Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Object Form, Label, Textbox, & Command Button. Form  Merupakan dasar dari sebuah program, dimana programmer membuat semua design dari program diatas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Object Form, Label, Textbox, & Command Button. Form  Merupakan dasar dari sebuah program, dimana programmer membuat semua design dari program diatas."— Transcript presentasi:

1 Object Form, Label, Textbox, & Command Button

2 Form  Merupakan dasar dari sebuah program, dimana programmer membuat semua design dari program diatas sebuah form.

3 Form Properties  Name Nama dari object yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program.  Appearance Mengatur tampilan form dalam bentuk Flat atau 3D.  BackColor Mengatur warna latar dari sebuah form

4 Form Properties  BorderStyle Mengatur tipe border dari sebuah form  0 – None  Membuat form menjadi tanpa bingkai.  1 – Fixed Single  Membuat form menjadi unresizeable.  2 – Sizeable  Membuat form menjadi resizeable.  3 – Fixed Dialog  Sama dengan Fixed Single, namun tidak tampil di taskbar.  4 – Fixed Toolwindow  Membuat window unresizeable dan tanpa icon.  5 – Sizeable Toolwindow  Membuat toolwindow namun bersifat resizeable

5 Form Properties  Caption Nilai text atau tulisan yang tampil pada title bar dari form.  Enabled Mengatur form apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan.  Font Mengatur jenis font dari form dan object didalamnya.  Height Mengatur tinggi dari sebuah label.  Icon Mengganti icon dari form.

6 Form Properties  Left Menentukan posisi form secara horizontal pada sebuah layar monitor atau form MDI.  MaxButton Mengatur aktif atau tidaknya tombol maximize pada form.  MDIChild Mengatur form menjadi child atau tidak dari sebuah form MDI.  MinButton Mengatur aktif atau tidaknya tombom minimize pada form.  MousePointer Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas form.

7 Form Properties  Moveable Mengatur form untuk dapat digerakkan atau tidak.  Picture Memasukkan gambar sebagai latar dari sebuah form.  ShowInTaskbar Mengatur tampil atau tidaknya form di taskbar.  StartUpPosition Mengatur posisi form ketika program dijalankan.

8 Form Properties  Top Menentukan posisi form secara vertikal pada sebuah layar atau form MDI.  Visible Menentukan form apakah akan tampil atau tidak pada saat program dijalankan.  Width Mengatur lebar dari sebuah form.  WindowState Menentukan keadaan form ketika dijalankan, apakah minimize, maximize, atau normal.

9 Label Properties  Name Nama dari object yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program.  Alignment Mengatur posisi caption dari label apakah sebelah kiri, tengah atau kanan.  Appearance Membuat control label berbentuk 3D atau Flat (datar).  AutoSize Membuat lebar label sesuai dengan lebar caption pada label.

10 Label Properties  BackColor Mengatur warna latar dari control label.  BackStyle Mengatur label berlatar transparan atau tidak.  BorderStyle Mengatur bingkai label menjadi bentuk 3D atau Flat (datar).  Caption Nilai text atau tulisan yang tampil pada label.  Enabled Mengatur label apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan.

11 Label Properties  Font Mengatur jenis font caption label.  ForeColor Mengatur warna caption dari label.  Height Mengatur tinggi dari sebuah label.  Index Menentukan angka index (array) dari label.  Left Menentukan posisi label secara horizontal pada sebuah form.

12 Label Properties  MousePointer Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas label.  TabIndex Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan.  ToolTipText Pesan yang akan ditampilkan berbentuk balon ketika pointer mouse berada diatas label.  Top Menentukan posisi label secara vertikal pada sebuah form.

13 Label Properties  Visible Menentukan label apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan.  Width Mengatur lebar dari sebuah label.

14 Textbox Properties  Name Nama dari object textbox yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program.  Alignment Mengatur posisi text dari textbox apakah sebelah kiri, tengah atau kanan.  Appearance Membuat control textbox berbentuk 3D atau Flat (datar).  BackColor Mengatur warna latar dari control textbox.

15 Textbox Properties  BorderStyle Mengatur bingkai textbox menjadi bentuk 3D atau Flat (datar).  Enabled Mengatur textbox apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan.  Font Mengatur jenis font text pada textbox.  ForeColor Mengatur warna text dari textbox.

16 Textbox Properties  Height Mengatur tinggi dari sebuah textbox.  Index Menentukan angka index (array) dari textbox.  Left Menentukan posisi textbox secara horizontal pada sebuah form.  Locked Membuat textbox terkunci atau tidak dapat diketik, namun kursor tetap dapat berpindah ke textbox yang terkunci.

17 Textbox Properties  MaxLength Menentukan batas maksimal pengetikan karakter di dalam sebuah textbox.  MousePointer Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas textbox.  MultiLine Membuat textbox dapat diketik lebih dari satu baris.  PasswordChar Membuat setiap karakter yang diketikkan di dalam textbox terenkripsi menjadi karakter yang dideklarasikan.

18 Textbox Properties  ScrollBars Menampilkan scrollbar mendatar, vertikal, atau keduanya ketika textbox diset sebagai multiline.  TabIndex Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan.  Text Nilai text atau tulisan yang tampil pada textbox.  ToolTipText Pesan yang akan ditampilkan berbentuk balon ketika pointer mouse berada diatas textbox.

19 Textbox Properties  Top Menentukan posisi textbox secara vertikal di dalam sebuah form.  Visible Menentukan textbox apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan.  Width Mengatur lebar dari sebuah textbox.

20 Ascii Table

21 Command Button Properties  Name Nama dari object command button yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program.  Appearance Membuat control command button berbentuk 3D atau Flat (datar).  BackColor Mengubah warna latar command button, dengan catatan bahwa properties style pada command button di set sebagai Graphical.

