Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BARRACK OBAMA MARTIN LUTHER KING JR  1 December 1955 Ditangkap polisi karena menolak untuk memberikan tempat duduknya di bis kepada orang kulit putih.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BARRACK OBAMA MARTIN LUTHER KING JR  1 December 1955 Ditangkap polisi karena menolak untuk memberikan tempat duduknya di bis kepada orang kulit putih."— Transcript presentasi:

1

2 BARRACK OBAMA MARTIN LUTHER KING JR

3  1 December 1955 Ditangkap polisi karena menolak untuk memberikan tempat duduknya di bis kepada orang kulit putih.

4  Martin Luther King Jr dilahirkan di Atlanta dari pasangan Martin Luther King Sr, dan Alberta Williams  Doktor dalam bidang Systematic Theology di Boston University.  Pendeta Gereja Baptis di Alabama

5  5 Desember 1955 – Diangkat menjadi ketua Montogmery Improvement Association. Memulai perjuangan untuk anti rasialisme melalui gerakan tanpa kekerasan.  Ia terinspirasi oleh Abraham Lincoln (menghapus perbudakan ) dan Mahatma Gandhi ( Satya Graha).  4 April 1968 ditembak mati oleh James Earl Ray

6

7  It is a dream deeply rooted in the American dream that one day this nation will rise up and live up the true meaning of its creed – we hold this truths to be self-evident, that all men are created equal.

8 .. that my four little children will one day live in a nation where they will not be judge by the color of their skin but by the content of their character. I have a dream today !

9 .. that one day, down in Alabama, with its vicious racists, with its governor having his lips dripping with the words of interposition and nullification, that one day, right here in Alabama, little black boys and black girls will be able to join hands with little white boys and white girls as sisters and brothers.

10

11

12

13 Orang- orang yang ikut dalam pergerakan sosial

14 HETEROGEN RAS STATUS SOSIAL AGAMAUSIA

15  Pengikutnya juga berasal dari latar belakang yang beragam, tidak hanya orang negro tetapi juga orang kulit putih

16  Seorang Amerika sejati yang ditakdirkan untuk memperjuangkan demokrasi.  Seorang pemimpin dari ras negro.  Penganjur perlawanan pasif – tanpa kekerasan

17  Black Leader  Religious Leader (God’s instrument, Christ-like)  Non violent leader (like Gandhi)  A leader for democracy

18  Black goals ( mengangkat rasnya)  Religious goals (menciptakan surga di bumi,menyebarkan pesan kasih Allah)  Non-violence goals  Democratic goals (menyempurnakan demokrasi dan konstitiusi)  Other principal goals (berjuang untuk keadilan)

19 BAGI ORANG NEGRO :  Pemimpin politik dan pemeran praktis yang berhubungan dengan kondisi memperjuangkan anti rasialis. BAGI ORANG KULIT PUTIH :  Pemimpin religius  Pemimpin spiritual  Pemimpin yang menekankan pada cinta kasih Kristiani dan anti kekerasan (Gandhi)

20  Peserta gerakan perjuangan hak-hak sipil berhadapan dengan ekspresi yang abstrak seperti kebebasan dan keadilan.  Gerakan perjuangan hak-hak sipil menuntut adanya perubahan dari krisis sosial yang dialami.

21  Pemimpin dan doktrin pergerakan menampilkan berbagai dimensi / ambigu yang dapat diterpretasikan oleh masing-masing pengamat sesuai dengan hal yang diminatinya.  Hasil interpretasi dari proses ini menghasilkan beragam gambaran mengenai pemimpin.  Hasil interpretsi juga menimbulkan pengikut pergerakan yang bervariasi.

22  Pemimpin-pemimpin dapat menggunakan tulisan/ceramah yang retorik untuk menggerakkan sejumlah besar orang untuk menemukan makna dari pergerakkannya.  Sebuah pergerakan walaupun tampaknya sangat bersatu tapi tidak dapat menjamin subyektivitas.

23  Posisi Struktural yang dimiliki seperti ras, kelas dalam masyarakat, usia, gender.  Kalkulasi rasional dan non-rasional yang berasal dari posisi-posisi tersebut  Keyakinan masyarakat dan emosi yang dialami sebagai hasil dari sejarah hidup mereka dan situasi yang mereka alami sekarang.

24 DAVID KERTZER RALPH TOURNER MAX WEBER

25  Dalam politik, ritual dan simbol dapat menjadi ambigu.  Aksi ritual dapat menimbulkan solidaritas tanpa konsensus serta dapat melayani organisasi politik dengan menghasilkan solidaritas yang tinggi tanpa mewajibkan keseragaman  Hal ini merupakan nilai politik yang sangat dahsyat, karena sering kesetiaan dalam politik adalah pengenalan sosial dengan sebuah kelompok daripada berbagi pengalaman tentang keyakinan dengan anggota yang lain.

26  Bagaimanapun pemimpin berusaha untuk tidak ambigu, tujuan mereka dapat diinterpretasikan berbeda oleh para pengikutnya yang setia mendengarkan pidato mereka.  T ingkah laku dari peran yang sama dapat memberikan makna yang berbeda bagi orang yangmelihatnya.  Ini adalah situasi yang terjadi dengan King pada periode , ketika King secara aktif memimpin pergerakkan, para koresponden menghubungkan beragam konsep terhadap apa yang telah dilakukannya.

27  Pengaruh berdasarkan persepsi pengikut bahwa pemimpin dibekali kualitas yang luar biasa.  Karisma terjadi saat terjadi krisi sosial.  Pemimpin menarik pengikut yang percaya pada visi yang bertujuan keluar dari krisis. Mereka mengalami keberhasilan yang membuat visi itu tampaknya dapat dicapai.


Download ppt "BARRACK OBAMA MARTIN LUTHER KING JR  1 December 1955 Ditangkap polisi karena menolak untuk memberikan tempat duduknya di bis kepada orang kulit putih."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google