Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGGUNAKAN VISUAL COMPONENT LIBRARY  Menggunakan Komponen BitBtn BitBtn (bitmap Button) adalah komponen tombol yang memiliki perilaku yang sama dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGGUNAKAN VISUAL COMPONENT LIBRARY  Menggunakan Komponen BitBtn BitBtn (bitmap Button) adalah komponen tombol yang memiliki perilaku yang sama dengan."— Transcript presentasi:

1 MENGGUNAKAN VISUAL COMPONENT LIBRARY  Menggunakan Komponen BitBtn BitBtn (bitmap Button) adalah komponen tombol yang memiliki perilaku yang sama dengan komponen button, tetapi komponen ini dapat ditampilkan dengan suatu gambar pada bagian tombol tersebut.

2

3 Ada beberapa pilihan dalam properti Layout yang dapat digunakan untuk mengatur letak gambar (glyph) pada Button adalah : ByGlyphLeft, meletakkan gambar disebelah kiri teks ByGlyphRight, meletakkan gambar disebelah kanan teks ByGlyphTop, meletakkan gambar disebelah atas teks ByGlyphBottom, meletakkan gambar disebelah bawah teks

4 Properti Glyph digunakan untuk mengubah gambar yang akan ditampilkan pada sebuah button. Klik tombol builder pada propery Glyph sehingga muncul kotak dialog Picture Editor :

5 Load digunakan untuk memilih file.Bmp yang dapat dimasukkan ke dalam Picture Editor save digunakan untuk menyimpan gambar Clear digunakan untuk menghapus keterikatan gambar dengan komponen yang dipilih

6  Menggunakan Komponen speedButton Speed Button adalah tombol grafis yang digunakan untuk mewakili shortcut suatu perintah menu. Ketika menambahkan sebuah Speed button kesebuah panel, sehingga proses pemindahan atau penyembunyian panel sama artinya dengan menambah atau menyembunyikan Spedd Button Speed Button pada umumnya memiliki gambar dan dapat difungsikan dalam grup

7 Prosedur untuk menentukan gambar (Glyph) pada Speed Button adalah : 1.Klik Speed Button dari tab Additional dalam Component Palette. 2.Dalam Object Inspector, pilih properti Glyph 3.Klik tombol builder untuk membuka Picture Editor dan memilih file gambar berekstensi.Bmp.

8

9  Memakai Calendar Tab Win32 mempunyai dua buah komponen yang dapat dipakai untuk membaca data tanggal dan jam. Komponen tersebut adalah DataTimePicker dan MonthCalendar Komponen MonthCalendar (dari Tab Win32) dipakai untuk memilih sebuah tanggal atau sebuah range tanggal.

10 Buat Aplikasi dengan 2 Label, 2 maskEdit dan 1 buah MonthCalendar Ubah nama komponen MaskEdit menjadi tgl1 dan tgl2


Download ppt "MENGGUNAKAN VISUAL COMPONENT LIBRARY  Menggunakan Komponen BitBtn BitBtn (bitmap Button) adalah komponen tombol yang memiliki perilaku yang sama dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google