22 Command Button Properties  Caption Nilai text atau tulisan yang tampil pada command button.  DisabledPicture Menentukan gambar yang akan tampil ketika property enabled command button bernilai False. Gambar hanya akan tampil bila property style command button diset menjadi Graphical.  DownPicture Menentukan gambar yang akan tampil ketika tombol ditekan, namun gambar hanya akan tampil bila property style command button diset menjadi Graphical.

23 Command Button Properties  Enabled Mengatur command button apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan.  Font Mengatur jenis font caption pada command button.  Height Mengatur tinggi dari sebuah command button.  Index Menentukan angka index (array) dari command button.  Left Menentukan posisi command button secara horizontal pada sebuah form.

24 Command Button Properties  MousePointer Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas command button.  Picture Menempatkan gambar pada objek command button, namun gambar hanya akan tampil bila property style diset menjadi Graphical.  Style Memungkinkan command button memuat berbagai jenis gambar pada propertiesnya.  TabIndex Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan.

25 Command Button Properties  ToolTipText Pesan yang akan ditampilkan berbentuk balon ketika pointer mouse berada diatas command button.  Top Menentukan posisi command button secara vertikal di dalam sebuah form.  Visible Menentukan command button apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan.  Width Mengatur lebar dari sebuah command button.

26 Checkbox & Option Button

27 Checkbox  Control yang digunakan untuk melakukan pemilihan dari sekumpulan pilihan dimana pengguna dapat memilih lebih dari satu buah pilihan.

28 Checkbox Properties  Name Nama dari object checkbox yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program.  Alignment Mengatur posisi “Check” disebelah kiri atau kanan.  Appearance Mengatur bentuk tampilan checkbox apakah berbentuk Flat atau 3D.  BackColor Mengatur warna latar dari checkbox.

29 Checkbox Properties  Caption Nilai text atau tulisan yang tampil pada checkbox.  DownPicture Gambar yang akan tampil pada saat checkbox dalam keadaan terpilih. Gambar hanya akan tampil bila properties “style” diset sebagai Graphical.  Enabled Mengatur checkbox apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan.

30 Checkbox Properties  Font Mengatur jenis font caption pada checkbox.  ForeColor Mengatur warna text dari checkbox.  Height Mengatur tinggi dari sebuah checkbox.  Index Menentukan angka index (array) dari checkbox.

31 Checkbox Properties  Left Menentukan posisi checkbox secara horizontal pada sebuah form.  MousePointer Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas checkbox.  Picture Menempatkan gambar pada objek checkbox, namun gambar hanya akan tampil bila property “style” diset menjadi Graphical.  Style Memungkinkan checkbox memuat berbagai jenis gambar pada propertiesnya, dan membuat bentuk checkbox menjadi seperti command button.

32 Checkbox Properties  TabIndex Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan.  ToolTipText Pesan yang akan ditampilkan berbentuk balon ketika pointer mouse berada diatas checkbox.  Top Menentukan posisi checkbox secara vertikal di dalam sebuah form.  Visible Menentukan checkbox apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan.

33 Checkbox Properties  Value 0 – Unchecked  Mengatur tanda “check” pada checkbox dalam keadaan tidak terpilih. 1 – Checked  Mengatur tanda “check” pada checkbox dalam keadaan terpilih. 2 – Grayed  Mengatur tanda “check” pada checkbox dalam keadaan “grayed”.  Width Mengatur lebar dari sebuah checkbox.

34 Option Button  Control yang digunakan untuk melakukan pemilihan dari sekumpulan pilihan dimana pengguna hanya dapat memilih satu buah pilihan.

35 Option Button Properties  Name Nama dari object option button yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program.  Alignment Mengatur posisi pilihan disebelah kiri atau kanan.  Appearance Mengatur bentuk tampilan option button apakah berbentuk Flat atau 3D.  BackColor Mengatur warna latar dari option button.

36 Option Button Properties  Caption Nilai text atau tulisan yang tampil pada option button.  DisabledPicture Gambar yang akan tampil pada saat option button dalam keadaan “Disabled”. Gambar hanya akan tampil bila properties “style” diset sebagai Graphical.  DownPicture Gambar yang akan tampil pada saat option button dalam keadaan terpilih. Gambar hanya akan tampil bila properties “style” diset sebagai Graphical.

37 Option Button Properties  Enabled Mengatur option button apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan.  Font Mengatur jenis font caption option button.  ForeColor Mengatur warna caption dari option button.  Height Mengatur tinggi dari sebuah option button.  Index Menentukan angka index (array) dari option button.

38 Option Button Properties  Left Menentukan posisi option button secara horizontal pada sebuah form.  MousePointer Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas option button.  Picture Menempatkan gambar pada objek option button, namun gambar hanya akan tampil bila property “style” diset menjadi Graphical.

39 Option Button Properties  Style Memungkinkan option button memuat berbagai jenis gambar pada propertiesnya, dan membuat bentuk option button menjadi seperti command button.  TabIndex Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan.  ToolTipText Pesan yang akan ditampilkan berbentuk balon ketika pointer mouse berada diatas option button.  Top Menentukan posisi option button secara vertikal di dalam sebuah form.

40 Option Button Properties  Value Menentukan option button apakah dalam keadaan terpilih atau tidak. Option button bernilai True apabila dalam keadaan terpilih, dan bernilai False apabila dalam keadaan tidak terpilih.  Visible Menentukan option button apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan.  Width Mengatur lebar dari sebuah option button.


Download ppt "Object Form, Label, Textbox, & Command Button. Form  Merupakan dasar dari sebuah program, dimana programmer membuat semua design dari program diatas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google