Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Penampil data yang menarik  Dapat menampilkan berbagai data dengan berbagai efek  Tipe : ◦ Monokrom ◦ Berwarna  Pada sistem mikroprosesor, layar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Penampil data yang menarik  Dapat menampilkan berbagai data dengan berbagai efek  Tipe : ◦ Monokrom ◦ Berwarna  Pada sistem mikroprosesor, layar."— Transcript presentasi:

1

2  Penampil data yang menarik  Dapat menampilkan berbagai data dengan berbagai efek  Tipe : ◦ Monokrom ◦ Berwarna  Pada sistem mikroprosesor, layar digunakan untuk menampilkan data dari memory ke lokasi kolom dan baris yang bersesuaian.

3  Memori tempat data yang akan dikirim oleh komputer ke layar  Lokasi tertentu : ◦ Monokromatik : B000H:0000H ◦ Berwarna : B800H:0000H  Data ditampilkan dengan interval tertentu => refresh rate (fps)  Fps tinggi -> gerakan halus, processing tinggi  Fps rendah -> gerakan kasar, processing rendah

4  Layar dipecah sebagai kolom dan baris  Ukuran default : 80 kolom x 25 baris  Membutuhkan 2 byte memory untuk menampilkan data teks dan atributnya  Total memori = 80 x 25 x 2 = 4000byte  Perumusan alamat data dan atribut : ◦ Alamat data = (baris x 160) + (kolom x 2) ◦ Alamat atribut = (baris x 160) + (kolom x 2) + 1  Hal ini merupakan dasar dari pemrograman pada layar : menu, efek2x, dll

5  Disediakan BIOS  Parameter program : ◦ AH = Diisi dengan 6 untuk menggulung layar keatas, untuk menggulung layar kebawah diisi dengan 7. ◦ AL = Banyaknya pergeseran yang akan dilakukan. Jika diisi dengan nol, maka seluruh isi window akan dihapus. ◦ CH = Posisi baris kiri atas window ◦ CL = Posisi kolom kiri atas window ◦ DH = Posisi baris kanan bawah window ◦ DL = Posisi kolom kanan bawah window ◦ BH = Atribut yang akan mengisi hasil penggulungan window ◦ Jalankan INT 10H

6  Melalui interupsi BIOS  Parameter : ◦ AH = 2 ◦ DH = Posisi Baris(00-24) ◦ DL = Posisi Kolom(00-79) ◦ BH = Halaman layar(0=default) ◦ Jalankan interupsi INT 10H

7  Menggunakan interupsi BIOS INT 10H dengan nomor servis 3  Parameter : ◦ Input :  AH = 03H  BH = halaman layar ◦ Output :  DH = posisi baris  DL = posisi kolom

8  Besar alokasi memori untuk layar bervariasi begitu juga dengan ukurannya.  Memori alokasi untuk layar > 4000byte, maka layar dapat dipisah-pisah menjadi beberapa page / halaman  Rumus alamat data pada halaman tertentu : ◦ Alamat data = (baris x 160) + (kolom x 2) + (halaman * 1000H) ◦ Alamat atribut = (baris x 160) + (kolom x 2) (halaman * 1000H)

9  Semua tampilan program berada pada halaman 0 dengan alamat B800H : 0000H secara default  Diubah menggunakan INT 10H nomor servis 5  Parameter : ◦ AH = 5 ◦ AL = nomor halaman yang akan ditampilkan

10  Karakter pada layar diambil dari sebuah tabel karakter  Tabel karakter berisi definisi piksel karakter-karakter yang dapat diubah sesuai dengan keinginan  Dapat diubah menggunakan interupsi 10H, servis nomor 11H, subservis 00H  Parameter : ◦ AH = 11h ◦ AL = 00h ◦ CX = Jumlah bentuk karakter yang akan diganti ◦ DX = Kode ASCII karakter awal yang akan diganti ◦ BL = Nomor tabel karakter yang diubah ◦ BH = Jumlah byte perkarakter ◦ ES:BP = Alamat buffer pola karakter

11  Menyatakan kemampuan resolusi dan detil piksel yang dapat ditampilkan layar  Amat bergantung pada jenis adapter monitor yang terpasang pada komputer  Adapter monitor semakin canggih maka mode layar yang didukung semakin banyak  Interupsi 10H untuk mengubah mode video : ◦ Servis 0FH : mengambil mode aktif. Output :  AL = mode video aktif (lihat tabel mode video)  AH = jumlah karakter per kolom  BH = halaman tampilan aktif ◦ Servis 00H : mengubah mode aktif. Parameter :  AH = 00H (servis)  AL = mode video yang diinginkan (AL.7 = 1 => data lama layar tidak terhapus)

12


Download ppt " Penampil data yang menarik  Dapat menampilkan berbagai data dengan berbagai efek  Tipe : ◦ Monokrom ◦ Berwarna  Pada sistem mikroprosesor, layar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google