Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 BAB VII KARAKTERISTIK MEMORI WALAUPUN KONSEPNYA TERASA SEDERHANA, MEMORI KOMPUTER MEMILIKI ANEKA RAGAM JENIS, TEKNOLOGI, ORGANISASI, UNJUK KERJA, DAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 BAB VII KARAKTERISTIK MEMORI WALAUPUN KONSEPNYA TERASA SEDERHANA, MEMORI KOMPUTER MEMILIKI ANEKA RAGAM JENIS, TEKNOLOGI, ORGANISASI, UNJUK KERJA, DAN."— Transcript presentasi:

1 1 BAB VII KARAKTERISTIK MEMORI WALAUPUN KONSEPNYA TERASA SEDERHANA, MEMORI KOMPUTER MEMILIKI ANEKA RAGAM JENIS, TEKNOLOGI, ORGANISASI, UNJUK KERJA, DAN BIAYA BAGI SISTEM KOMPUTER.

2 2 MASALAH KOMPLEKS SISTEM MEMORI ADALAH MEMBUATNYA AGAR LEBIH MUDAH DIATUR BILA KITA MENGKLASIFIKASIKAN SISTEM – SISTEM MEMORI SEHUBUNGAN DENGAN KARAKTERISTIK – KARAKTERISTIK KUNCINYA

3 3 KARAKTERISTIK SISTEM MEMORI LOKASI: -CPU -INTERNAL M. -EXTERNAL M. KAPASITAS: - UKURAN WORD - BANYAKNYA W. SATUAN TRANS. - WORD - BLOCK METODE AKSES - SEQUENTIAL A. - DIRECT A. - RANDOM A. - ASSOCIATIVE KINERJA: - ACCESS TIME - TRANSF. RATE TIPE FISIK - SEMIKONDUKTOR - PERMUKAAN MAGNETIK KARAKT. FISIK - VOLATILE\ NON ORGANISASI

4 4 LOKASI : INTERNAL MEMORI =MEMORI UTAMA EXTERNAL MEMORI = SECONDARY MEMORI. CPU MEMERLUKAN MEMORI LOKAL SENDIRI YG BERBENTUK REGISTER – REGISTER. KAPASITAS : BIASANYA DALAM BENTUK BYTE (1 BYTE = 8 BIT) ATAU WORD. PANJANG UMUM= 8, 16, 32 BIT. EXTERNAL MEMORI = BYTE.

5 5 SATUAN TRANSFER: BAGI INTERNAL MEMORY, SATUAN TRANSFER SAMA DENGAN JUMLAH SALURAN DATA YANG MASUK KE DAN KELUAR DARI MODUL MEMORI. SATUAN TRANSFER TIDAK PERLU SAMA DENGAN WORD. BAGI EXTERNAL MEMORY, SERING KALI DATA DITRANSFERKAN DALAM JUMLAH YANG JAUH LEBIH BESAR DARI WORD DIKENAL SEBAGAI BLOCK.

6 6 METODE AKSES : 1.SEQUENTIAL ACCESS CONTOH : PITA 2.DIRECT ACCESS CONTOH : DISK 3.RANDOM ACCESS CONTOH : SISTEM MEMORI UTAMA 4.ASSOCIATIVE (MEMBANDINGKAN LOKASI BIT YG DIINGINKAN DI WORD) CONTOH : CACHE MEMORY

7 7 UNJUK KERJA : - ACCESS TIME MERUPAKAN WAKTU YANG DIBUTUHKAN UNTUK MELAKUKAN OPERASI BACA ATAU TULIS. -TRANSFER RATE KECEPATAN DATA AGAR DAPAT DITRANSFER KE UNIT MEMORI ATAU DITRANSFER DARI UNIT MEMORI.

8 8 -TIPE FISIK : DUA JENIS YANG UMUM DIGUNAKAN SAAT INI ADALAH MEMORI SEMIKONDUKTOR, YANG MEMAKAI TEKNOLOGI SLI DAN VLSI. DAN MEMORI PERMUKAAN MAGNETIK, YANG DIGUNAKAN UNTUK DISK ATAU PITA.

9 9 KARAKTERISTIK FISIK : -PADA VOLATILE MEMORY, INFORMASI AKAN RUSAK SECARA ALAMI ATAU HILANG BILA DAYA LISTRIKNYA DIMATIKAN. - PADA NON-VOLATILE MEMORY, SEKALI INFORMASI DIREKAM AKAN TETAP BERADA DI SANA TANPA MENGALAMI KERUSAKAN SEBELUM DI UBAH. JENIS INI DIKENAL SEBAGAI ROM (READ ONLY MEMORI)

10 10 OGANISASI : PENGATURAN BIT DALAM MENYUSUN WORD SECARA FISIK. ROM (READ ONLY MEMORY) DARI NAMANYA, MEMORI INI HANYA DAPAT DIBACA SAJA, PROGRAMMER TIDAK BISA MENGISI SESUATU KE DALAM ROM.

11 11 ISI ROM SUDAH DIISI OLEH PABRIK PEMBUATNYA, BERUPA SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM) YANG TERDIRI DARI PROGRAM – PROGRAM POKOK SEPERTI : PROGRAM UNTUK MENGATUR TAMPILAN KARAKTER DI LAYAR. TOMBOL KUNCI KEYBOARD UNTUK KEPERLUAN KONTROL TERTENTU. BOOTSTRAP PROGRAM.

12 12 BOOTSTRAP PROGRAM DIPERLUKAN PADA WAKTU PERTAMA KALI SISTEM KOMPUTER AKTIF, YANG PROSES INI DISEBUT DENGAN ISITILAH BOOTING. BOOTING DAPAT BERUPA : 1. COLD BOOTING 2. WARM BOOTING

13 13 C0LD BOOTING MERUPAKAN PROSES MENGAKTIFKAN SISTEM KOMPUTER PERTAMA KALI UNTUK MENGAMBIL BOOTSTRAP PRORAM DARI KEADAAN LISTRIK KOMPUTER MATI (OFF) DENGAN CARA MENGHIDUPKANNYA. WARM BOOTING MERUPAKANPROSES PENGULANGAN PENGAMBILAN BOOTSTRAP PROGRAM DALAM KEADAAN KOMPUTER MASIH HIDUP (ON) DGN CARA MENEKAN TOMBOL TERTENTU.

14 14 INSTRUKSI – INSTRUKSI YANG TERSIMPAN DI ROM DISEBUT JUGA DENGAN FIRMWARE, KARENA HARDWARE DAN SOFTWARE DIJADIKAN SATU OLEH PABRIK PEMBUATNYA. ROM ITU SENDIRI HARDWARE MICROINSTRUCTION ITU SOFTWARE.

15 15 ISI DARI ROM TIDAK BOLEH RUSAK ATAU HILANG, BILA TERJADI DEMIKIAN MAKA SISTEM KOMPUTER TIDAK AKAN BISA BERFUNGSI. ROM BERSIFAT NON-VOLATILE, SUPAYA ISINYA TIDAK HILANG BILA LISTRIK KOMPUTER DIMATIKAN. DALAM KASUS LAIN, MEMUNGKINKAN UNTUK MERUBAH ISI DARI ROM, YAITU DGN CARA MEMPROGRAM.

16 16


Download ppt "1 BAB VII KARAKTERISTIK MEMORI WALAUPUN KONSEPNYA TERASA SEDERHANA, MEMORI KOMPUTER MEMILIKI ANEKA RAGAM JENIS, TEKNOLOGI, ORGANISASI, UNJUK KERJA, DAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google