pada Ruler.

7 Memasukan Teks Tulis teks yang dikehendaki, perhatikan bahwa tanda garis merah menandakan bahwa kata tersebut tidak ditemukan dalam kamus (Dictionary) standar word, yaitu Bahasa Inggris. Fitur ini dimatikan (Disable) dengan memilih TOOLS kemudian pilih SET LANGUAGE. Dari daftar yang ada pilih Indonesian, lalu jadikan sebagai DEFAULT maka akan muncul pertanyaan dan klik YES. MS sejauh tersedia melakukan koreksi ejaan dan tata bahasa. Fitur jni dapat dilihat pada TOOLS kemudian pilih OPTION dan SPELLING dan GRAMMAR. Tekan CANCEL untuk kembali ke menu utama

8 Menyimpan Dokumen dan Membuat Folder Dokumen disimpan dalam direktori tapi sebelumnya harus diciptakan dulu. Dengan bantuan instruktur buat folder dan beri nama Tutorial. Untuk menyimpan Teks yang telah dibuat ke dalam sebuah file dapat dilakukan beberapa cara, pilih Icon yang bergambar DISC. Secara DefaultMicrosoft Word memberi nama dokumen sesuai dengan beberapa kata dari kalimat pertama. Cara lain : pilih menu file dari Menu Bar, pilih save, jika berkas baru pilih Save As.. Perbedaaan Save dan save As akan dijelaskan Instruktur.

9 Menutup Dokumen Setelah selesai dengan menyunting dokumen maka aplikasi Microsoft Word dapat ditutup dengan memilih menu File dari Menubar kemudian pilih Close. Pemilihan Close tidak menghentikan aplikasi Microsoft Word. Untuk menutup dokumen sekaligus keluar dari word, pilih menu EXIT pada akhir PopUp menu tersebut. Perhatikan jika dokumen sudah diubah tapi belum sempat disimpan maka Microsoft Word akan menanyakan, apakah perubahan tersebut ikut disimpan atau diabaikan. Jawab YES untuk menyimpan dan keluar. NO untuk tidak menyimpan dan keluar dan CANCEL membatalkan artinya kembali ke modus EDITING. Sebagai jalan pintas CLOSE dapat dipilih tanda X pada bagian atas dokumen.

10 Dokumen yang sudah ada dapat dibuka untuk diedit kembali. Untuk membuka, pilih FILE dari menubar, kemudian pilih OPEN atu pilih nama file yang masih tertuli dalam memory Word (Umumnya ada 4 buah File terakhir yang pernah diedit) Pilih Open, untuk mendapatkan Folder dimana file yang dicari tersebut berada. Kemudian pilih tombol “OPEN” atau “CANCEL” untuk membatalkan pilihan tersebut. Cara lain untuk membuka dokumen adalah dengan memilih Icon open File

11 Membuat Dokumen Baru Dokumen baru dapat dibuat dengan memilih FILE dari menubar kemudian pilih NEW. Subwindow akan muncul untuk membantu pembuatan dokumen baru. Pilihan adalah : membuka Dokumen, Template, atau Dokumen lainnya. NEW yaitu Blank Document atau Blank Web Page. New From Existing Document menyalin format dengan template dari dokumen yang sudah ada. New From Template membuat dokumen berdasarkan format-format yang sudah di definisikan dalam sebuah template

12 Untuk keperluan TUTORIAL, pilih New From Blank doument. Sebagi jalan pintas membuka dokumen dapat juga dilakukan dengan memilih langsung Icon New Document. Dalam sebuah dokumen baru umumnya ditentukan ukuran dari kertas yang digunakan agar dapat dicetak pada Printer tanpa kesulitan dalam hal Formating Ukuran kertas dapat berupa “Letter”, A4 dan ukuran lainnya. Pilih ukuran yang sesuai dengan kantor dimana Anda bekerja. Orientasi adalah Potrat (berdiri) atau Landscape (membujur), margins adalah jarak spasi dihitung dari atas (top), kiri (left), kanan (right) dan bawah (bottom).

13 Mengubah Ukuran Kertas Ganti ukuran kertas (Paper Size) dengan memilih Opsi dari “Pull-Down Menu”. Pada contoh ukuran panjang x lebar A4 dinyatakan dengan Inch (dapat diubah menjadi centimeter). Untuk mengubahnya pilih TOOLS kemudian OPTION dan pilih menutab General, pilih measurement units dalam Centimeters.


Download ppt "Pengenalan Microsoft Word. Microsoft Word merupakan bagian dari Microsoft Office yang dirancang untuk digunakan sebagai : Surat Pribadi dan Bisnis Membuat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google