Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR SISTEM INFORMASI KELOMPOK INPUT DEVICE Basworo Bawiso Muhammad Evinia Candrasari Frederick Ivan Muhammad Mufid Luthfi Reza Muhamad Mukmin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR SISTEM INFORMASI KELOMPOK INPUT DEVICE Basworo Bawiso Muhammad Evinia Candrasari Frederick Ivan Muhammad Mufid Luthfi Reza Muhamad Mukmin."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR SISTEM INFORMASI KELOMPOK INPUT DEVICE Basworo Bawiso Muhammad Evinia Candrasari Frederick Ivan Muhammad Mufid Luthfi Reza Muhamad Mukmin

2 PERANGKAT KERAS DAN FUNGSINYA Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : 1. input device (unit masukan) 2. Process device (unit Pemrosesan) 3. Output device (unit keluaran) 4. Backing Storage ( unit penyimpanan) 5. Periferal ( unit tambahan)

3 INPUT DEVICE

4 Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer

5 PERALATAN INPUT BERDASARKAN SIFAT Peratalan input langsung Input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner. Peralatan input tidak langsung Input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

6 I. BAR CODE SCANNER

7 Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kumpulan kotak atau garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

8 KEUNGGULAN BARCODE SCANNER DALAM PROSES INPUT DATA Proses Input Data lebih cepat, karena : Barcode Scanner dapat membaca/merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual. Proses Input Data lebih tepat, karena : Teknologi barcode mempunyai ketepatan yang tinggi dalam pencarian data. Penelusuran informasi data lebih akurat karena teknologi barcode mempunyai akurasi dan ketelitian yang sangat tinggi. Mengurangi biaya, karena dapat mengindari kerugian dari kesalahan pencatatan data dan mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual secara berulang- ulang. Peningkatan Kinerja Manajemen, karena dengan data yang lebih cepat, tepat dan akurat maka pengambilan keputusan oleh manajemen akan jauh lebih baik dan lebih tepat, yang nantinya akan sangat berpengaruh dalam menentukan kebijakan perusahaan.

9 GAMBAR BAR CODE DAN BAR CODE SCANNER

10 II. ALAT PEMBACA SIDIK JARI

11 Fingerprint Reader atau pembaca sidik jari adalah piranti yang digunakan untuk membaca sidik jari seseorang. Banyak digunakan sebagai alat untuk menangani kehadiran seseorang di suatu perusahaan atau untuk memasuki tempat – tempat yang bersifat rahasia dan diakses secara otomatis. Dalam hal ini, sidik jari berlaku sebagai identitas seseorang dan dengan teknologi yang lebih canggih memungkinkan pembacaan rumusan sidik jari yang lazim digunakan dalam sistem kepolisian.

12 ALAT PEMBACA SIDIK JARI

13 III. ALAT PEMBACA RETINA MATA

14 Alat pembaca retina mata memiliki teknologi yang lebih canggih dari pada pembaca sidik jari. Alat ini dapat memindai retina mata seseorang dan menghasilkan suatu identitas retina mata. Identitas inilah yang kemudian diproses oleh komputer untuk melakukan tindakan selanjutnya Contoh penggunaan di indonesia sendiri adalah dalam memindai retina mata penduduk untuk input data e-KTP

15 CONTOH ALAT PEMBACA RETINA MATA

16 THANK YOU


Download ppt "PENGANTAR SISTEM INFORMASI KELOMPOK INPUT DEVICE Basworo Bawiso Muhammad Evinia Candrasari Frederick Ivan Muhammad Mufid Luthfi Reza Muhamad Mukmin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google